Inilah 7 cara mencari keyword yang paling popular

cara_gratis_mencari_keyword_paling_popular

Keyword atau kata kunci bisa dianggap menjadi salah satu faktor yang (sangat) penting di dunia per-blogger-an. Bila kita bisa merangkai keyword yang populer secara pas di postingan kita, maka niscaya akan banyak mengundang pengunjung ke blog kita. Artinya, trafik kunjungan meningkat. Contohnya, dulu pada saat heboh-hebohnya kasus video Ariel Peterpan, saya sempat posting artikel dengan keyword yang banyak dicari orang, dan saat itu blog ini bisa mendapat kunjungan dadakan 5.000-an. Lumayan kan? Lalu bagaimanakah cara mencari keyword yang paling popular?

Untuk mencari keyword yang paling sering dicari orang, kita bisa menggunakan software yang bayar maupun gratis. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Siapa yang mau software berbayar? Tidak ada? Baiklah, kita tinggalkan software pencari keyword yang bayar. Kita manfaatkan yang gratis, sesuai dengan jargon kita, “jika ada yang gratis, kenapa harus bayar”. Betul? hehe…dasar! Ok, berikut ini adalah 7 cara mencari keyword yang paling popular.

1. Google Adwords Keyword Tools

Walaupun lebih sering digunakan untuk mencari keyword yang nantinya akan berhubungan dengan Google Adword dan Google Adsense, tapi tool ini dapat juga kita manfaatkan untuk mencari keyword yang populer. Walaupun tampilannya sudah berbeda dengan versi lama, tapi soal keampuhannya, jangan ditanya. Dan yang paling penting, tool ini gratis. Silahkan meluncur ke situsnya di Google Keyword Tool External.

2. Google Insights

Ini juga produknya si mbah Google dan gratis. Melalui Google Insight, kita bisa mencari keyword popular yang sering dicari orang di 7 hari terakhir, 30 hari terakhir, bahkan di tahun-tahun sebelumnya. Kita juga bisa menyaring (filter) keywordnya, hanya untuk kawasan Indonesia saja atau negara lain. Penasaran….silahkan klik di sini untuk membuka Google Insights.

3. News Google

Di News Google kita bisa menemukan keyword berdasarkan topik/story yang banyak dicari atau terjadi beberapa hari terakhir. Pada saat artikel ini saya posting, maka gempa atau tsunami yang terjadi di Mentawai menjadi “top story” di bagian kiri dari halaman news.google.com. Untuk keyword dengan topik yang banyak di cari di Indonesia, bisa dilihat di news.google.co.id

4. Alexa What’s Hot

Nah, di situsnya tante Alexa, kita juga bisa mendapatkan keyword yang populer atau sering dicari orang. Atau si Alexa lebih suka menyebutnya dengan What’s Hot. Mau menikmati yang hot dari Alexa? Silahkan ber-panas-ria di Alexa What’s Hot.

5. Twitter

Kalau yang ini pasti sudah tau dong? Kita bisa mendapatkan keyword yang populer dari trending topic yang ada di Twitter. Masih perlu link situsnya? Sepertinya tidak perlu ya?

6. Yahoo Popular News

Yahoo Popular News juga kita manfaatkan untuk mencari keyword yang populer, misalnya dari berita/news populer di Indonesia. Silahkan cek di id.news.yahoo.com.

7. Google Trends

Wah, tool yang ini hampir kelupaan. Di Google Trends bisa juga koq untuk mengetahui top keyword atau kata kunci yang paling banyak dicari orang. Tidak percaya? Silahkan aja buka Google Trends. Lagi-lagi gratis.

Itulah sebagian dari cara mencari keyword yang saya dapatkan dari beberapa sumber, baik itu hasil pencarian di internet, maupun hasil bersemedi di gunung Merapi. Pasti masih ada lagi cara  yang lain. Kalau ada silahkan ditambahkan, agar 7 cara mencari keyword yang paling popular di atas dapat bertambah. Tapi yang gratis ya..hehe.

Gambar:google.com

36 komentar:

tour fishing package said...

mantaff thank you informasinya...salam sukses.

bisnis di rumah said...

nah ini dia yang saya cari2, bang..buat nambahin trafik ke blog saya...thanks bang..!!!

Laston M Lumbanraja said...

selamat berlayar di google dan memiliki key word yang diburu orang....

catatan kecilku said...

Aku belum pernah melakukannya Bang... bisa dicoba nih. Thanks ya utk infonya..

Bintang said...

ini kan cara mencari keyword...tapi yg jadi pertanyaanku bagaimana menggunakan ke semuanya itu????...kasih tau dong ke kita2 hehehhehe..aku kan awan soal yg beginian...

Zippy said...

Waduw..kalo saya sih asal posting bang, wakkakaka...
Gak pernay nyobain kayak gitu :D

tipshot said...

Bagus artikelnya lae, komentar juga dong di blog saya :
http://tipshot.blogspot.com

Charly ST 12 - Lagu Untuk Merapi said...

mantep...
salam kenal !

zifan said...

artikel menarik

roomunik said...

haha,, manatep gan infonya.. :)

inicuma said...

hehehehe komen duluan mas sebelum membaca thanks ya...!!!ntar deh nyoba² pake keyword gituan tapi yang berbau edukasi

Bonthain said...

infonya mantap bget bang
pastinya bermanfaat bt semua Blogger
thanks

zonaterbaru said...

mantab banget tips mencari keyword-nya...

artikelpenjas said...

terima kasih atas infonya gan..
sangat berguna.
salam kenal....

situs fashion wanita said...

Cuma tambahan, selanjutnya bisa dikombinasikan dengan google search engine yaitu coba masukkan keyword yg udah kamu pilih, trus yg muncul situs siapa aja lalu buka dg view source pd browser utk liat jeroannya. Lalu tiru dikit2 cara 'top sites' tsb menerapkan keyword pada bagian html. Mampir ya di www.NonaNona.com

raja said...

top nih info,thank gan.
+ untuk semua sobat blogger minta kritik/saran untuk blog saya http://penulis-indonesia.blogspot.com terima kasih

tas artis said...

boleh berbagi ilmu? sy jg newbie. Dalam mencari keyword, analisa tingkat densitas keyword juga penting. Misalnya sobat ngincer keyword masakan padang. Saat dicoba dimasukkan kata masakan padang pd search engine ternyata yg keluar adalah urutan web yg mengandung kata masakan kota padang, masakan orang padang, dst. Nah kalo sob pake keyword masakan padang maka blog sobat akan naik urutannya krn densitasnya lbh tinggi (kerapatan antara kata. sy udah buktikan, coba sob ketik keyword tas artis, http://www.NonaNona.com masuk halaman 1 pdhl br 1 bln.
tp ya hrs konsisten ...

Anonymous said...

Wah.. matapf Gan, Ane ijin Share gan..

meugah said...

keren gan...
lansung ke TKP

Inabuy said...

lengkap sekali penjelasannya brow....sampai ga ada yang ketinggalan pembahasannya.....om google pastijavascript:void(0) senang dengarnya....

Suara Terbaru said...

thanks for your post..
nice post...

tips diet said...

dari google untuk google ya si keyword itu.:D

RC Helicopter said...

kalau untuk mengetahui bulk keyword yang lebih lengkap untuk satu kata kunci tertentu? misalnya "tas" jadi tas kerja, tas jinjing, tas sekolah, tas pinggang, dll bagimana nyarinya itu?

Belajar Bisnis Online

inabuy said...

thanks infonya

obat herbal said...

gx perlu basa basi lgi nih langsung meluncur ke TKP....

gameloft free download said...

masih bngung cari keyword wad d optimasi, hadech

berbagi info said...

infonya mantap bener kang, bagus dan memberi pencerahan

profil pemain said...

udah nyoba tapi ga berhasil gan, gmn caranya??

Obat jelly gamat luxor said...

Salam blogger.. kunjungan pertama

Muhammad Ilham said...

thnx gan. pengen nyoba dulu.

Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi said...

dari semua tool itu,,yang saya bingung gimana cara pakainya bang...misalkan,,web saya tentang obat herbal,,saya mau tahu obat herbal penyakit apa yang seang banyak di cari,,nah itu dimana ya? hehe

Belajar SEO Gratis said...

Kalau boleh ditambahkan Freekeyword.Wordtracker.Com bisa ditambahkan Sob. Walaupun rupanya Wordtracker memproteksi sebagian layanan gratisnya. Lumayanlah bisa mencicipi jumlah pencarian dari suatu keyword

assyams joenior said...

Duh baru ketemu tipsnya.... dari kemaren ku cari.....

http://jatiroto-punya.blogspot.com...

Download Game Gratis said...

makasi gan..

Belajar Jadi Preaker said...

Klo lewat ponsel yang bagus mana bang?

Toilet Portable said...

Keyword sangat berguna sekali untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog.