alexa rank

“Aku mw cb ah bang, PTR lg sepi bgt sih.
Mdh2'an diterima :)
Oh..ya bang, Alexa kyk'x emg lg hang, ms tiap hr makin turun alexa'Q, padahal pas di cek lwt Google Analytics, pengunjung yg dtg makin bnyk. Aneh, huhu...”

Kalimat di atas adalah komen dari Zippy pemilik blog yang sedikit narzis (http://www.narzis.net/) di artikel Project Wonderful saya yang sekaligus ‘mengeluhkan’ Alexa Rank blognya. Menurut Zippy jumlah pengunjung blognya semakin banyak tapi nilai Alexanya bukan semakin mengecil malah semakin meningkat. Perlu diingat, di Alexa Rank, semakin kecil nilainya maka semakin bagus nilai blog tersebut atau bisa dibilang semakin populer. Berbanding terbalik dengan Page Rank. Ada apa dengan Alexa?

Saya juga termasuk yang bertanya-tanya, kenapa beberapa bulan ini tante Alexa agak sedikit ‘aneh’. Kenapa saya bilang aneh, karena sama seperti Zippy, jumlah pengunjung blog ini juga cukup banyak – rata-rata 300 visitor per hari – tapi nilai Alexa malah semakin meningkat. Dulu nilai Alexa blog ini sudah di bawah 100.000 – bahkan pernah mencapai 70.000 - dengan visitor per hari hanya 200-an. Dari data statistik di Histats (histats.com), maka jumlah visitor pernah mencapai 800-an di bulan Desember 2009, seperti yang tercantum di gambar berikut ini :

histats of small note

Jika berdasarkan data di atas, maka secara logika, seharusnya nilai Alexa blog ini harus semakin mengecil. Tapi alih-alih mengecil, malah naik-naik ke puncak gunung, alias meningkat dengan tajam. Bisa dilihat di data Alexa per tanggal 24 Desember 2009 di bawah ini.

alexa rank small note budiawan hutasoit

Ada apa dengan tante Alexa? Apakah memang saat ini sudah semakin susah untuk masuk di bawah peringkat 100.000? Apakah saat ini persaingan semakin ketat? Atau Alexa sedang memperbaharui sistemnya? Atau ada masalah dengan Alexa? Atau adakah pengaruh nilai Alexa yang semakin membesar karena blog ini agak sedikit jarang di-update? Bagi teman-teman blogger yang mengetahui, bisa di-share ya pengalamannya dengan tante Alexa.

36 komentar:

Rizky2009 said...

sama atuh sob alexa q juga naik turun

Belajar SEO said...

tante alexa lagi ngambek kali bang :D

Isdaryanto.com said...

perhitungan alexa bukan thd quantitas visitor, tpi dari PERSENTASE rata2 visitor dalam 3 BULAN terakhir. Hal ini jg yg bikin saya kesel. Saya bilang yg ngitung alexa itu "geblek"..masak visitor saya yg perhari 4000an bs kalah sm yg visitornya dibawah 500 perhari..

Makanya jgn terpengaruh ama alexa. itu hanya ANGKA SEMU. Yg penting skrg tingkatkan visitor yg "sebenarnya" aja. Jgn cukup puas melihat alexa.

Dg sistem perhitungan sprti itu, bisa jadi yg visitornya 50,60,70 itu bisa lebih bagus alexanya daripada yg 1000,900,800 per hari.

Sudino Dinoe said...

wah..mantap visitornya bang.....btw..alexa saya juga gitu bang..bentar naik bentar turun, mgkin pengujung blog saya sepi ya bang?............atau mungkin benar kata bang budi..alexa sedang ada perbaikan cara penghitungan nilainya....

HERMAN TAN said...

Gini yah, sebenarnya, alexa juga bisa diakalin..kata teman saya...
jadi alexa bukanlah suatu angka yang mutalak, yang menunjukan kepopuleran sebuah blog. Menurutku, masih PG yang lebih akurat!

Anonymous said...

kalau menurutku alexa itu bukan prioritas utama sebuah kepopuleran blog. Kepopuleran sebuah blog dinilai dari seberapa pentingnya informasi di blog itu yang membantu pengguna menemukan apa yang dibutuhkan.
Kepopuleran yang paling menarik adalah melalui getok tular, pengguna yg terpuaskan oleh layanan kita akan menyebarkan ke teman2nya (mereferensikan). Begitu juga sebaliknya.
Jadi tidak tepat kalau kita hanya menilai sebuah blog dari alexa nya saja.

hanny said...

kalau menurutku alexa itu bukan prioritas utama sebuah kepopuleran blog. Kepopuleran sebuah blog dinilai dari seberapa pentingnya informasi di blog itu yang membantu pengguna menemukan apa yang dibutuhkan.
Kepopuleran yang paling menarik adalah melalui getok tular, pengguna yg terpuaskan oleh layanan kita akan menyebarkan ke teman2nya (mereferensikan). Begitu juga sebaliknya.
Jadi tidak tepat kalau kita hanya menilai sebuah blog dari alexa nya saja...

blog bisnis internet said...

kalau pengalaman pribadi saya alexa ikut turun seiring kita terus mengupdate blog kita. cape sih tapi itulah harga yang harus kita bayar.

Stenly said...

bener kata mas Isdaryanto, kadang blog yang visitornya tinggi kalah alexanya sama yg visitornya lebih rendah... Mungkin ada pengaruhnya juga sama banyaknya visitor yang pasang alexa toolbar... Kalo misalnya blog yg ngunjungin blogger kan biasanya udh psng alexa toolbar, jdi bisa lbih cepet langsing alexanya... (Cuma analisa pemula, kalo salah dikoreksi ya...) Hehehe...

Tutorial said...

klo aku malah naek sob :)
dikit-dikit sih naeknya pdhal yang dateng mah sepii, sepi bener deh :(

tapi emang da tmen ku yang dateng k tmpatnya banyak tpi alexanya malah turun

Mas acrom said...

menurutku ini ada kaitannya dengan liburan panjang tahun baru,punyaku juga naik 10.000 ...

Thanx for sharing

Hobby Exchange said...

yep bang. saya jg stabil..gak naik ato turun. trims sharingnya.

heru said...

kalau alexa katanya menhitung page perview sobat, jadi sering2 update dan harus banyak juga yang mengkomentarinya, jadi bisa cepat turun

tito said...

iya neh om, Alexa turun naek mulu tidak stabil, sepertinya gitu persaingan makin ketat :)

saya juga setuju apa yang dikatakan oleh mas Isdaryanto, kemungkinannya seperti itu. saya hanya bisa melihat dan memantau saja perkembangannya.

semoga Alexa kita semua, peringkatnya makin membaik! :)

Lidya said...

belum ngecek nih. ajarin dong mas supaya cepet naik untuk blog aku yg lain nih

lina@happy family said...

Alexa blog saya masih di kisaran 150rb, belum naik turun, masih turun terus biar sedikit demi sedikit...

Belajar Pajak said...

hehehehe...yang penting happy blogging and happy to learning Indonesian Taxes

budi said...

saya nggk begitu tahu nich rada kurang perhatiin alexa, yang penting happy blogging. Tapi ada pengaruhnya nggk ya... dgn PR ?

devianty said...

Alexa ku juga bang, gimana nih! turun lepas landas, pernah nyentuh 87 sekarang diatas 100 (duhhhhhhhhhhh)

nophie said...

wah bener bgt tuh, aku jg berpikir gt. visitor ku naik kok alexa mlh ga karu2an yak

Budiawan Hutasoit said...

@Mas Is : sebetulnya sy ga tlalu peduli sih sama Alexa. tp kan kadang2 jd kesel juga. lha, pada saat visitor kita cuman '100-200', ALexanya turun. trus kt udah brusaha utk meningkatkan jumlah visitor...eeee..malah si Alexa ikutan naik, bukan turun..
sepertinya pengaruh update blog sangat berpengaruh..
sy akan test 2 minggu ke depan utk update sehari 3 kali, eh, tiga hari sekali. kita liat aja..apa yg akan terjadi.. :-)

@budi : kayaknya ga ada hubungannya antara Alexa dan PR (PageRank, berdasarkan jumlah backlink).

@belajar pajak & hanny : setuju..tp bagi yg monetize blognya, nilai Alexa turut mempengaruhi pemasukann $$ :-)

@temen2 blogger yg udah ikutan komen : thks utk komennya...

reni said...

Bang.., aku gak paham soal tante Alexa ini.
Dulu Alexa-ku sempat 200.000-an, sekarang dengan cepatnya naik roket dan menembus angka 800.000-an hehehe

alkatro said...

saya s7 pendapat Mas Isdaryanto..
alexa itu semu, alasanya: 3 bln yl saya iseng buat blog, alexa 2OJt sekarang jd 180rb pdhl update post max. cm 2x/mgu, jarang bw jg dan unik vis. rata2 25/ hr.. tp blog tsb tidak sy pake untuk review.. krn selain mslh persaingan ketat, konon tante alexa agak alergi dg PTR seperti halnya Paman Google.. :)

al-basri said...

wah.. semua bicara soal alexa..
saya juga keliru tentang alexa, entah apa yang menjadikan begitu 'pasang surut'. mungkin ada teman-teman yang 'ahlinya' bisa berbagi tips..

terima kasih, salam hangat..

PNS Go-Blog said...

waduh... alexa saia malah terjun bebas ke 4 jutaan... keep bloging aja bos, bawa happy and enjoy with u'r blog

Jukebox said...

usah risau soal alexa ranking teman-teman. yang penting tumpukan kepada blog serta visitor kita. ini di karenakan alexa ranking agak kurang tepat terutama bila menyentuh blog yang kurang pengunjung. dan mereka yang memasang goggle indek kode di blog mereka juga bisa mempengaruhi prestasi alexa.

Bintang said...

di blogku yg laen belom pernah sih mengalami alexa 100000 tapi pernah berada di 400000..sebulan yang lalu aku gak update n buka2 blog..akhirnya tuh alexa meningkat menjadi 12 juta-an..abis itu aku update hampir 2 hari sekali n bw tiap hari..sekarang alexa ku mulai beranjak turun..sekarang berada di 3 juta-an

Zippy said...

Waduh, nama saya "dicatut" ni mas, hehhehe....
Oh..ya mas, Alexa sepertinya lagi liburan tuh, makanya gak dipantau, ckckckckc....
Met natal mas, sorry telat :D

inno said...

Mdh2an tak ada apa2 dengan tante...Sukses Online

Lina Marliana said...

Aku ga tau yah.. gmn cara ngitungnya.. Tapi yang jelas, sedikit demi sedikit alexaku mulai turun kok.. 3 bulan lalu aku masih dirangking 2jt lebih, sekarang sudah turun diangka 500an..

Cebong Ipiet said...

ya kan ada itungan pageview juga bang, kalo visitor 3000 tapi pageview 3001 keknya masih kalah deh ama visitor 500 tapi pageview 5000 :P

keliatan kan antara nyasar dan emang menemukan apa yg dicari

atics said...

mungkin karena mas ada di sub domain ...beda kalo di main domain bacanya sepertinya.

sanman said...

SAYA LEBIH SUKA PR KETIMBANG ALEXA..

rahmatea said...

saya pernah mengalaminya juga....bukannya mengecil...eh malah makin membesar....tapi akhirnya balik lagi sih.....

torik said...

emang kang alexa lagi genit.. skrng susah banget dapt alexa di bawah 100.000

munir ardi said...

maaf bang blogger pemula ikutan bicara anu bang sekarang ada yang namanya Alexa review jadi semakin banyak yang mereview kita alexa kita juga akan semakin berkurang bukan hanya dari pengunjung aja contohnya blog Fatamorgana sekarang udah dibawah 100 ribuan karena banyaknya orang yang mereview beliau di Alexa, ada tuh widget reviewnya