7 Alasan Mengapa Berbisnis Melalui Facebook

facebook_for_business

Terlepas dari adanya sisi negatif dari penggunaan Facebook, maka sisi positifnya juga pasti cukup besar. Saat ini sepertinya semuanya terhubung dengan Facebook. Twitter dan 4Square terhubung dengan Facebook, demikian juga dengan Koprol, blog, email, dan yang terakhir Skype juga terhubung ke Facebook. Para pemilik bisnis ini seakan-akan tidak mau ketinggalan untuk dapat terhubung atau memanfaatkan kepopuleran Facebook. Apa sih yang menjadikan mereka berlomba-lomba ‘menempel’ ke Facebook? Berikut ini ada 7 alasan mengapa berbisnis melalui Facebook:

1. Saat ini jumlah user (pengguna) Facebook kurang lebih sekitar 500 juta (*) dan hampir 50% dari pengguna tersebut log-in ke Facebook hampir setiap hari. Ini adalah satu pasar global yang luar biasa besar, gemuk dan potensial. Sehingga hal ini menjadikan alasan pertama mengapa berbisnis melalui Facebook. Tentu kita tidak ingin berpromosi di lahan yang sepi seperti di kuburan bukan?

2. Dengan pasar global yang besar di atas, maka Facebook adalah salah satu tempat yang tepat untuk mendistribusikan/menyebarkan informasi mengenai perusahaan/bisnis kita, termasuk di sini adalah peristiwa/kejadian (event), foto-foto, video, artikel, serta kontak informasi bisnis kita.

3. Facebook bertumbuh secara internasional, sehingga kita dapat secara mudah membuat target promosi di negara lain dan menambah pelanggan internasional ke wilayah demografi kita.

4. Di Facebook, kita juga dapat menggunakan sarana diskusi (discussion feature) untuk membuat survei dan pertanyaan dan lalu mengumpulkan informasi berharga dari pelanggan/customer.

5. Facebook Fan Box adalah alat yang sangat ampuh (powerful tool) yang dapat kita tempatkan di blog, website, YouTube atau bahkan di email newsletter kita. Sehingga pengunjung dapat melihat Facebook Page perusahaan kita dan menjadi penggemar (fans) tanpa harus meninggalkan situs kita.

6. Setiap hari hampir 20 juta orang menjadi fans dari Facebook Pages dan lebih dari 1,5 juta lokal bisnis memiliki Facebook Pages. Dan untuk dapat berkompetisi, kita harus memiliki Facebook Page sehingga tidak tertinggal cara yang sangat berharga ini untuk membangun bisnis kita.

7. Alasan ketujuh mengapa berbisnis melalui Facebook adalah adanya Facebook Mobile yang semakin tumbuh dan populer. Saat ini semakin banyak orang yang terhubung ke Facebook tanpa harus duduk di depan komputernya karena dapat mengakses Facebook dimana saja dan kapan saja.

alasan_berbisnis_melalui_facebook

Tentunya ada alasan-alasan lain selain dari 7 alasan mengapa berbisnis melalui Facebook di atas. Sekarang tergantung dari kita, apakah kita mau memanfaatkan Facebook sebagai sarana untuk berbisnis (dan menghasilkan uang) atau cukup untuk update status, upload foto, mencari teman lama dan menambah jaringan. Asal jangan mencari selingkuhan ya…hehe.

(*) data dari news24.com

disadur dari berbagai sumber/gambar:google.com

2 komentar:

bisnis di rumah said...

emang facebook bisa kita gunakan untuk bisnis, Bang Budi, termasuk saya sedang jual style untuk keyboard nih, lumayan..hehe

Afrid Fransisco said...

ga suka liaat FB berjaya..,
pengennya Google me yg berjaya. karna aq makan dari google ;-)