Blog dengan penghasilan milyaran rupiah per tahun

blog_money

Baiklah, untuk sementara kita tinggalkan prediksi Piala Dunia 2010, yang sedikit banyak telah memberikan kejutan, diantaranya tersingkirnya dua finalis Piala Dunia 2006 yaitu Perancis dan Italia. Kita coba beralih topik ke lain. Kemaren itu, di salah satu wall facebook teman saya. saya melihat informasi yang bagi saya cukup menarik, karena berhubungan dengan dunia blog. Judulnya cukup provokatif,  yaitu 8 blog dengan penghasilan milyaran per tahun. Wow. Fantastis. Apakah mungkin ada blog yang bisa menghasilkan uang sampai milyaran rupiah per tahun?

Di artikel itu disebutkan di Bussiness Week sekitar 2 tahun lalu, ada ditampilkan 13 blogger sukses. Dari 13 blog tersebut maka dipilihlah 8 blog yang menghasilkan satu milyar rupiah atau lebih per tahunnya. Walaupun laporan ini sudah dipublikasikan dua tahun yang lalu, yang kemungkinan sudah banyak perubahan, tapi siapa tau bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman yang ingin terjun menjadi blogger profesional atau full-time blogger.

Di sini saya hanya akan menampilkan 5 profil singkat dari blog-blog tersebut. Berikut ini adalah 5 profil singkat blog yang menghasilkan milyaran rupiah per tahun.

1. Blog dengan penghasilan milyaran rupiah per tahun : TechCrunch.

blog_milyaran_rupiah_tahun_techcrunch

Pemiliknya bernama Michael Arrington. Didirikan Juni 2005. Topik blog : gear, mobile technology, and sites. Trafik 5 juta page views per bulan. Penghasilan US$ 200,000 per bulan (setara Rp. 24 milyar per tahun). Sumber penghasilan iklan (button kecil tarifnya USD 300 dan banner paling kecil USD 1,000 per minggu) dan job board. Arrington menyebutkan: “our advertiser are people who want to reach a tech audience and an early-adopter audience. It’s a targeted audience that spends a lot of money.

 

2. Blog dengan penghasilan milyaran rupiah per tahun : perezhilton.com

blog_milyaran_rupiah_tahun_perez_hilton

Blog ini didirikan oleh Mario Lavandeira, sekitar September 2004. Topik blog: gosip selebriti. Update 20 postingan per hari. Trafik 4 juta unique visitors per hari. Penghasilan USD 110,000 per bulan (setara Rp. 13,2 milyar per tahun). Sumber penghasilan iklan (1 banner bertarif USD 13,000 per hari…..gilaaaa!!). Simak apa kata Mario Lavandeira mengenai blognya: “Advertisers come to me because I get a lot of traffic. I get a lot of traffic because I work hard”.

 

3. Blog dengan penghasilan milyaran rupiah per tahun : talkingpointsmemo.com

blog_milyaran_rupiah_tahun_talking_points_memo

Pemilik blog ini adalah mantan reporter politik yang menjadi full-time blogger, yaitu Josh Marshall. Didirikan November 2000, dengan penghasilan USD 54,000 per bulan (setara Rp. 5,4 milyara per tahun). Dengan topik blog yang berbau politik, blog ini memiliki trafik 500,000 page views per minggu. Sumber penghasilan iklan dan afiliasi.

 

4. Blog dengan penghasilan milyaran rupiah per tahun : ShoeMoney

blog_milyaran_rupiah_tahun_shomemoney

Pemiliknya adalah seorang pria berkepala plontos asal Amerika Serikat yang bernama Jeremy Schoemaker. Dengan topik blog “make money online”, jumlah trafik blog ini sekitar 20,000 unique visitors per hari. Penghasilan blog yang didirikan bulan Oktober 2005 ini, sekitar USD 12,000 per bulan (setara Rp. 1,4 milyar per tahun). Sumber penghasilan dari produk sendiri, auctionads dan adsense.

 

 

5. Blog dengan penghasilan milyaran rupiah per tahun : problogger.

blog_milyaran_rupiah_tahun_pro_blogger

Blog ini dimiliki oleh Darren Rowse,, yang sering dijuluki bapaknya blogger yang”make money blogging”. Didirikan di bulan November 2004, dengan mengambil topik “make money online dan “make money blogging”, memiliki trafik 1,5 juta visitors per bulan. Blog yang di up date 1-2 postingan per hari ini, memiliki penghasilan USD 100,000 per tahun (setara Rp. 1 milyar). Sumber utama penghasilan chitika, google adsense, text links ads, dan amazon associates.

 

Itulah 5 profil singkat dari blog yang menghasilkan miyaran rupiah per tahun. Untuk profile blog yang lain, silahkan mengunjungi sumber artikel ini di : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4506730.

Mudah-mudahan blog ini juga bisa mengikuti para blogger profesional di atas, dalam me-monetize blognya, sehingga dari yang sekedar mengais dolar menjadi termasuk blog dengan penghasilan milyaran rupiah per tahun. Mimpi kaleee…

gambar:google.com

16 komentar:

ge siahaya said...

Awww..... Pengeeeen jugaaa.... *hiksss*

BRI Jakarta Veteran said...

sungguh luar biasa, tentulah dikelola secara profesional.

oempak said...

smoga blog saya dan rekan lainnya sperti mereka jg yg menghasilkan miliyaran rupiah per tahun....amiiinn..

Lidya said...

mauuuu , tapi males :)
kalau blog http://budiawan-hutasoit.blogspot.com berapa penghasilannya mas?

Yan D. Sasongko said...

wah mantap infonya jadi kepingin :D

al-basri said...

wahh, bersemangat saya membaca...
semoga bisa dicontohi, mulakan dengan traffic

catatan kecilku said...

Hebat...! Gak kebayang gimana bisa sampai spt itu, ya ?

HoneyBUZZin said...

Dropby to say Hi...

Butik Bella said...

Wowww.. Saya juga mau seperti itu bang budi..hihihii *ikutan mimpi kan ga bayar...* Happy blogging yah.. Moga bang budi juga suatu saat kelak bisa menjadi blogger dengan penghasilang milyaran rupiah. :)

mikelle said...

Hi, dear friend! I wish you a nice Sunday :)

Karlz said...

senang-nya dari ngeblog bisa dpt miliyaran.. kpn q dpt uang segitu ^^

aan iskandar said...

mudah-mudahan blog saya juga ketularan BAng....hehe

aan iskandar said...

mudah-mudahan blog saya juga ketularan BAng....hehe

Bisnis Online Internet said...

kunjungan mas...

olanuxer said...

gi mikir kalau punya blog kek gini, gimana caranya ya?? bisa foya2 terus ngabisin duitna

Programmer Code said...

Blog saya kira-kira kapan y???