Gempa di Padang : berpotensi memicu gempa lebih besar

Gempa lagi..Tidak habis-habisnya negeri ini dihantam gempa. Rabu tanggal 30 September 2009 sekitar jam 17.16, gempa bumi berskala 7.6 skala Richter mengguncang beberapa wilayah di Sumatera Barat. Akibatnya Kota Padang porak poranda. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi berpusat di 0.84 Lintang Selatan, 99,65 Bujur Timur, dan berada di kedalaman 71 kilometer dari permukaan laut. Walaupun tidak menimbulkan tsunami, tapi sudah menelan korban jiwa hampir 500 orang dan diperkirakan akan bertambah.

Berikut ini adalah gempa besar di jalur Barat Sumatera :

Tanggal Wilayah Kekuatan (SR)
26 Desember 2004 Aceh 8,9 SR
10 April 2005 Pulau Nias 8,2 SR
9 Agustus 2007 Barat laut Indramayu 7.5 SR
12 September 2007 Bengkulu 7,9 SR
13 September 2007 Padang & Jambi 7,7 SR
25 Oktober 2007 Bengkulu 7,0 SR
20 Februari 2008 Simeulue, Sinabang, NAD 7,3 SR
25 Februari 2008 Bengkulu & Kep. Mentawai 7.2 SR
2 September 2009 Tasikmalaya 7,3 SR
30 September 2009 Padang (Sum-Bar) 7,6 SR

Menurut Sri Widiyantoro - ahli gempa dari ITB - gempa di Padang sudah diprediksi setelah gempa besar di Bengkulu 2007 dan kekuatan gempanya 7,6 SR di bawah prakiraan ahli gempa. Diprediksikan kekuatan gempa lebih tinggi, bisa sampai 8,8 SR. Hal itu merupakan prakiraan energi yang masih tersimpan di zona yang belum pecah. Ditambahkan, energi dari gempa 8,9 SR, dibandingkan dengan 7,9 SR adalah 30 kali lipat besarnya.

Setelah gempa di Padang, yang masih menjadi tanya tanya bagi ahli gempa adalah zona subduksi di kawasan Mentawai yang sampai sekarang belum juga pecah. Panjang jalur subduksi ini sekitar 1.200 kilometer. Dan gempa di Padang, yang berkekuatan 7,6 SR, panjang zona yang pecah baru sekitar 100 kilometer.

Kawasan Mentawai yang belum juga melepaskan energi, panjang jalurnya 300-400 kilometer. Gempa di Padang, diakui berpotensi memicu potensi gempa besar yang ada di jalur tersebut. "Yang kami tidak tahu ialah apakah gempa itu sudah cukup besar untuk membuat zona di Mentawai bergerak. Jangka waktunya kita pun tidak tahu. Bisa beberapa bulan atau beberapa tahun. Kami tak bisa memastikan kapan dan berapa besar energi yang terpicu," kata Danny Hilman (ahli geologi dari LIPI).

Saya dan kita semua harus waspada! Waspadalah...Waspadalah!

Sumber : kompas.com

33 komentar:

kakve-santi said...

terharu saya jadinya melihat kondisi kitaa,,,

BrenciA KerenS said...

semoga yang terkena musibah diberi ketabahan ya..

naksinyo said...

aku juga terharu,,,,itu mungkin adalah salah satu peringatan tuhan kepada hamba Nya, agar kita semua selelu ingat pada Nya..

suryaden said...

bagaimana caranya berwaspada yang baik...

Dinoe said...

Semoga musibah gempa ini tidak berlarut-larut, semoga indonesia terlindungi dari semua musibah...amin

gobang blog said...

mudah2 gak terus berlanjut usibah ini tapi td sekitar jam 10 di jambi juga terjadi tuh kekuatannya 7.0 sr sobat

Zippy said...

Jangan sampai deh, kasian...
Bangsa ini gimana mw maju kalo kena musibah terus... :(
Hmm, turut berduka...

Sam said...

I already added your blog in my blog buddies. please check it out and thank you for adding and following my blog. keep in touch

deINDIES said...

kita keluarga besar deINDIES turut berduka cita atas korban bencana gempa di Sumatera Barat dan Jambi

al-basri said...

bela sungkawa sejenak...
semoga Tuhan melindungi kita semua...

terima kasih untuk info yang sangat komplit ini.

~*Bintang-Narondang*~ said...

Turut Berbelasungkawa atas jatuhnya korban gempa di Indonesia. Semoga Amal Ibdahnya diterima YME.

Duh baca artikel ini jadi was-was ya, kalo sampe terjadi 8,9 lagi kampung nenek di pematangraya gimana ya hiks......

lina@happy family said...

Kita harus bisa mengantisipasi kemungkinan ini dengan sebaik2nya, supaya jika itu benar2 terjadi, kerugian dan korban jiwa bisa ditekan sekecil2nya. Bukan hal mudah, karena butuh kerja sama banyak pihak...
Kita harus bisa menerima kemungkinan ini karena faktanya Indonesia memang tempat pertemuan EMPAT LEMPENG!

Apink said...

Mari kita doain semoga ujian ini bisa terlewati,...

Seri said...

semoga mereka yang kena musibah bisa bertahan dan tabah menghadapi ujian Allah.

xander said...

kenapa indonesia sering gempa yahh

Anonymous said...

ya Allah 7,6 SR aja kota tempat aku dilahirkan sudah hancur, luluh lantak porak poranda, gimana kalau 8,...SR Ya Allah lindungilah keluargaku yang jauh disana....

BLOG KULINER said...

semoga di beri ketabahan oleh Nya...

reni said...

Sedih sekali melihat beritanya Bang..
Semoga yg saudara-2 kita di Sumatra Barat diberikan kekuatan dan ketabahan...

Prince Zatya said...

smoga bncana d negeri ini cpt kelar...

A TechnoLedge Blog said...

Seharusnya, penduduk di sana harus merenungkan, kesalahan apa yang telah mereka perbuat..

adakah dosa yang banyak dilakukan disana..?

diana bochiel said...

astagfirullahalaziiimmmm...

haduuuhhh ini udah blog kesekian yg gw datengin yg bahas GEMPA..
sumpah horor bgt gw ama gempa...

gempa senggolan yg di jakarta aja kmrn krn gempa tasik aja gw nangis gimana klo ada lagi 8.9SR waduuhhh

ya allaahh lindungi kami semuaaa :( di indonesia ini.aminn

blog buat bloggers said...

semoga diberi kekuatan bagi orang - orang yang terkena musibah

IMAM MAKSUM said...

makax bt persiapan diri,mari dari sekarng qt wujudkan perdamaian,karna ini semua bumi telah arah gara2 ulah manusia...
slam Jaga diri.

mrX said...

bencana alam dimana2 bro, mungkin bumi sedang mengalami penyeimbangan alam.

Aboutbusiness said...

musibah datang silih berganti menghantam negeri kita tercinta, sudahkah kita introspeksi diri tentang apa yang sudah kita perbuat selama ini ?

Risefa said...

Manusia hanya bisa meramalkan, tapi semua itu sudah tertulis dalam ketentuan Sang Maha Pencipta.

narti said...

turut berduka cita atas bencana ini.

cerita cinta said...

aku juga bikin puisi nih....
silakan dikunjungi.....

Witha said...

Kalau Saja Manusia Mampu Membaca Tanda-tanda Alam....

smoga bagi mereka yg sedang di timpa bencana diberikan ketabahan dan kekuatan untuk bangkit kembali

nada said...

mungkin bener bang kalo indonesia benua atlantis
banyak yg berteori sepreti itu bang
dan gempa adalah salah satu ciri lokasinya

Anonymous said...

ada yang salah dengan para pemimpin di negeri ini...

IMAM MAKSUM said...

q jg ikut b'duka,mari qtt b'doa bt mereka2 ya sob,,,,
mampir sob,qt adakan doa bersama.....

Anonymous said...

heran yah....pada sok tau...saat sekarang ini jangan memancing keresahan warga...tidak ada yang bisa mnebak kapan terjadinya bencana...jagan pake ngeramal-ngertamal segala.kalau kamu pintar and ahli lah di bidang gempa, ingat kuasa allah tidak akan bisa di logikakan...mudaha2 mudahan yang ngaku yang bilangan bakalan terjadinya gemnpa besar di padang lagi cepat di cabut tuhan nyawanya..n sengsara dunia akhirat....pake otak bung....