17 November 2009

20

Susu memicu osteoporosis?

susu memicu osteoporosis

Pendapat umum yang selama ini kita percayai adalah susu membuat tulang kuat. Namun dari hasil penelitiannya Hiromi Shinya menemukan bahwa minum susu terlalu banyak justru memicu osteoporosis. Shinya adalah guru besar kedokteran di Albert Einsten College of Medicine, Amerika Serikat. Dia menuangkan hasil penelitiannya dalam buku berjudul The Miracle of Enzyme : Self Healing Program yang terbit tahun 2007. Bagaimana bisa susu justru memicu osteoporosis?

Kadar kalsium dalam darah biasanya 9-10 miligram. Kalau kita minum susu, maka konsentrasi kalsium dalam darah tiba-tiba meningkat. Akibatnya adalah tubuh harus mengembalikan kondisi ke kadar normal dengan jalan membuang kalsium dari ginjal melalui urine. Bukti yang diberikan oleh Hiromi Shinya adalah di negara yang tingkat konsumsi susunya tinggi seperti Amerika Serikat, Swedia, Denmark dan Finlandia, kasus retak tulang panggul dan osteoporosis jauh lebih tinggi dibanding negara-negara Asia dan Afrika, yang konsumsi susunya lebih rendah.

Hasil penelitian A National Institut of Health Study dari Universitas California di tahun 2001 menyimpulkan, kaum wanita yang mengkonsumsi protein yang bersumber dari hewan, termasuk susu, memiliki resiko kehilangan masa tulang tiga kali lipat dibanding yang memilih sumber dari sayuran.

Bagaimana sikap dari pihak industri susu? Sudah pasti menolak hasil penelitian yang menyatakan susu memicu osteoporosis. Menurut Tria Rosemiarti, Medical and Public Relations Manager PT Fontera Brand Indonesia – distributor susu Anlene di Indonesia – sederet penelitian terbaru menunjukkan pentingnya konsumsi susu untuk penguatan tulang.

Berbagai informasi mengenai susu memicu osteoporosis patut dicermati. Tapi yang pasti penderita osteoporisis di Indonesia sudah mengancam. Data penelitian Departemen Kesehatan 2006 – ini yang terbaru – menunjukkan satu dari lima orang Indonesia rentan terkena osteoporosis. Resiko wanita terkena osteoporois lebih besar dibandingkan pria, karena kadar hormon estrogen mulai menurun pada usia 35-40 tahun.

Apakah dengan hasil penelitian Hiromi Shinya di atas – susu memicu osteoporosis - kita akan segera mengurangi/membatasi konsumsi susu atau tidak, terserah kepada anda. Mungkin saran (dokter) ini  bisa menjadi pertimbangan, bahwa zat penguat tulang bisa diperoleh dari sayuran. Bahkan bisa lebih baik, seperti saat susu belum populer. Orang dulu sehat dan panjang umur bukan karena banyak minum susu, tapi karena pola hidup dan makan yang baik.

Oya, saran tambahan, jalan yang terbaik dalam semua masalah kesehatan adalah pencegahan. Untuk mencegah osteporosis, beberapa hal/saran berikut patut diperhatikan :

  • Olahraga cukup, seperti senam beban dan jalan kaki.
  • Mengusahakan agar haid teratur
  • Paparan sinaar UVB selama 30 menit (pagi sebelum pukul 09.00 dan sore sesudah pukul 16.00)
  • Gaya hidup sehat, seperti menghindari rokok, alkohol
  • Perhatikan obat-obatan yang bsia menurunkan massa tulang, seperti kortikosteroid & suntikan KB
  • Perbanyak buah dan sayur, serta konsumsi air putih
  • Asupan kalsium cukup.

sumber majalah tempo edisi 16-22 november 2009 \ gambar : photobucket [dot] com by general ridley

Readmore »»

14 November 2009

32

Isu kiamat 2012 : boleh percaya boleh tidak

isu_kiamat_2012

Saat ini selain kasus cicak dan buaya yang kelihatannya sudah mulai kehilangan penggemar, maka tema yang mulai sering dibicarakan adalah mengenai isu kiamat 2012. Di internet juga tengah dibanjiri tulisan mengenai kiamat 2012, bahkan di Google Trend terlihat adanya peningkatan pencarian informasi mengenai isu kiamat 2012. Apakah tahun 2012 akan menjadi akhir dari peradaban manusia alias akan terjadi kiamat (end of the world) atau hanya sekedar menjadi isu?

Heboh isu kiamat 2012 diduga dimulai berdasarkan prediksi suku Maya yang pernah hidup di selatan Meksiko atau Guatemala yang memprediksi tentang kiamat yang bakal terjadi pada 21 Desember 2012. Di manuskrip suku Maya itu disebutkan pada tanggal di atas akan muncul gelombang galaksi yang besar sehingga mengakibatkan terhentinya semua kegiatan di muka Bumi ini. Lalu ada juga yang menyebutkan ada sebuah planet yang bernama planet Nibiru yang memiliki garis orbit sangat elips, sehingga tidak pernah ditemukan karena pergi berkelana di tempat yang jauh, akan menabrak planet bumi, sehingga terjadilah kiamat. Dan itu terjadi di tahun 2012.

Menurut Bambang S Tedjasukmana - Deputi Bidang Sains Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) – menanggapi isu kiamat 2012, fenomena yang dapat diprakirakan kemunculannya pada sekitar tahun 2011-2012 adalah badai Matahari. Prediksi ini berdasarkan pemantauan pusat pemantau cuaca antariksa di beberapa negara sejak tahun 1960-an dan di Indonesia oleh Lapan sejak tahun 1975. Dijelaskan, badai Matahari terjadi ketika muncul flare dan Coronal Mass Ejection (CME). Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dayanya setara dengan 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Adapun CME merupakan ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel berkecepatan 400 kilometer per detik. Gangguan cuaca Matahari ini dapat memengaruhi kondisi muatan antariksa hingga memengaruhi magnet Bumi, selanjutnya berdampak pada sistem kelistrikan, transportasi yang mengandalkan satelit navigasi global positioning system (GPS) dan sistem komunikasi yang menggunakan satelit komunikasi dan gelombang frekuensi tinggi (HF), serta dapat membahayakan kehidupan atau kesehatan manusia. Karena gangguan magnet Bumi, pengguna alat pacu jantung dapat mengalami gangguan yang berarti.

Berdasarkan hal di atas, apakah kiamat akan terjadi di tahun 2012? Menurut saya, soal kapan terjadinya kiamat hanya Tuhan yang mengetahui. Betul bahwa, bumi yang kita diami ini memang sudah tua, es yang ada di kutub sudah banyak yang mencair, lubang ozon di beberapa area sudah semakin membesar, perubahan iklim terjadi, bencana, gempa bumi, banjir dan lain-lain semakin sering terjadi. Apakah ini tanda-tanda kiamat 2012?

Yang pasti industri film Holywood paling jago memanfaatkan isu kiamat 2012 ini yakni dengan meluncurkan film tentang kiamat dengan judul ‘2012’. Naluri bisnis mereka emang top markotop serta hidung mereka paling tajam mengendus aroma uang. Oya satu lagi, kalau ngga salah, tanggal 21 Desember 2012 – bisa kita tulis 21122012 - jatuh di hari Jumat. Apakah ini memiliki arti? Boleh percaya boleh tidak.

Apakah kiamat akan seperti ini?
Sumber metacafe.com

dari beberapa sumber | gambar:google.com

Readmore »»