06 January 2011

Empat Tanaman yang SEHAT dan AMAN untuk di dalam rumah

tanaman_sehat_aman

Seringkali memiliki tanaman hidup di dalam rumah merepotkan pemilik rumah karena tanaman ini harus dikeluarkan saat malam hari. Bila tidak, maka tanaman ini bisa menjadi racun, karena mengeluarkan karbondioksida di malam hari dan malah menyerap oksigen. Tapi tidak perlu khawatir, karena ternyata ada jenis tanaman yang bisa menghasilkan oksigen di malam hari – walaupun tidak ada sinar matahari – sehingga tanaman ini aman untuk ditempatkan di dalam rumah.

Sebaiknya pada saat malam hari, tanaman memang harus berada di luar rumah, karena sifat alami tanaman akan menghasilkan karbondioksida (CO2) di malam hari. Dengan menempatkan tanaman di dalam rumah maka bisa membuat orang susah bernafas dan bahkan berebut oksigen di malam hari. Sesuai informasi dari gardenguides, maka berikut ini beberapa contoh tanaman yang sehat untuk diletakkan di dalam rumah.

1. Lidah Mertua (Sansevieria atau Snake Plants)

lidah_mertua_tanaman_sehat_aman_dalam_rumah

Dari semua tanaman yang menghasilkan oksigen, tanaman lidah mertua cukup unik karena mampu mengkonversi karbondioksida menjadi oksigen di malam hari, sehingga sangat ideal untuk diletakan di dalam rumah dan kamar tidur.

Tanaman ini cukup efisien untuk membersihkan udara dan juga menghilangkan formaldehida (metanal) di udara. Selain itu, dalam perawatannya juga memerlukan banyak sinar matahari.

2. Kaktus Natal (Christmas Cactus)kaktus_natal_tanaman_sehat_aman_dalam_rumah

Spesies dari tanaman kaktus ini juga menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida di malam hari. Ini membuatnya juga ideal ditempatkan di dalam rumah ataupun di kamar tidur, karena oksigen yang segar dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak.

3. Bunga Gerbera Daisy (Aster)

bunga_gerbera_daisy_tanaman_sehat_aman_dalam_rumah

Bunga gerbera yang berwarna cerah dan termasuk dalam famili Aster ini juga dapat melepaskan oksigen di dalam hari. Bagi orang yang menderita insomnia atau gangguan tidur apnea, meningkatkan jumlah oksigen di dalam ruangan dapat mencapai tidur yang lebih dalam dan nyenyak.

4. Philodendron

philodendron_tanaman_sehat_aman_dalam_rumah Menurut CleanAirGardening.com, tiga spesies Philodendron dievaluasi oleh NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) sebagai salah satu tanaman yang dapat membersihkan udara dan baik untuk kesehatan.

Dengan daun yang lebar dan subur, philodendron juga merupakan tanaman yang sehat dan aman untuk ditempatkan di dalam rumah karena menghasilkan oksigen yang banyak dan menyaring polutan di dalam rumah.

Artikel Kesehatan

Buah Sirsak sebagai obat kanker?

Susu memicu osteoporosis?

sumber: gardenguides, kompas / gambar: google.com

Artikel Terkait, Silahkan Dibaca:

7 komentar:

BHW said...

it's really informative article.
thanks for sharing so i know more about this plant.

sichandra said...

tanaman philodendron juga di tanam di rumah ku sob ^_*

Dunia Informasi | Komunitas Blogger Mandau said...

ayoo , mari bersama kita sukseskan Indonesia Go Green , melalui langkah-langkah kecil seperti ini , mulai dari sekarang :)

Asis Sugianto said...

wah,, kebetulan yang poin pertama lidah mertua uda saya simpan di samping meja komputer saya, selain bagus konon juga dapat menyerap radiasi yang ditimbulkan oleh komputer,,,

BeeMouNTaiN said...

Philodendron tuh bunga asli indonesia bukan bang, ada nama daerahnya gak? tertarik nih pengen punya buat di kamar.

Yulis Samoa said...

Bunga Lidah Mertua atau Sansevieria atau Snake Plants, menjadi pilihan bunga deh buat saya..

Heni said...

Kebetulan di halaman rumah cukup banyak lidah mertua, mau ambil salah satu pot untuk di pajang di kamar deh ^^ Terima kasih infonya ^^