Indonesia (Calon) Tuan Rumah Piala Dunia 2022??

PSSI

Hari Senin, 9 Februari, PSSI dengan penuh percaya diri mencalonkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 di Jakarta. PSSI sendiri belum mengetahui berapa biaya yang mereka siapkan dalam mengikuti proses pencalonan (bidding) tersebut. Langkah PSSI ini didukung oleh Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga, seperti yang dinyatakan oleh Pak Menteri Adhyaksa Dault.

Buseeettt..jadi tuan rumah Piala Dunia? Mimpi atau kenyataan nih..

Ini beberapa hal yang dapat dijadikan acuan apakah Indonesia (PSSI) siap menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 atau tidak.

Coba kita lirik ke 10 negara yang menjadi pesaing Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 ini. Ke 10 negara lain tersebut yaitu Australia, Belanda dan Belgia, Inggris, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Qatar, Rusia, Spanyol dan Portugal, serta Amerika Serikat. Dari 10 negara kandidat Piala Dunia 2022 ini, baik dari sisi financial dan prestasi (jauh) di atas Indonesia. Betul tidak?

Trus mengenai stadion. Namanya sepakbola butuh stadion. Federasi Asosiasi Sepak Bola International (FIFA) mensyaratkan untuk menjadi tuan rumah harus memiliki sekitar 12 stadion dengan kapasitas minimal 40.000 penonton untuk penyisihan group dan 80.000 penonton untuk laga pembuka dan final.

Lalu bagaimana kondisi stadion di Indonesia? Terkait masalah stadion, PSSI sudah menetapkan 13 stadion di 12 kota yang disiapkan sebagai tempat penyelenggaran. Ke-12 kota itu adalah Jakarta, Palembang, Samarinda, Pekanbaru, Bandung, Bogor, Surabaya, Makassar, Medan, Tangerang, Yogyakarta, dan Gianyar (Bali). Dari 13 stadion yang disiapkan, hanya tiga yang sudah berdiri, Gelora Bung Karno (Jakarta), Gelora Sriwijaya (Palembang), dan Palaran (Samarinda). Lalu 10 stadion lain.... belum ada dan baru akan dibangun dengan target selesai 2015.

Selanjutnya adalah biaya untuk bidding. Inggris udah menyiapkan dana 15 juta poundsterling (sekitar Rp. 255 miliar). Australia sudah siap merogoh 29,12 juta dollar AS (sekitar Rp. 320 miliar). PSSI? Nah, PSSI belum tau soal biaya yang akan disiapkan. Ini baru hanya untuk biaya bidding. Belum yang lain-lain.

Lalu bagaimana soal prestasi? Waduuuhhhh....Saat ini peringkat timnas Indonesia adalah di 144 FIFA. Di antara 11 peserta bidding, Indonesia paling rendah dalam rangking FIFA dan bersama Qatar belum pernah tampil di Piala Dunia sejak merdeka. Belum lagi kita bicara soal kualiatas kompetisi, kualitas pemain (yang suka memukul wasit), kualitas penonton (yang suka bikin rusuh), isu keamanan dan lain-lain.

Kalau saya lihat-lihat koq ya masih jauh dari harapan ya. Janganlah langkah PSSI ini hanya menjadi proyek mercu suar. Jepang dan Korea Selatan berani mencalonkan dan menjadi tuan rumah Piala Dunia bersama, karna ada prestasi dan financial yang mendukung.

Atau PSSI berpikir kan ini untuk Piala Dunia tahun 2022, siapa tau prestasi timnas kita sudah meningkat. Betul! Tapi perlu juga disadari, prestasi negara-negara lain juga akan (lebih) meningkat dibandingkan Indonesia.

Bagaimana menurut teman-teman?

84 komentar:

david said...

pertamaxxx

david said...

Keduaxxx

david said...

Kota padang akan Membangun Stadion Paling terbesar di Indonesia Bertaraf Internasioanal Setelah Selesainya Pembangunan Masjid Raya...jadi Kemungkinan Bisa Menambah Daftar Stadion Untuk penyelenggaraan Tuan Rumah Piala Dunia 2022

sibaho said...

ngedaftarin tim buat liga champion asia aja telat, mau jadi tuan rumah PD 2022. mimpi kali ye...
orang melihat apa yg sudah dilakukan, bukan apa yang mau dilakukan... bangun dong PSSI, tidur mulu...
*sorry, jadi marah-marah disini*

Erik said...

Untuk tahun 2022 daftarnya sekarang ya. Wow.

CHIKO said...

Wah gpp..setidaknya sudah ada keinginan untuk maju..walaupun baru sekedar keinginan.. hehehhe.. wah sapa tau Om Budi nanti yang jadi ketua umum PSSI.. kan masih lama tuh hehehehe..malam Om Budi

ipanks said...

weks masa untuk jadi tuan rumah piala dunia ada proses bidding nya.kok kaya repiu yah hehehe

suryaden said...

hidup indonesia, hidup sepak bola, hidup rokok,....

www.katobengke.com said...

wow hanya untuk menghelat acara gitu pake daftar tunggu......
ampun juga yah lamanya knapa kagak sekarang ajah......

' Li ' said...

kita wait and see aja kali yaa hhehehe..tp kl yaa...gw mo nonton terus gak mo pegi2 dr lapangan bola hihihi....

yulia said...

Indonesia (Calon) Tuan Rumah Piala Dunia 2022 kok rasanya kayak mimpi yach, hehehe ^^
ya tapi qta liat aja siapa bneran terjadi,kan didunia ini ga ada yg mustahil, hehehe

IKHSAN said...

mudah2an jadi kenyataan deh...

abie said...

hiduplah pssi...bola itu bundar tapi stadion ga semua bundar ya bang?

green said...

PSSI sedang membangun mimpi2nya jangan bangunkan dia...
Mungkin dia bisa mewujudkan mimpinya...

Brigadista said...

yang penting kalau gitu kan bisa jadi masuk pentas piala dunia,...he he heee

Lyla said...

walah masih lama udah buru2 daftar hehe...

My Journey said...

wah kalo jadi tuan rumah pas main sepak bola PSSI nya pasti kalah dah.... malu-maluin aja... ntar kalo kalah pemain asingnya dikeroyok suporter indonesia...ehehhehe

tyas said...

masih lamaaaa.... sapa tau besok anakku yg main.. hehe...

learningdays said...

lhaah.. yg bener..? PSSI? ya bukannya ngecilin ya... tapi, duuh drpada ngisin2i...

jetra said...

daripada bikin stadion mbok ya buat benerin infrastruktur yg udah pada rusak parah itu lho anggarannya...

masakan kita said...

ayo semangat menyongsong PIALA DUNIA...
PIALA AKHIRAT kapan ya ???
hohoho...

Ani said...

Hmm...tahun 2022 ya? masih 13 tahun lagi ? Semoga deh ..

IMAM MAKSUM said...

masak sichhh....?????????????
kapan guys??????????????
ya moga ja bisa.!!!

Kang Artha said...

Gini kang....bukannya saya meremhkan tapi kelihatannya sesumbar ini terlalu berlebihan Tuan Rumah Piala Dunia 2022...bahkan menurut saya terlalu dipaksakan...semoga saja nanti kalau hal ini memang benar-benar terealisasi tak ada kendala banjir ya...malu-maluin kalau misalnya mau betanding eh para pemainnya telat kena macet banjir..he..he

Dan lagi harapan saya tak ada yang protes mengenai pembangunan "stadiun yang megah", karena setahu saya indonesia biasanya selalu punya ungkapan yang cukup menggelitik "bangun gedung sebesar itu tapi rakyatnya masih kelaparan"...kan gak sinkron??????

Harapan saya target itu tahun itu memacu pemerintah agar bagaimana hal ini terealisasi tanpa menimbulkan polemik di masyarakat

lindung said...

yaaa.... kita doakan saja moga mimpi-mimpi PSSI kesampaian

aaLiL said...

waduh.. khayalan tingkat tinggi juga neh.. tp ya gak da salah nya punya angan2 seperti itu,, mudah2an aja kesampean gitu,,, hehee..

belajar dan berbagi

G said...

Dear Budiawan, hehe, karena ga ada entri lain, so ini yg menjadi 'korban' valentine kali ini, wkwkwkwkwk!

Here goes!

I hope your Valentine’s Day is great.
I hope it’s quite a treat.
I hope you have a happy day
Filled with things so sweet.

This poem’s for you because I care.
I can’t get more specific.
Well, yes I can, and here I go…
I think you’re terrific!

GBU & Family!

taxmania said...

pgn jd tuan rumah piala dunia itu menurut sy cuma pgn cari jln pintas buat main di piala dunia...coz klo ikut kualifikasi sampe dunia kiamat pun paling2 indonesia gak bakalan lolos, bukannya pesimis tapi realistis..lha wong juara seagames atau piala tiger aja indonesia nyaris gak mungkin...ntar ikut piala dunia malah digunduli 10-0 apa gak malu2in..

udah deh klo menurut saya lebih realistis aja..naturalisasi aja itu el loco gonzales, abanda herman, bio paulin, beto gonzalves, ronald fagundez..dll
italia aja yg udah berkali kali jadi juara dunia aja masi sering naturalisasi..lha indonesia kok malah sok2an nasionalis..

Bintang said...

bola lagi..bola lagi...hhmmm no comment ahhh

alief said...

bukan aku tidak mendukung untuk kemajuan olah raga kita, atau merasa pesimis, tapi sudahkah kita berkaca???

bagaimana kondisi sosial ekonomi kita??

dari pada untuk biaya mbangun stadion yang besar besar dan melobi badan persepakbolaan dunia, mending buat membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan mutu pendidikan kita.....

PSSI terlalu kemaruk, orang sepak bola kita ajah masih ajang adu jotos, bukan ajang bermain bola.....

mayka risyayatul said...

iya, nih..
Indonesia berani mencalonkan diri, tapi saya rasa blom siap utk itu.
Tim yang mengurus ini juga dibagi-bagi.
Bahkan saat akan diwawancarai, salahsatu anggota tim bingung dan bilang,"coba tanya sama bapak yang disana.."
Itu artinya blom ada kesiapan dari pihak PSSI sendiri.
Kalopun bisa, seharusnya GBK dan stadion2 lain di Indonesia harus direnoasi..
:D

Yoyo' said...

semoga impian yang akan jadi kenyataan.....

bdh said...

bukannya saya apriori sama rencana yang melambung tinggi dan mimpi besar tetapi lha mbok ya tahu diri gitu loh, PSSI ini agak kebangetan emangnya, sudah pengurusnya gak pernah ganti, rpestasinya gak pernah ganti, trus sekarang bikin sensasi lagi hhhh sedih ngedengernya :-)

bangari said...

kalo kita pengen maju kadang kita harus bermimpi dulu ... siapa tahu dengan kita berangan2 jadi tuan rumah piala dunia dengan tekad dan semangat serta dukungan dari berbagai pihak siapa tahu mimpi itu bisa jadi kenyataan ...

alhayat said...

kompas sabtu ini jg ad berita Indonesia berniat mencalonkan diri d piala dunia 2022.
nampaknya p nurdin halid pengen buat "gebrakan". tapi mimpi kali yee

goresan pena said...

kita boleh optimis sih...tapi harus realistis lah...hahhahah...tul nggak?

urusin aja sistem pendidikan yang kacau...buruh yang banyak di PHK dan masalah internal...

halah....nggak tau deh...bicarain indonesia, bikin malu ajah...palagi sepakbolanya...

dhyarga alfin said...

Mungkin!...Gak mungkin!...Mungkin!...Gak mungkin!...*lagunya project P*

Chiprut said...

asal ada kemauan dan usaha, pasti bisa, ayo kita dukung.
hidup negeriku!

Zippy said...

Nggak ada yang nggak mungkin sih...
Toh masih cukup lama untuk merubah keadaan :D

Teky Widjaja said...

wah tapi bro ada kemungkinan kiamat duluan loooh wakakaka (tapi moga2 nanti dulu, nunggu gue tua dulu hehehe)

Rumah Islami said...

benahi dulu timnas ya baru jadi tuan rumah yang baik ... sekali tepuk jadi juara dunia dan penyelenggara piala dunia :)

kakve_santi said...

gak penting bikin piala dunia...rusuh suporternya...
bentrok terus...
bener uh pak polisi...masukin penjara aja..biar kapok,,,
main tinju koq dilapangan bola....

biongo said...

kalo menurutku sih daripada uangnya dibuat habis buat persiapan menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, mendingkan uangnya dibuat Piala Dunia Kontes SEO aja dengan pesertanya yang se-dunia dan teknik yang beraneka ragam pasti seru tuh... he3x

Lagi ngapain hari minggu gini om budi?!

deny_jail said...

mampir....

awan_clickerz said...

hiks...
indonesia sudah mulai berani BERMIMPI
dan suatu saat itu akan menjadi kenyataan..
entah 2022 atau 3022..

BERANILAH BEMIMPI...>realita

Yup !

bunda 4zka said...

Hemmm.... gmn ya??
jdi bingung nih mo komen apa ttg indonesia :)

belajaran said...

paling tidak indonesia sudah berpartisipasi di Piala Dunia. HAHAHAHAHHA9

artofreed said...

Cita2 Indonesia hebat... Salluuuuuut buat PSSI.

Tapi di ASEAN saja kita No.3 ya ?!...

yang penting maju teruuuuus sepak bloa Indonesia....

andi said...

Kenapa tdk....Mari kt doakan bersama2. Semua ada jalannya..

TradingBoss said...

Mantap.. sudah masa nya salah satu negara Asia tenggara menjadi wakil
syabas Indonesia

Harry Seenthings said...

wah kalo ini benar terjadi kang...ckckckckckc sungguh ruar biasa kang

neneng said...

kapan nih kang beritanya akan terbukti...lam kenal yah kang

Game_Lover said...

Keren tuh indonesia jadi tuan rumah piala dunia, dkt and ga ngabisin duit tuk ke luar negri segala...!

Keren mas postingannya :D

tikno said...

Semoga tidak terlalu memberatkan keuangan negara kita

azwinner said...

cayoooooo indonesia

Atca said...

wahh masih lama yah...

Moga2 aja terlaksana dehhh...
kita harus bangga dong kalo sampai terwujud..buat maju kita harus optimis...kalo semua dipikirin kurangnya/jeleknya yah kapan bisa maju??

Buat Indonesia maju terus pantang mundur dehhh

bacablog said...

pagi.. Bang Budiawan, salam kenal dari BacaBlog :)
masih 2022, masi cukup waktu untuk berbenah, PSSI harus punya impiab :D

[FRESH]
mau blogwalking? mau baca posting terbaru dari blogger?
atau.. mau kenalan, titip salam, dan lihat foto blogger lain? dateng aja ke http://bacablog.com

ingin pemikiran Anda mengispirasi orang lain?
atau.. meningkatkan pembaca dan link ke blog Anda?
daftarkan blog Anda di http://bacablog.com

samuel said...

wah benar macan neh pssi!pasang target gak tanggung2..bagus seh, asal sadar diri aja..hehehe..

reallylife said...

harus optimis pak
Indonesia pasti bisa juga maju kok
bener khan???
sekalian mau ngundang ikutan acara bloggersumut sama Telkomsel pak
mampir di bloggersumut.net untuk info lebih lengkapnya
terima kasih

attayaya said...

mungkin secara fisik bisa dikerjakan.
tapi secara prestasi ... sangat meragukan

contohnya riau yg bentar lagi jadi tuan rumah PON.
sekarang lagi ngejar pekerjaan fisik, karena duit APBN-nya banyak.
untuk prestasi? wallahualam

prasarana fisik aja yang dikejar belum tentu menghasilkan prestasi yg bagus. Prestasi olahragawan perlu dibina bukan dibinasakan. Serta tingkah pola laku + sikap masyarakat penikmat olahraga juga perlu dibina. Jangan masuk ke lapangan utk ngroyok wasit ato pemain.

semoga Indonesia jadi lebih baik.

attayaya said...

sama kek david di komen no 3, di Pekanbaru - Riau juga lagi dibangun stadion besar di dalam suatu komplek olahraga.
Ntar kalo sempet aku mo mosting review tempat2 yg bakal dijadikan sarana olahraga pada PON XVIII di Pekanbaru -Riau

bisnisway said...

bercermin sadar diri, berbenah dari sekarang, masih mungkin saya rasa.. optimis aja... salam merdeka!

abang said...

Orang Indonesia itu (PSSI) mememang suka bercanda ..

mad max said...

semoga bukan mimpi....

roemly said...

moga... bisa.... keren tuh....

adel said...

wah hebat dunk klo indonesia jadi tuan rumah.. heboh in seru???

arya winata said...

menurut saya sich,,

PSSI beserta penggurusnya punya pemikiran

yang mungkin jauh untuk di jangkau oleh pemikiran orang awam...

memang masalah penggeluaran dana kita lihat sangat besar,,

PSSI pastinya sudah memperhitung kan

seberapa banyak pula dolar yang akan di rauk oleh indonesia nanti,,,

dan kita juga ga akan tau berapa banyak orang yang akan di untung kan oleh PD nanti,,

yach harapan saya sich moga aja bisa terlaksana indonesia menjadi tuan rumah PD, { biar cendol, empek2, gado2, sate, lebih di minati sama turis, hehe } ngarep !!
salam Damai,

Achiles said...

kalo emang bener ada kepastian, aku ntar pesen tiket dari tahun 2020 deh hehehe....Wah tapi Christian Ronaldo dah gantung sepatu tuh kalo tahun 2022... :(

hitsu said...

PSSI mw bwt dagelan aplg ni.. Klub indonesia aj dilarang tampil mulu di liga champions asia gara2 telat daftar.. =_=

pencari cara sukses adsense said...

Orang bisa terbang ke bulan kan dari immpian dulu kan ???? jadi salut buat pssi, tapi semoga ini impian bukannya mimpi hehehehe

idotkontji said...

keren bagnet blognya.. mantappppppfff....

Dewa said...

semoga kita bisa.....
kalo kita jadi tuan rumah piala dunia setidaknya nanti kita punya lapangan kulaitas internasional yang banyak.....

ranie said...

y liat aja ntr gmn
2022??luamaaa nya...

pompiez said...

bagaikan pungguk merindukan bulan
Masih banyak permasalahan sepakbola indonesia yang belum bisa diselesaikan.

Knp gak ngurusin itu aja daripada mikir yg muluk2 mencalonkan diri jadi tuan rumah piala dunia.

Mulai dari masalah kepengurusan, sarana & prasarana, liga yg aneh sampai suporter yang nyeleneh.

Knp org2 di PSSI sana gak mau memikirkan gimana caranya supaya sebagian org indonesia mau datang ke stadion. Duduk tenang nonton pertandingan yg apik disamping gadis cantik trus pulang dgn senang tanpa harus takut mobilnya digores ama salah satu supporter yg mgkn kecewa karena timnnya kalah.

Org kok mikirnya yg susah2 ya ? tul gak ?

Monique said...

Bandung dong biar gak jauh2 nontonya...qqqq

gdpermana_poison said...

aminnnn... semoga kesampean biar banyak yang kebagian perputaran uang piala dunia...

Nyante Aza Lae said...

asal jangan mpe rusuh aja..
krn mental bangsa kita msh suka mrusuh..malu2incomo

Faiz Robbani said...

jangan kecil hati indonesia pasti bisa!!!!

erwinyustiawan said...

walaupun begitu....tetap dukung bangsa indonesia..apalagi maju dalam hal yg positif..ga ada salahnya kita support..:)

Lombok Ijo said...

Indonesia pasti bisa....!!

Kalau dulu pernah Jaya...
Kalau dulu pernah berjuang untuk merdeka..
Kalau dulu pernah Di segani Negara lain..

Kenapa sekarang kita tidak mencoba memulainya lagi.. dari hal yang sekecil apapun...


Bravo Indonesia.....

Anonymous said...

YA.....!!! JANGAN CUMA MIMPI DONG...!
bangun dan jadikan kenyataan DONG...!
jangan tidur melulu..........DONG...!
nanti cuma mimipi............Dong...!
DONG..DONG...DONG..DONG......DONG...!
Aku dukung PSSI supaya Th2022 bener-bener jadi tuan rumah PIALA DUNIA. siapa sih...! yang gak' bangga negaranya jadi tuan rumah PD 2022. kan itu bisa membuktikan kepada negara lain bahwa INDONESIA merupakan negara yang harus disegani..!
Ora meng di ece wae.......
ayooo... PSSI aku mendukungmu
salam kanggo pasukan suporter bantul militan (PASERBUMI)...
iloveyou.
dari korwil dlingo

PutraDaerah said...

Pekanbaru juga siap koq , membangun stadion dengan KAPASITAS lebih dari INTERNATIONAL punya ,,

terletak di didepan RiauInfo.net
proses pengerjaan udah sampai pada tahap 25,5%

jadi jangan takut ,, ,MAJU PERSEPAKBOLAAN INDONESIA ,, !
MERDEKA ,!!
atas nama Bangsa Indonesia ,,
dan atas nama Anak cucu bangsa Pekanbaru donk!! Kita rebut PIALA DUNIA 2022,,!!anak dan istrimu menanti dirumah,, CEPAT PULANGG BG TOYYYIBB!!

hihihiih

Anonymous said...

Gw si bangga indo jdi tuan rumah piala dunia.....kira kira anak gw yg baru usia sepuluh bulan...dipasangga kga sma pssi

Anonymous said...

DI Bogor Tambah Donk Stadion Bola
Terutama Rawat Tuh Lapangan GOR
Yang
Masa Kalah Sama Afrika Selatan Sich
Indonesia Mah Miskin Lapangan