Ramaditya dan Kebohongan Publik

ramaditya_kebohongan_publik

"Saya mengakui bahwa selama ini telah melakukan kebohongan publik dengan me-rename beberapa file hasil karya orang lain sebagai karya saya," tulis Rama dalam blognya. Siapakah Rama, sehingga dia perlu membuat pengakuan kebohongan publik di atas?

Rama atau lengkapnya Eko Ramaditya Adikara, adalah seorang bloger tunanetra sejak lahir. Walaupun sempat berhasil ditolong dengan operasi pembuatan diafragma buatan pada mata kanan sehingga mampu melihat 10 persen, tetapi akhirnya dia buta total.

Kekurangan fisik tidak menghalanginya melakukan aktivitas sebagai seorang bloger. Dia dapat melakukan semua kegiatan nge-blog berkat bantuan peranti lunak screen reader JAWS (Job Access With Speech). JAWS yang diluncurkan tahun 1989 akan mengubah teks menjadi berbicara atau text-to-speech. Ibarat menemukan ‘tongkat ajaib’, maka dengan JAWS Rama dapat ‘melihat’ dan menulis di komputer seperti mereka yang memiliki penglihatan normal.

Lalu dimanakah letak kebohongan publik Rama yang pernah tampil di acara Kick Andy, program talk show di Metro TV ini? Kecintaan Rama akan musik game Jepang, seakan-akan ‘membutakan’ nuraninya, dengan mengaku sebagai komposer asli musik game Jepang, seperti Super Mario Galaxy, Xenogears, FF Orgins. Dalam salah satu forum diskusi online para gamer, seorang peserta mengungkapkan temuannya, bahwa karya Rama adalah jiplakan. Dengan bukti ini, Rama tidak dapat berkelit dan mengakui semuanya.

Diakui oleh Rama, kebohongan ini bermula di tahun 2003, pada saat dia diundang menjadi bintang tamu oleh sebuah stasiun radio dalam acara perbincangan dalam bahasa Inggris.

"Saya menjadi bintang tamu. Saya kan tunanetra, rasanya waktu itu hebat kalau memiliki sesuatu yang berbeda. Saya lalu mengakui kebohongan publik (menjadi komposer game Jepang) di sana,"

rama_blind_power

Dampak dari pengakuan kebohongan publik Rama yang dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani di atas kertas bermeterai adalah, ditariknya buku karya Rama yaitu Blind Power: Berdamai dengan Kegelapan. Karena dalam buku ini termuat kebohongan publik Rama.

Saya pribadi sangat menyayangkan apa yang sudah dilakukan oleh Rama. Saat tampil di acara Kick Andy, saya kagum dengan talenta yang dimiliki oleh Rama. Dia memang tersandung di kasus ini. Tapi saya salut dengan keberaniannya untuk mengakui kebohongan publik ini. Saya langsung teringat dengan kasus video panas Ariel Peterpan, dimana sampai sekarang Ariel belum mengakui bahwa dia-lah pelaku dalam video itu bersama Luna Maya dan Cut Tari.

"Butuh waktu panjang untuk berani mengakui hal ini. Saya membenarkan kabar bahwa saya telah  melakukan kebohongan publik. Secara resmi saya meminta maaf kepada siapa pun yang dirugikan karena berita ini," aku Rama.

Sumber: diolah dari kompas online

20 komentar:

dwell said...

ups....great information you have here...feel sorry for that...but wish he can go forward n keep fight face this world....keep in touch n have nice day

Anonymous said...

indonesia cuman bisa ngejiplak karya orang aja.

kupikir cuman lagu aja ya mas, tapi smpai komposer game iya jg. duh. gimana nih ya indo ini. :-(

Zippy said...

Wadow..tu orang nipu bang?
Weleh...
Gak kebayang deh...
Sempat liat waktu dianya di Kick Andy dan kelihatannya oke juga tu orang.
Tapi ternyata, nipu dianya...

Tapi gak papa, salut atas kejujurannya :)
Jujur itu susah banget soalnya...

catatan kecilku said...

Aduh si Rama... padahal dia sudah 2x tampil sbg bintang tamu di Kick Andy.
Sayang sekali... kenapa dia harus memperoleh pengakuan dg cara berbohong..?

the others said...

Tapi bener kata Bang Budi.., setidaknya dia berani mengakui kesalahannnya.., dan itu tak mudah karena dibutuhkan kebesaran jiwa.
Semoga Rama dapat bangkit dari kesalahannya.

Dedot said...

lama juga ga mampir kesini,apa kabar bang?
Nice info neh,saya suka semangatnya mas Rama.

Blog Bisnisku said...

sayang...tapi juga salut buat keberanian dan kebesaran jiwanya tuk mengakui kekeliruannya...karena yang melek saja belum tentu berani melakukan hal yang sama dengannya.

Pendaftaran Credit Card said...

Apa yang membangun image orang indonesia sebagai tukang jimplak? Padalah Indonesia gw kaya lho akan orang2 yang kreative... Bangkit Indonesia ku...

diko said...

wew....kapan seh bisa gak copy paste..., kalopun mau tiru ya mbok dimodifikasi apapun bentuk nya, seperti orang2 jepang yang sukses memodifikasi hasil temuan orang2 barat sehingga produk2nya banyak disukai orang2....

regrads
www.astawama.blogspot.com

H. Nizam said...

Walaupun menyayangkan kebohongan yang telah dilakukannya tapi saya salut atas keberaniannya untuk mengakui kebohonan tsb.

multibrand.blogspot.com

genial said...

tapi tiu bukannya terlalu banyak kompromi kang jatuhnya?!?!?! uda minta maaf... beres...?!?!? iia berarti gag salah juga klu ariel blm berani... lah wong beliau (ramaditya) baru mengakuinya ajja setelah tersandung sejak pengakuannya akan hak cipta ost game2 jepang tersebut di tahun 2003... mungkin ariel baru akan ngaku nanti kang taun 2033.. :( huehehe...

Vie said...

haloo bang Bud... udh lama gak mampir2... apa kabar bang? salut sama Rama, walopun udh melakukan pembohongan publik tp dia mau mengakuinya :)

Moedzt said...

ramaditya ow.. aku pernah liat da di tv dulu ..., memang saya salut sekali sama dia saat di tampil di tv dg memainkan satu alat musik dan seorang blogger juga tapi sayang ternyata ada kebohongan yaw... tapi gpp saya maafkan.,, dan saya salut juga sudah berani mengakui kesalahannya...

Butik Bella said...

Waduhhh... Membuat kebohongan publik? heheee.. Salud buat Ramaditya... Setidaknya punya kreatifitas tersendiri meski Ia dalam keadaan banyak keterbatasan.. Luar biasa.. :)

al-basri said...

untuk pengetahuan masyarakat pengakuan begini ada baiknya, tapi untuk peribadi tentunya ada dampak negatif...

Fanda said...

Semua orang pasti pernah berbuat kesalahan. Namun yg jadi masalah, bagaimana dia mengakuinya.

Pa kabar mas Budi?Lama aku gak kesini nih..

Movie Downloadzz said...

iya nih sob, sangat disayangkan sekali ternyata di membohongi publik dengan memalsu hasil karyanya. tapi salut dia akhirnya mau mengaku setelah banyak orang yang meperdebatkan kemampuanya :D

lina@happy family said...

Saya termasuk yang kaget dan kecewa mendengar berita ini. Walau salut juga dengan pengakuannya, tapi dia telah banyak membuat pengagumnya kecewa...

s4rlis said...

salut bwt Rama, brani berbuat brani brtanggung jwb...

realsifo777 said...

menurutku orang indonesia mampu kuk buat suatu karya yang hebat. namun orang indonesia biasa malas, dan kadang tidak tahu tentang hukum