Inilah 5 langkah SEDERHANA untuk menjaga kesehatan JANTUNG

5 langkah mudah menjaga kesehatan jantung

Hari ini, Sabtu 5 Februari 2011, hampir seluruh media di Indonesia, baik itu cetak, media online maupun televisi, memberitakan tentang meninggalnya Raden Pandji Chadra Pratomo Samiadji Massaid atau yang biasa dikenal dengan Adjie Massaid. Diduga Adjie Massaid meninggal karena serangan jantung. Adjie merupakan anggota DPR dari fraksi Demokrat meninggal di usia 43 tahun di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Dikabarkan, kondisi Adjie sebelumnya baik-baik saja, dan bahkan sempat bermain futsal. Penyakit jantung ataupun serangan jantung sering disebut dengan “silent killer”. Disamping kita harus mengenali tanda-tanda serangan jantung, maka kita juga perlu menerapkan langkah sederhana untuk menjaga kesehatan jantung.

Salah satu faktor pemicu penyakit jantung adalah pola makan yang tidak sehat, disamping faktor-faktor lain seperti faktor usia, obesitas, merokok, dan lain sebagainya. Selain menjaga pilihan makanan atau pola makan, ada beberapa cara mudah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Holly Andersen, Direktur Edukasi pada Yayasan Jantung Ronald O Perelman di New York memberikan 5 langkah yang mudah diterapkan dalam menjaga kesehatan jantung.

  • Langkah 1 menjaga kesehatan jantung: Ketahui angka
    Pertama-tama, tidak ada salahnya untuk mengetahui berapa angka tekanan darah, kadar kolesterol, dan kadar trigliserida dalam tubuh kita. Dengan demikian, kita akan terpacu untuk mengubah beberapa kebiasaan (buruk) dan mulai memperhatikan jantung.
  • Langkah 2 menjaga kesehatan jantung: Mulailah berjalan
    Olahraga adalah kunci untuk tetap sehat dan awet muda. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Dengan berjalan kaki ringan selama 20-30 menit dalam beberapa hari dalam seminggu tentu tak terlalu memberatkan. Lakukan segera! Bila masih ada timbul rasa malas, coba simak hal berikut ini, dengan berjalan kaki ringan sangat efektif mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persennya!
  • Langkah 3 menjaga kesehatan jantung: Tertawa lepas
    Siapa yang tidak suka tertawa. Terbukti bahwa tertawa merupakan obat yang paling manjur. Beberapa penelitian menyebutkan, jika kita tertawa selama 15 menit, hal ini sama dengan melakukan aerobik selama 30 menit dengan manfat yang sama bagi kardiovaskular kita. Selain itu, diketahui pula bahwa tertawa menyehatkan fungsi pembuluh darah, meningkatkan hormon pada otak yang turut meningkatkan “mood” serta mengurangi rasa sakit dan cemas. Tapi perlu diingat, janganlah tertawa sendirian ditengah keramaian. Bahaya.
  • Langkah ke-4 menjaga kesehatan jantung: Fokus pada pinggang, bukan berat badan
    Disebutkan bahwa lingkar pinggang merupakan patokan yang lebih cocok untuk mengetahui keseluruhan kesehatan kita dibandingkan berat badan. Hal ini disebabkan, karena lemak pada pinggang bisa berpengaruh pada banyak hal seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan risiko tinggi diabetes.
  • Langkah ke-5 menjaga kesehatan jantung: Tidur malam yang nyenyak
    Fungsi dari tidur sangat penting bagi kesehatan kita, karena tidur merupakan salah satu aktivitas paling krusial dari seluruh rutinitas kita. Jika kita kurang tidur maka dapat meningkatkan tekanan darah, meningkatkan nafsu makan, memicu stres, dan memperlambat metabolisme tubuh. Jadi, sejak sekarang mulailah mengusahakan agar kita bisa tidur malam dengan nyenyak sehingga kita dapat menjaga kesehatan jantung.

arrow_down3

Jalan Kaki, Menjinakkan Sembilan Penyakit!

Susu memicu osteoporosis?

dari berbagai sumber / gambar: google.com

3 komentar:

pepep said...

ternyata untuk menjaga kesehatan tidak perlu ongkos yang mahal, kalo kita tahu caranya. trima kasih infonya, sangat berguna sekali nih

sanman said...

wah thx tipsnya pak!
kebetulan teman saya ada yg sakit jantung jadi makasi banget tipsnya...

phone said...

keren tu
saya suka post nya.........