Facebook : 300 juta pengguna, siapa yang tak tergiur

Facebook

Minggu lalu saya mengunjungi toko buku Gramedia yang terletak di Mal Paladium, Medan. Setelah berkeliling dari satu rak buku ke rak buku lain, maka saya menemukan satu rak yang keliatannya dibikin khusus untuk memajang buku-buku yang membahas mengenai Facebook. Mulai dari yang terkesan dibikin asal-asalan sampai yang digarap serius, dari yang membahas Facebook secara umum sampai yang mencari duit melalui Facebook. Cukup kaget juga melihat begitu banyaknya buku-buku yang 'membicarakan' Facebook. Facebook memang sangat popular dan fenomenal.

Saya tidak tau, apakah Mark Zuckerberg pada saat mendirikan Facebook pertama kali, pernah membayangkan kalau situs jejaring sosialnya ini bisa menjadi besar seperti saat ini. Padahal diawal berdirinya (4 Februari 2004) di sebuah kamar asrama Harvard, Facebook hanya diperuntukkan untuk siswa Harvard College. Yang kemudian terus berkembang ke perguruan tinggi lainnya, sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Dan sejak 11 September 2006, orang dengan alamat email apapun dapat mendaftar di Facebook.

Facebook telah menjadi salah satu tujuan internet yang paling populer dan semakin menyaingi perusahaan internet besar lainnya, seperti Yahoo Inc dan Google Inc. Di Alexa.com di antara 500 top sites (per tanggal artikel ini dibuat), Facebook menduduki peringkat no. 2, di bawah Google dan di atas Yahoo! (http://www.alexa.com/topsites)

Tahun lalu (2008) pengguna Facebook hanya sekitar 100 juta orang. Saat ini, penggunanya meningkat tiga kali lipat dari sebelumnya, yaitu 300 juta orang. Dahsyat! Satu jumlah pengguna yang melebihi jumlah penduduk Indonesia, dan malah sudah bisa membentuk negara sendiri.

Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, maka bagi kalangan bisnis, Facebook merupakan lahan bisnis yang menggiurkan. Ibarat gadis cantik nan aduhai, maka banyak perusahaan yang ingin mendekati dan jika perlu meminangnya. Dengan memanfaatkan Facebook - melalui iklan - praktis produk kita akan semakin dikenal di seantero dunia. Bahkan menurut saya, Blackberry layak berterimakasih kepada Facebook, karna Facebook turut meningkatkan penjualanan Blackberry, sampai anak-anak sekolah ber-BB-ria. Fenomena ini kemudian dimanfaatkan oleh produsen-produsen handphone lain, untuk memproduksi handphone dengan prinsip : mirip Blackberry dan 'mencangkokkan' Facebook di handphonenya. Info lainnya, di bulan Mei 2009, Facebook mengumumkan adanya investasi US$200 juta dari Rusia Digital Sky Technologies dalam sebuah kesepakatan. Ini meningkatkan nilai saham Facebook menjadi US$10 miliar. Sekitar US$6,5 miliar dari nilai tadi untuk saham yang dimiliki karyawan Facebook. 

Inovasi baru terus dikembangkan oleh Facebook, untuk meningkatkan daya saing dengan kompetitornya. Bahkan mereka menggandeng Vivox - satu perusahaan yang berbasis di Boston yang menyediakan layanan suara terintegerasi untuk dunia virtual - untuk membuat fitur bagi pengguna Facebook sehingga dapat berkomunikasi suara (voice chat). Fitur ini akan menambah fitur-fitur lainnya yang sudah dinikmati oleh pengguna Facebook selama ini seperti microblooging, messenger, mail, image/photo sharing, video sharing, notes untuk blooging, searching, internet marketing, games, dan lain sebagainya.

Menarik untuk disimak, inovasi-inovasi selanjutnya yang akan dikembangkan oleh Facebook agar situs jejaring sosial ini dapat terus bertahan dan tidak ditinggalkan oleh penggunanya. Tanpa inovasi maka Facebook bisa saja bernasib seperti saudara tuanya Friendster. Lalu, bagaimana kita menyikapi fenomena Facebook ini? Bagi saya, walaupun ada sisi negatifnya, ambil yang positipnya saja. Jika saya dapat memanfaatkan Facebook untuk memasarkan produk saya, kenapa tidak? Jika saya dapat menemukan teman-teman lama yang tidak pernah ketemu melalui Facebook, kenapa tidak. Jika saya dapat menambah jaringan bisnis melalui Facebook, kenapa tidak. Bagian yang negatif...buang ke laut aja..hehe.

Bagaimana menurut kalian teman-teman blogger dan facebooker?

18 komentar:

Manchester United Indonesia said...

Facebook sdh merambah ke seluruh dunia...

Prtamanya nih bang...

SehatzBlog said...

setuju...kalo FB hanya begitu2 saja lambat laun pasti akan ditinggalkan...seperti sodara tuanya...saya saja sdh pergi jauh dari FB, habisnya bosen sih

newbi said...

makanya ada operator telecommunication yang kaya ini nih bro
http://telecomandinternet.com/integrating-facebook-to-the-vas-service/
facebook jadi feature hape

Zippy said...

Bener bang, saya juga sempat ngelihat di Gramedia Jayapura...
Weleh, banyak amat uku tentang Facebook...
Ada yang isinya tutorial facebook, ixixxiix....

Mantep deh, ternyata gak hanya tutorial Photoshop N Blogger doank, wkwkwkwk.....

info ternak said...

bener sob.. banyak orang yang sampe lupa waktu karena FB, tapi tidak untuk saya saya di FS, hanya bisa 2 bulan udah itu bosen karena monoton, terus fb, fb jug sama paling 3 bulan saya di fb juga bosen karena gitu2 aja, lagian saya udah lama dulu di MP(multiply.com) soalnya FB persis dengan MP, jadi gaka aneh, cuman FB bisa di akses dari hape... jadi bisa merakyat... tapi lama-lama bosen juga..hikhikhik.
salam kenal info ternak

jhonson blog said...

bener kata abang...tp gw kurang tertarik ama passbokk ini,gw ada accountnya tapi gak pernah di buka lagi...wwkwkwkkw

willy said...

kapan yahh traffik ku kayak traffik pesbukk
tiap malam blogwalking otak atik SEO ga juga naik2
puyeng dehhh

sanman said...

Luar biasa FB ini bro.
Benar2 menarik pengunjung besar.
FS aja kalah...

Sudino Dinoe said...

FB memang jadi trend saat ini...
Kadang2 juga punya banyak dampak, baik dari segi positif maupun negatif

Lyla said...

wadaw... ada foto artis neh mejeng huehehe.. bisa jd seleb lho bang... ati2 ntar digosipin hihihi...

KucingTengil said...

Sejak bosen ma FS, ga mau nyentuh yg berbau jejaringan dan jengkolan eh maksudnya jaringan sosial macam FS lagi. Walau dikemas beda dari FS (kayak FB n Twitter) tapi tetep aja intinya jaingan sosial di dunia maya. lama2 bosen

lina@happy family said...

FB bisa buat ajang silaturahmi keluarga yang tinggal berjauhan. Saya juga pake FB untuk promosi usaha...

hendrie k_bejo said...

Narsis n Lebay sih, Tp emang lagi Boombastic, Yah mo gimana lagi nyang Penting mah Ambil yng POSITIF2nya bos....

facebook hacker said...

emang gila tuh FB,makin merajalela aja

reni said...

Aku suka facebook karena bisa berhubungan dg teman-2 lama.\
Tapi sampai sekarang aku masih lebih suka blog... ^_^

MINYAK ANGIN AROMATHERAPY said...

Minyak
Mohon maaf lahir dan batiin.
Met idul fitri yach...?!

MINYAK ANGIN AROMATHERAPY
Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Free Download Music and Movie said...

Facebook memang sudah menjadi sesuatu yang teramat penting bagi kita terutama generasi muda..tetapi berdasarkan informasi yang saya terima diAsia Timur Facebook kurang terkenal..mereka labih percaya situs jejaring sosial buatan mereka sendiri..ada baiknya para ahli teknologi muda indonesia menirunya..Hitung- hitung punya jejaring sosial untuk negara sendiri.
Salam kenal dari saya

hanum said...

facebook memang sudah fenomenal di masyarakat Indonesia, makin jaya sepertinya. Banyak pengembangan aplikasi baru ^_^