IMG_0172_thumb[2]Di salah satu jalan di Singapore. Sampe pegel mata ini m 'lototin jalan nyari puntung rokok dan sampah. Ga ada euy. Kalau orang Indonesia yang berprofesi pemungut puntung, ga bisa mengais rezeki di Singapore dong ya. Trus ga ada polisi tuh. Yang kalo di Indonesia suka nungguin orang2 yang melanggar rambu lalu lintas.Smile

 

 

 

Tkg Tambal Sepatu Sg_thumb[2]Di Kawasan China Town, saya menemukan hal yang menarik. Saya ketemu tukang tambal/sol sepatu. This uncle quite old. Tapi dia tetap mau kerja. Coba liat barang bawaan-nya. So many. Two tumbs up for you uncle.

 

 

 

IMG_0214 Di Little India di Singapore. salah satu kawasan yang mayoritas dihuni oleh etnik India. Tadinya mo naik bis ini, saya pikir ini bis jurusan Blok M - Kota. Rupanya bukan. Untung ga salah naik.

 

 

 

 

IMG_0165 Dari beberapa toko hobby aeromodeling yang kami datangi, maka kebanyakan yang jadi penjaga tokonya adalah yang sudah berumur, biasa dipanggil auntie dan uncle. tapi mereka sangat cekatan dan sangat baik dalam memberikan service. Semua pertanyaan dijawab sebaik mungkin.

 

 

 

IMG_0221_thumb[2]Nah, ini yang saya agak heran, yaitu pada saat makan, kebanyakan orang2 Singapore itu tidak memesan minum. Entah itu air mineral, es teh atau apalah. kalau makanan yang di-order ada kuahnya sih masih bisa diterima. tapi ini kadang2 mereka pesan nasi goreng atau mie goreng sekalipun amat sangat jarang minum. Ga seret apa ya. mungkin karna air mineral mahal di sana. kalo orang kantoran, maka mereka bawa tempat minum sendiri, trus isi di kantor (gratis soalnya). tapi ini hanya pengamatan selintas lho..mungkin aja saya salah.  

18 komentar:

manusia biasa said...

wuihhhhhhhhhhhh kaya nya bersih tuh kota, polisi juga ga ada ya yang nungguin nya....... wahhhhhhh sip tuh

Keris said...

waduh harus komentar apa neh pak? kapan Indonesia bisa seperti itu :D

Reni Dwi Astuti said...

indonesia hrs mau meniru tuh budaya bersih di s'pore...minimal dimulai dari diri sendiri...wah, mas budi kalo jalan2 ke negara orang kirim dong oleh2nya...

Jonbetta said...

So Pasti Singapore memang hebat, Salut..salut dengan disiplinnya patut kita tiru...

adealfay said...

Singapore memang ok..
mana oleh2nya ni..?

Bintang said...

saking takutnya buang sampah sembarang disana..anakku kan pegang tissue, eh tissue tuh terlepas dari tangannya...aku marahnya minta ampun...soalnya takut dipikirnya buang sampah lagi...hehhe

else said...

weleh... main ke singapore kok gak ngajak2?.....aq siap setiap saat klo diajak hehe

iya ya, singapore emang bersih,
klo org riau mending pergi ke singapore drpd ke jkt, ongkosnya sama, kan dekat dr riau, naik fery aja dah nyampe.

Mira Maulia said...

Iya tuh... bersih!! Indonesia harus bisa doong lebih baik dari ituuuuuu....

rozy said...

kapan ya bisa kesampaian ke sg
hikss

Budiawan Hutasoit said...

@manusia biasa..betul bro, susah cari polisi, saking amannya.

@keris..doa-in aja indonesia bisa bahkan melebihi singapore. bersama kita bisa tokh?

@reni dwi astuti..yup, selain bersih juga disiplinnya.tanpa ada polisi-pun mereka takut utk melanggar aturan..oleh-oleh? lein kali saya bawa-in deh.

@belly wijaya..katanya sih, dulu jg orang singapore jorok, tdk disiplin korupsi. tp mereka MAU berubah. intinya adalah MAU-nya ini.benar ga?

@jonbetta...setuju..salut pokok-e

@adealfay...hehehe..oleh-oleh udah abis mbak..netx time ya.

@bintang...hahahaha..jadi parno gitu mbak..tapi itulah.ternyata kita bisa jg utk berperilaku bersih dan disiplin jika berada di Singapore.

@else...lho, kan aku udah kirim sms.ga terima ya..ya, dari batam juga enak ya.tinggal naik ferry, 45 menit udah nyampe.

@mira maulia..harus bisa.kenapa tidak..hehehe

@rozy..dari batam mas.murah meriah..

BloGendeng said...

Betull,bro. Ngerokok pada tempatnya.Mo makan permen aja mesti mikir. karena gak biasa di Indo ngantongin bungkus permen. Buang sampah sembarangan bisa bangkrut haha. Mo naik taxi aja ngantri kayak ngantrinya kayak bioskop. Ngga rebutan kayak di sini hihi..
Dalam kebersihan SIngapore layak jadi teladan.
Nice post

Deantoro Miko said...

Wah di singapura serba teratur y,kalau pengen diterapin di negeri kita kayanya susah tuh pak,wah anda sering jln2 ke luar ngri y,wah kpn saya bisa ky bpk y,kpn2 mngkn

veny said...

Singapore ember hebat . yah krn disiplin semua penghuninya .
kalo di INdo susah lah yaw ngatur ampir 200 Juta rakyatnya .he22

org kita kalo ke Singapore jadi patuh juga loh tapi plng ke INdo lagi jadi "dudul" lagi seenak dewek mksd ku, he222

Budiawan Hutasoit said...

@blogendeng..ia, makanya heran koq bisa ya..semua mau di atur..padahal sama-sama makan nasi..hehehe

@deantoro miko...pasti bisa bro' . Like attract like..itu kata hukum ketertarikan..Law Of Attraction..dari batam murah koq..

@veny..betul.jadi lingkungan turut mempengaruhi. kalo pejabat dan petinggi negara bisa patuh dan dispilin, pasti di-contohkan?

rhein fathia said...

ndak usah membandingkan.. bikin sakit hati.. :D

maleset said...

singapura besar juga karena indonesia,

thanks mas dah mampir ke blog ku :)

Budiawan Hutasoit said...

@rhein fathia..ambil sisi yang baiknya mbak..kalo mereka bisa, kenapa kita tidak..we are greater than Singapore..

@maleset...betul..tapi mereka mau utk memanfaatkan sumberdaya yg ada...kita juga bisa koq...

Anna 'dTeepZ said...

singapore emang clean bgt yah....tapi coba baca postingan terakhir anna ttg singapure......hiks..hikss....