23 April 2009

Mobil Murah buatan Indonesia : Mau atau Bisa?

Mobil

Apakah mungkin Indonesia mampu memproduksi mobil murah yang asli buatan Indonesia, bukan seperti mobil Timor yang pura-puranya mobnas (mobil nasional), padahal seluruh komponennya adalah buatan luar negeri dan masuk ke Indonesia dengan distempel mobnas doang? Sebetulnya di Indonesia ini semuanya bisa, cuman persoalannya adalah mau atau tidak.

Keinginan untuk memproduksi mobil murah dan bahkan menjadikan Indonesia basis produksi mobil murah di dunia, tampaknya akan segera terwujud. Beberapa hal yang dapat mendukung adalah industri otomotif nasional sudah memiliki kemampuan teknis menciptakan kendaraan berbagai jenis. Masyarakat Indonesia sudah bisa memproduksi komponen dan suku cadang mobil, seperti ban, velg, body, shock breaker, per dan sasis. Begitu juga sistem elektrik mobil seperti lampu, kawat, serta jok sudah dapat diproduksi di Tanah Air.

Lalu seperti apa kira-kira gambaran mobil murah produksi Indonesia ini?

Mobil GEA

Salah satu mobil murah buatan Indonesia adalah GEA yang dirancang oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dan INKA. GEA merupakan singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif. Menggunakan mesin 500 cc dengan dua silinder, GEA sudah lulus uji kelaikan. Rencananya sudah akan dijual akhir tahun ini. Harganya - katanya - sedikit di atas harga motor Kawasaki Ninja 4 tak.

Mobil Arina

Selain GEA, ada lagi Arina, mobil produksi Kota Lumpia - Semarang. Ukuran mobil Arina (Armada Indonesia) lebih kecil dibanding city car Suzuki Estilo atau Kia Picanto. Sangat irit bensin, dengan bensin seliter bisa mencapai jarak 40 kilometer. Harganya juga cukup murah, hanya sekitar Rp. 30 juta.

Diharapkan ada pengusaha nasional besar yang MAU memproduksi mobil-mobil murah buatan asli Indonesia. Sehingga ada produksi mobil murah secara massal, bukan hanya jadi prototipe.

Masak kita kalah dengan India, yang melalui Tata India sudah memproduksi mobil murah Nano yang harganya Rp. 25 juta? Bukankan kita memiliki sumber daya baik alam maupun manusia yang lebih unggul dari India? Kekurangan dari bangsa kita adalah soal MAU atau TIDAK. Kalau BISA, sudah pasti BISA. Hanya MAU atau TIDAK.

Mudah-mudahan Indonesia bisa menjadi basis produksi mobil murah, tidak hanya di kawasan Asia, tapi juga di dunia. Kita tidak sedang bermimpi khan?

Sumber gambar : www.kuebasah.com dan forum.detik.com

Artikel Terkait, Silahkan Dibaca:

56 komentar:

ajeng said...

Terbiasa Luar negeri minded sih Bang.. Pokoknya yg luar itu serba lebih.Padahal belum tentu juga yg buatan luar itu lebih bagus dr buatan bangsa kita.

Dinoe said...

Semoga saja bang...kita mampu memproduksinya...

indra putu achyar said...

yaaa mudah-mudahan begitu kang...

Ayo indonesia... MAU ATAU TIDAK?

marcellino agatha said...

top buat indonesia yang sudah bisa produksi mobil. Siapa tahu kedepannya bisa lebih baik lagi khususnya desain mobil nya

erik234925 said...

Semoga saja ada pengusaha Indonesia yang mau membiayaainya

rachman said...

smoga prokduksi otomotif indonesia makin maju aja deh,,ga ngadat2...hehe

rinanta-belog said...

Ayo, jgn kalah, Indonesia pasti bisa..

Andi said...

Semoga Produsen Mobil Indonesia bisa berkomitmen untuk hasil produksinya sehingga kepuasan konsumen terjaga

zener_lie said...

bikin satelit ajaj bisa masa mobil nda bisa :)

Blogger Ceria said...

kurang keren tapi modelnya... :)

bayunature said...

gimana klw blogger pade patungan bikin pabrik mobil!! promosiin di blog kite2,,,bisa ngurangin biaye iklan kan..he..he..setuju ga bang!!

CHIKO said...

Iya y... padahal Bentuk mobilnya lucu tuhhh hahahhaha...

Blogger Toraya said...

Mau atau Tidak

Rumah Islami said...

Indonesia pasti bisa! yg penting ada niat,
kreatif dan percaya diri ... kita mampu kok :)

reni said...

Bermimpi sih boleh aja, bang.
Yang penting berani utk mengejar mimpi.
Apa kira-2 bangsa kita akan mampu mengejarnya ??

Risti said...

aku yakin negara kita bisa membuat mobil-mobil yang lebih baik dari yang sudah ada. cuma permasalahannya kapan.. walaupun SDM nya sudah banyak yang pinter-pinter.

homyworld said...

Kayaknya pemerintah dan swasta harus bersama-sama membuat proyek ini supaya bisa terwujud.Semoga saja Indonesia dapat mengejar ketinggalan teknologi dari India.

eri-communicator said...

semoga indonesia mampu membuat mobil,jangan hanya merakit mobil.

balidreamhome said...

mungkin perlu juga semua pejabat negara harus punya koleksi mobil buatan dalem negri selain bisa mendongkrak penjualan juga bagus buat promosi produk dalam negri :-)

kan udah sempat tuh kemarin gerkan pake sepatu produk dalam negri tapi gak tahu masih berlanjut apa cuma selama kampanye aja :-)

budi said...

sepertinya bangsa ini lebih pingin masalah perut dulu. Seperti yg pernah saya lihat di TV acara Interviw POlitik dgn Habibie.Sepertinya masyarakat lebih suka mencibir masalah dgn pesawat CN 235 ditukar kacang kedelai dgn thailand....tahun 1997 sebenarnya konsep pembangunan menurut saya sdh pas mengembangkan indstri strategis...ya..nasib IPTN dikebiri.

budi said...

kalau mengembangkan mobil sama aja menceburkan diri dikolam yang sudah banyak ikannya entar susah nafas...tersengal sengal...bisa bisa BLBI jilid 2 mendingan di kolam yang rada luas sedikit ikannya..hehehe...

buwel said...

jayalah terus indonesiaku....

Pixell said...

Sumber daya banyak dan mempuni boss, coma gajinya kaga sesuai kali hehe, jadi pada nggak mau,

Fetra said...

hallo.....blog yang informatif nih...bagus juga, jgn lupa comment balik ya

come n share said...

Yep.. mudah-mudahan... masalahnya nantinya modelnya itu loh, apakah bisa dibuat seperti model jazz atau suzuki swift, jangan modelnya hanya segi 4 dan bentuk depannya kurang up to date..

i'disastra said...

seharusnya kita jangan kalah dengan india ya bang :)

maju terus indonesia !!

Umi Rina said...

Saya yakin Indonesia pasti bisa!

Soal Timor, ralat dikit aah, nggak seluruh komponennya lho produk luar, hanya body carnya saja dan beberapa komponen mur dari Korea, selebihnya sudah produksi dalam negeri hasil anak bangsa yang bertebaran di wilayah pulau jawa.
Bahkan alat stamping body carnya sudah ada untuk mencapai titik produksi mobnas murni.

obrolan lepas said...

yayaya,,sebenarnya kalo kita menelusuri lebih jauh indonesia tanah air beta sudah jauh tertinggal tenggelam dalam kegelampan pemikiran kotor yng tidak mempedulikan kehidupan bangsa. kalo sumberdaya manusia kita itu ada dan bisa bahkan kita bisa bersaing setingkat asia cuma sayang ini hanya tulisan saja.

erwinyustiawan said...

yah paling tidak kita bantu pemerintah.. amiennnn

Mbah Jack said...

Indonesia Bisa Kalau Indonesia Mau

Blackberry said...

Wah. Gak bakalan Indonesia bisa produksi yg bagus. Wong keburu dikorupsi semua komponennya. Ujung2nya selain gak aman dipake, gak bakal bisa lama umurnya...Udah kebayang hasilnya...bukannya anti buatan dalam negeri nih, sekedar realistis aja. Bahan kita emang ada, otak pastilah (masa gak ada sih?) tapi mentalnya yang belum ada. Sekedar cari untung tanpa memperhatikan standar mutu. Udah. Lebih baik janganlah...apalagi kalo produksinya pake duit negara (pajak rakyat) cuma buang-buang duit tuh, dan yang jelas dikorupsi.

suzhu said...

bisa donk...ga ada yg g bisa dilakukan oleh seorang manusia termasuk orng indonesia keculai ada kemauan

manusia biasa said...

ayoooooooo Indonesia kamu pasti bisa........ SEMANGAT

Suster Gila said...

Setuju sama SuZHU, asal ada kemauan, pasti ada jalan.

marsudiyanto said...

Saya mau tapi nggak bisa...

Natalia said...

kira kira tahan berapa lama yah kalo di beli?

ericjogja said...

setuju mas ....
kalo kita mau ... pasti mampu (bisa) !
tapi kadang-kadang belum apa-apa kita sudah bilang nggak bisa ?!
salam

Ide Gokil said...

nyang 30 jetian kayaknya asik jg tuh, bentuknya unik! Ombung mau doonkk

Yudie said...

kira-kira Pak Bob Sadino sm Bang Setiawan Djodi mau gak ya jadi investor? Bukannya SD masih jadi salah satu share holder nya Lambhorgini Pak ?

yanuar catur rastafara said...

mau dan harus bisa
sebetulnya mungkin dua kata itu yang harus kita tanamkan di benak kita,,
hehehehe
harus optimis

indra putu achyar said...

kang, stock-nya jangan di abisin... pesen satu yak bang dibungkus... :D

rusakparah said...

Saya demen apa pic mobil yang pertama? kapan diproduksinya tuh? heheheheheheh

Life Is Beautifull said...

sob ada award di blog ku..di ambil ya sob..thanks
http://mylifebeautifull.blogspot.com/2009/04/award-lagi.html

Tukang Nggame Arsip said...

mereka bisa kenapa kita tidak?????

Dinoe said...

Andai indonesia mampu memproduksinya..mgkn akan banyak masyarakat yang mampu membelinya...semoga saja indonesha mampu...

kakve-santi said...

orangorang indonesia termakan gengsi,,
belum mau dibilang kaya kalo punya mobil yang gak WAH..

Belum belajar lingkaran setan dan lingkaran surga orang2 kita...
bagaimana uang mengalir..
supaya negara makmur...

gaban said...

harusnya kita panggil org2 India kesini
biar kita contoh mrk bikin mobil sndriir

blog anak nelayan said...

membuat apa merakit yaa sob
semoga bisa membuat sendiri sob

Sharing Ilmu Pengetahuan said...

Wah Bro Kalau Saya sih beda sendiri Salut Ama Cewe yang berdiri di samping Mobil....Wakakak..Suksel selalu Bro...Gbu!!!

401notfound said...

bener tu bro, asal di mulai dari sekarng aja drpd tidak sama sekali kan,,^^

Anonymous said...

terus lah bermimpi. sampai mimpi itu temukan jalannya.

indonesia bisa. tapi mari tanyakan pada diri kita masing masing. seandainya masing masing dari kita punya modal sebesar yang dibutuhkan mobil mobil prototype indonesia ini untuk diproduksi.

apakah lebih "aman" jumlah modal itu digunakan untuk memproduksi mobil atau bermain di pasar "saham"

iya.

solusinya..
mobil mobil prototype seperti ini harusnya diproduksi khusus untuk mobil mobil dinas pegawai pemerintahan di seluruh indonesia.
dan saya rasa ini penting karena saking "butuhnya" sampai sampai uang pajak kita direlakan untuk membeli misalkan sebuah toyota crown baru.

uang pajak harusnya dapat digunakan lebih bijaksana. dari pada membeli mobil mobil mewah untuk para "PENJAHAT" yang nantinya akan mati dan mobil mobil mewah mereka yang hanya kan menjadi besi tua dan rongsokan seiring berjalannya waktu, pilihan
terbaik seperti proton malaysia untuk mengembangkan mobil. untuk digunakan demi kepentingan negara kita juga.

mobil bekas said...

Jangankan mobil, pesawatpun Indonesia mampu membuatnya. Cuma masalahnya mau gak orang Indonesia menghargai produknya dan menggunakannya? Banyak produsen mobil jepang lama membuat mobil di Indonesia, setidaknya kita mendapat transfer teknologi yang lumayan. Jadi yang diperlukan adalah komitmen pemerintah untuk mendukung dan juga peran masyarakat sebagai konsumen itu sendiri. Info untuk para bloger yang butuh info tentang harga mobil bekas dapat visit ke web iklan mobil, Mobil Bekas Indonesia. Siapapun juga bisa jual mobil bekas di sana

jemiro said...

sebuah dilema mucul dalam permasalahan ini, kebanyakan orang lebih percaya pada kualitas barang branded!! apesnya produk Indonesia dicap buruk oleh sebagian orang dan terlihat murahan! itulah sebabnya Indonesia tidak berkembang dengan pesat! semoga dengan mobil2 ini, bisa menumbuhkan rasa bangganya pada produk Indonesia

Aluna Syahroza said...

Sudah saatnya Indonesia mampu membuat dan memproduksi mobil dalam negeri dengan kualitas luar negeri. Inovatif & kreatif !

Budi said...

ya, sudah pasti.. walaupun mau, tapi kita pasti ngak bisa..

Kampung Perawan said...

Luar biasa.. Modelnya seksiii..