About Me : Budiawan Hutasoit

My picture 250x275 Informasi Singkat Mengenai Saya :

Anak pertama dari 3 bersaudara - semuanya laki-laki bin cowok - dan dilahirkan di Medan yang terkenal dengan jargon - agak sombong sih - INI MEDAN BUNG!.

Sewaktu kecil, sempat menghirup udara kota tebing Tinggi (letaknya sekitar 1 jam dari kota Medan, yang terkenal dengan lemangnya, karna saat itu ayah saya menjabat Assisten Wedana - setingkat Camat saat ini. Tidak lama, ayah dipindahkan ke kota kecil - tapi semakin dekat dengan Medan - yaitu Tanjung Morawa (dulu kalau dari Tanjung Morawan ke Medan, rasanya jauhhhh banget, tapi sekarang ini posisinya udah nempel sama Medan, jadi kayak Bekasi atawa Tangerang di Jakarta deh..).

Di Tanjung Morawa ini, saya sempat sekolah di SD Negeri (yang dirintis oleh ayah saya), lalu pindah ke Sekolah Swasta yang dikelola oleh perkebunan kelapa sawit. Ada pengalaman yang tidak bisa saya lupakan semasa SD Negeri ini, yaitu saya masih sempat menggunakan batu tulis! Betul! Ngga bo'ong! Saya tidak tau dari bahan apa dibuatnya, tapi bentuknya seperti lempengan berwarna hitam, ukurannya sekitar kurang lebih hampir sama dengan ukuran buku tulis saat ini, terdiri dari dua lempengan yang direkatkan disatu sisinya dengan semacam kain. Beratnya minta ampun. Kita menulis dengan kapur. Untunglah zaman jahiliyah ini tidak berlangsung lama, karna melalui programnya, ayah saya menggantikan semua batu tulis ini dengan buku tulis.. Thanks Dad!

Kelas 3 SD saya pindah ke Medan (karna ayah juga dipindahkan ke Medan). Di Medan saya bersekolah di SD I Immanuel yang terletak di Jl. Diponegoro. Tamat dari SD lalu melanjutkan ke SMP Immanuel yang terletak di Jl. Slamet Riyadi. Setelah itu SMA - lagi-lagi di Immanuel -. Tapi hanya sampai kelas 1, karna setelah itu ayah dipindahkan ke Jakarta.

Tahun 1982, saya pindah ke Jakarta dan masuk ke SMAK PSKD IV di BLok M. Hanya sampai kelas 2, kelas 3 saya pindah ke SMAK PSKD II di Slamet Riyadi, Jakarta Timur. Perpindahan dari Medan ke Jakarta - to be frank - culture shock. Dari gaya ngomong yang awak, kau, menjadi lu, gw, ente..Awal-awalnya kagok..tapi lama-lama jadi bisa.

Di SMA ini saya tidak termasuk anak yang diperhitungkan tingkat kepintarannya, karna ada yang lebih dari saya. Tapi........pada saat SIPENMARU, maka saya termasuk yang lolos bisa masuk ke IPB (Institut Pertanian Bogor). Itu di tahun 1985.

Pindah-lah saya ke kota hujan (tahun itu, Bogor masih enak, sejuk, adem, pokoknya suasananya bagus untuk kuliah). Satu tahun di Tingkat Persiapan Bersama, pada saat penjurusan saya memilih Fakultas Perikanan, dan untuk oleh sebab itu, saya pindah ke Darmaga (kampus Fakultas Perikanan ada di kota kecil ini, sekitar 12 km dari Bogor).

Tahun 1991, saya resmi menyandang gelar 'Tukang Insinyur". Lulus, cari kerjaan sana sini, susah. Sempat menganggur 8 bulan, akhirnya ada juga perusahaan yang menerima. Terdampar-lah saya di salah satu perusahaan pelayaran/container multi nasional yang bernama - waktu itu - NOL. Sekarang sudah ganti nama jadi APL. Kantornya ada di Jl. Tanah Abang IV. 

Di perusahaan ini saya mulai dari NOL (jadi sama dengan nama perusahaannya), dalam artian benar-benar merangkak. Mulai dari naik angkot dari tempat kost di Jl. Kebon Mangga Kebayoran Lama, lalu mulai berani mencicil mobil Toyota Accord keluaran tahun '82. Kemudian nekat sama teman-teman sales mendirikan perusahaan freight forwarding (PT. Indovita Heksapura Persada), yang di awal-awalnya berjalan dengan lancar, tapi akhirnya bubar jalan.

Tahun 2001, saya resign dari NOL/APL, lalu bersama dengan sales ex. Indovita, mencoba bikin perusahaan freight forwarding baru, yaitu PT Quantum Indonesia Translogistic dengan modal seadanya dan agak sedikit nekatsss. Waktu itu, kami cuman berpikiran kalau bisa bertahan 2 tahun aja, udah Thanks God banget.

Tapi - Puji Tuhan / Alhamdullilah - sampai saat ini, Quantum Indonesia masih bisa bertahan berkat dukungan semua rekan-rekan di Jakarta, shipper/customer, dan agent-agent di seluruh dunia serta teman-teman yang ada perusahaan pelayaran/shiping company.  Saat ini Quantum Indonesia berkantor di Kalimalang, dengan jumlah karyawan sekitar 8 orang (masih small size).

Tahun 2005 saya pindah atau tepatnya balik kampung ke Medan. Orangtua butuh tenaga saya untuk mengelola sedikit lahan kelapa sawitnya. Quantum Indonesia di Jakarta saya percayakan sama teman baik saya dan team di sana untuk mengelola dan saya memonitor dari Medan (ah, kan sekarang ini tekonologi - tepatnya internet - udah memudahkan dan memurahkan...).

Mudaha-mudahan semuanya tetap berjalan dengan lancar dan dimudahkan oleh Yang Maha Kuasa dalam segala hal. Amin!!

Salam Sukses dari Medan -- Ini Baru Medan!

banner email budiawanhutasoit  banner bhutasoit at yahoo co id

41 komentar:

FATAMORGANA said...

Pertamaaaxxx!
Wah, ketemu blog tukang Insinyur lagi. Horas bah! Salam kenal. Tks udah main ke blog saya.

JudithNatalia said...

Horaasss!

Ini baru blog.....salam kenal pak Insinyur....thanks sudah mampir blog saya,jgn bosen kalo saya sering2 mampir cari inspirasi hehe....sukses selalu!

pico said...

mestinya kita ketemu yah di pesta blogger.. :)

Anneke said...

Ternyata sama-sama orang Medan bah...

Aku link ya bang...

Horas... (salam kenal maksudnya) ^_^

Seno said...

Ternyata Bung Budi tinggalnya nomaden he,,he,, keliling melulu. Sukses Bung.

annas said...

inspiring abis, pengalamannya

duCkY... said...

hihi... narsis deh.. horas bang!!

Nyante Aza Lae said...

anak Sibolga do au kawannn..horas!
link lae dah kupasang..tuker yaa..!
trims

subhan said...

waw....

ceritanya seru um...

salam kenal...

astri astronot said...

wkakakaka
horas bahh !!
muka oom kaya orang korea deh
hehehe
*kaboooor

xitalho said...

Iya nih seru biografin abang kita ini...., Sukses deh Bang...

KURNIA PRATIWI said...

Pak Budi keren yah..Moga2 nia juga bisa seperti pak Budi yang sukses saat ini..

Laston M Nainggolan said...

Salam tulang. Di Medan dimana, mo tahun baruan, he,,he.. SAlam Kenal dari Laston Nainggolan Medan.

Erwin Sapta said...

Nice guys, paling giant di komunitas http://www.bloggersumut.net
Pernah kopdar bareng beliau di lembur kuring nih fotonya http://sapta.web.id/?p=82

putri solo said...

Kalau Bung Hutasohit pernah menulis pakai batu hitam itu, saya pun pernah mengalami ketika duduk di kelas 1-2-3 SD di tahun 1962/3/4. Di kotaku, Solo batu tempat menulis itu namanya SABAK. Pensilnya dinamakan GRIP. Menghapus tulisannya dengan lap basah.Baru transisi pakai buku tulis di tahun 1964.
Nah Bung Huta waktu sekolah di PSKD Slamet Riyadi Jatinegara Jaktim tahun 1982,saya sering menunggu jemputan kantor saya di seberang sekolah PSKD dekat warung gado-gado yang uenak tenan di Jalan Bunga.Pernah mencicipi gado-gado itu? Tentunya masih ingat to?

parlin said...

salam kenal amang boru..:D

maaf pak,,aku gak tau harus manggil apa...

yang penting.. horas...horas...horas...

umi rina said...

Horas bah!!! Ketemu orang Bataks lagi mengingatkan saya kepada seorang Opung angkat yang nun jauh diseberang lautan...

Salam kenal kembali dari saya di Tsukuba, The Science City, Japan.

Antoni said...

salam kenal bang....

Network Inside said...

Horas lai bang.... mampir-mampirlah ke blog aku.. :) salam kenal bang.. salut buat abang deh...

bunda said...

karena tugas ortu, bunda juga pernah di Medan. Sungei Putih (Balai Penelitian Karet). Kalau di Medan pernah juga di Sei Putih Medan Baru. dan famili spi saat ini masih ada di P.Siantar, Bahbutong, Bahbirong Ulu dan di Sibolga. Percampuran etnis Jawa dan Batak, bang Budi...
salam

Lena said...

Budi .. ternyata .. kau alumni PSKD juga ya :-)

Ide Gokil said...

Busyet! profil pribadinya mantab amat yach. baru kali ini Ombung baca bagian ini, HEBAT!!!!

obet said...

salut..
mantab banget..
salam kenal.. dari robert

ANDI said...

WAh baru Hari nih ngebaca Riwayat Singkat Bang Budi... Mantapp penuh dengan pengalaman nih... Tambah salut aja....

Ornest said...

Pengalaman yang sungguh enak dibaca :D Btw, Toyota Accord??? Kalo di Malaysia, ngak ada model tu.. Yang ada cuma Honda Accord... Hope your bisnes will continue to reap successes in years to come... Cheers and all the best!

Sekedar berbagi ... ! said...

eh, googling ketemu blognya tukang insinyur ??? kayanya kita satu angkatan deh di dermaga .

Macam2 Tips said...

panjang kali ya bang perjalanan nya,BTW dulu SD di tamora,SD mana tu bang.....

wwsf said...

bang salam kenal...
saya riyan, nama lengkapnya riyan harris lubis..

tulang saya punya kebun sawit ni bang, nah saya punya ide buat di bisnisin sama saya..
kira2 kalo saya mau jual sawitnya pas panen k mana ya bang,,kira2 ada ga sih yang mau ama buah sawit..

Data Kuliah said...

wah2... salam kenal boz...

kl mau cari2 info ttg shipping company gitu, bisa di tempat boz...?
Krn, saya juga minat bangets ttg exim n forwarding business... hehe... (pdhl baru kenal)...

Tapi emank exim ntu emank asyik ya... hehe..

salam blogging...
Visit:
http://datakuliah.blogspot.com
to contact me... Thx.

Asep Saepudin said...

Ternyata abang yg satu ini "pemain" forwarding juga ya. Jadi ingat pengalaman 1989-1992, saya juga sempat jd staf/programming untuk pembuatan program billing export saat itu di salah satu perusahaan Forwarding, PT. Jati Diri Trans, dan Trans Ocean Perkasa (TOP), koq jd bernostalgia di ELFASenior ya bang..

Jokostt said...

Salam kenal, Pak. Wah, sama-sama orang teknik, nih. Senang bisa berkenalan dengan anda meski hanya lewat blog.
Bukit Tinggi, kotanya enak, ya Pak? Dingin seperti di Batu Malang. Kalau Medan saya pernah tinggal beberapa bulan disana. Orang-orangnya hampir mirip karakternya seperti saya, orang dari Surabaya.

iNSURANCE said...

I have added your link in my blog ( http://tips-insurance.com/exchange-link/ ), please link me back, thank you.

Inurancetip said...

I have added your link in my blog ( http://insurancetip.net/exchange-link/ ), please link me back, thank you.

Anonymous said...

I found this site using [url=http://google.com]google.com[/url] And i want to thank you for your work. You have done really very good site. Great work, great site! Thank you!

Sorry for offtopic

NENSA MOON said...

Wah... seru kisahnya yaa.
Terutama pada saat harus menggunakan batu tulis... (haha...really unbelievable!!)
Pasti menjadi satu pengalaman yang tak terlupakan.

viOLingirl said...

hi..thanks for the visit...
can we exchange links??
hope to hear from you sool

http://rhivz-happydreamer.blogspot.com/

Anonymous said...

[url=http://platinconne.freehostia.com/map.html]free movies download[/url] parampampam!

boy said...

salam kenal Bang!
Blognya menarik dan enak dibaca. sepertinya saya bakal sering kesini. Boleh saya add di blogroll saya? Thanks

bf said...

Salam kenal Bang Budiawan sama exportir dan sukses selalu

lawlet said...

salam sukses,,,

IVANNA said...

hi! very nice blog,so interesting,you have made a grt job!thansk x your visit.is there any chat box? ok,have a nice day!