Koprol.com: gajinya standar Singapura!

koprol_yahoo

"Benefitnya sangat banyak, gajinya standar Singapura”, itulah yang diucapkan oleh Le Vady Sinarta dengan girang, setelah diberi tahu bahwa dia telah menjadi karyawan Yahoo!. Bagaimana tidak girang dan senang, hidup di Indonesia tapi bergaji dolar. Le Vady adalah salah satu karyawan dari perusahaan online lokal yaitu Koprol.com, yang secara resmi diambil alih oleh raksasa online dunia, Yahoo!. Setelah resmi diambil alih, maka semua karyawan yang hanya 11 orang, praktis menjadi karyawan Yahoo!

Koprol dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti: gerakan berguling ke depan. Mungkin ide nama koprol digunakan oleh para pendiri Koprol.com adalah dengan maksud agar mereka memiliki semangat terus berguling ke depan, bukan ke belakang. Pada saat dibuat, tidak ada yang membayangkan akan diakuisisi oleh Yahoo! Koprol didirikan hanya sebagai proyek iseng dari perusahaan pembuat peranti lunak SkyEight Indonesia, yang mencoba membuat sebuah situs sosial berbasis lokasi.

Situs Koprol.com mulai diperkenalkan pada Februari 2009 dan terus disempurnakan. Lalu mulai bekerjasama dengan Yahoo!, sehingga pengguna Yahoo! bisa menggunakan kata kunci untuk masuk ke Koprol. Dari kerjasa sama ringan ini, maka Yahoo! tampaknya kepincut sama Koprol. Yahoo! mulai rajin mengirim eksekutifnya ke kantor Koprol yang terletak di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan. Apa saja yang menjadi kriteria bagi Yahoo! sehingga memutuskan mengakuisisi Koprol?

“Memiliki produk menarik dan orang-orang yang cool”, itulah kriteria yang disebutkan oleh Michael Smith Jr., Developer Network Yahoo!. Cool yang dimaksud di sini adalah, bukan sekedar keren, tapi rendah hati, tidak terlalu agresif atau percaya diri. Smith merasa, jika terlalu agresif, maka perusahaan akan sulit maju.

Saya yakin, selain kriteria di atas, Yahoo! juga melihat bahwa Koprol pasti memiliki prospek yang cerah di masa depan, sehingga layak diakuisisi. Padahal, kalau hanya melihat dari letak kantor, mungkin orang akan berpikir ulang. Letak kantor Koprol.com saat ini adalah di lantai teratas sebuah rumah toko yang bersebelahan dengan kuburan di kawasan Gandaria. Untuk masuk ke kantor Koprol, orang mesti mendaki tangga tiga lantai di lorong sempit. “Don’t judge the book by its cover”, berlaku di sini.

Sebagai bangsa Indonesia, kita turut bangga dengan akuisisi ini. Mudah-mudahan Koprol bisa menjadi besar seperti Facebook. Catatan dari saya, jika anda memiliki perusahaan yang bergerak di bidang online bisnis, dengan kantor yang tidak (terlalu) representatif, serta jumlah karyawan tidak banyak, tapi cool, cobalah tawarkan ke Yahoo!, siapa tau bernasib baik seperti Koprol.com : hidup di Indonesia, tapi gajinya standar Singapura. Go Indonesia!

20 komentar:

Digital Baca said...

Wah menjadi kebanggan tuch...
Selamat dech tuk koprol.com.

catatan kecilku said...

Baru tahu koprol.com nih Bang..
Jadi penasaran nih.

lidya said...

mudah2an banyak yagng di beli yahoo juga, kali aja aku kebagian ya :-D

Zippy said...

Wew..saya baru tau bang kalo Koprol udah diambil alih sama Yahoo.
Hmmm..kayaknya Yahoo mulai bergerilya nih :D

sanman said...

ternyata ada juga website jejaring sosial macam koprol.com ini...besok aku mo bikin ah situs jejaring sosial juga siapa tau diakuisisi apa yahoo...

new mobile phones said...

exchange link to me,,,, add me and confirm to me for link back as soon as possible.. thank...nice blogging

fahmi said...

bagus banget situs tersebut, pantes yahoo mengadopsinya... :)

Mas-Raden said...

situs itu emang bagus sihhh

salam kenal

elmoon said...

salut juga deh buat yg ketiban rejeki kayak gitu..
hi hi hi hi

buret said...

wah, hebat. mw ke tkp dulu liat-liat, terima kasih infonya

AD1N said...

hebat... mudah2an sukses selalu

alkatro said...

kereen banget.. koprol dot com .. bisa jadi inspirasi nih.. ngiler dot com ane he he

donadzku said...

terus terang saya baru dengar tentang koprol.com...salut deh utk pemilik situs tsb. Interesting info

Gombong Online said...

saya baru tau gan, langsung ke TKP deh

Mahadma said...

trims ne infonya..

sewa mobil di surabaya said...

baru tau neh infonya

hidayat said...

keren...lumyan gajinya kali ya?

Bunga Papan said...

Selalu ada hal2 menarik dari kreatifitas online di Indonesia. Salut dengan tim koprol dengan ide orisinil yang bisa menarik minat investor hingga bisa masuk ke kancah internasional

Anonymous said...

ini ada jg situs pertemanan yang baru namax Okkot silangkan kunjungi situs ini : " okkot.com " via mobile " mob.okkot.com " via mobile bisa pke layar sentuh. okkot.com mempunyai fasilitas chat, widget, icon emosional comment..

Anonymous said...

Mantabssss..
sukses terus buat koprol

aq jg br dr TKP waa.. seru jg n langsung dpt tmn gt.
senangnya .. *_^