Bagaimana Cara Menyimpan Daftar Kontak Di Akun Gmail Saat HP Hilang?

Bagaimana Cara Menyimpan Daftar Kontak Di Akun Gmail Saat HP Hilang?

Handphone atau smarphone adalah sebuah perangkat yang dibutuhkan banyak orang saat ini. Saat kehilangan sebuah handphone maka ada kemungkinan semua daftar kontak yang Anda simpan akan hilang. Atau hal ini juga bisa terjadi kalau perangkat smartphone yang Anda gunakan rusak.

Sebetulnya Google sudah menyediakan fitur backup atau membuat simpanan data cadangan, namun banyak para pengguna Android tidak rajin untuk melakukan backup secara berkala. Dan Google sangat paham kalau pengguna berkemungkinan besar memiliki tingkah laku seperti itu.

Akhirnya Google menyediakan fitur sederhana dan lebih mudah agar setiap pengguna smartphone Android bisa lebih tenang karena daftar kontak mereka aman meskipun perangkatnya hilang atau rusak.

Caranya dengan menyimpan setiap kontak di akun Google atau Gmail yang biasa diminta saat baru menggunakan smartphone.

Fitur di atas hampir ada di setiap handphone atau smartphone merek apapun yang menggunakan sistem operasi Android. Hanya yang berbeda mungkin di sisi tampilan menunya.

Caranya juga sangat gampang. Berikut ini adalah cara menyimpan daftar kontak di akun Gmail secara sederhana:

1. Buka menu Kontak atau Panggilan

Misalnya, Anda bertemu dengan orang baru atau rekan lama atau bisnis yang kontaknya penting sekali. Anda bisa membuat kontak baru mereka lewat menu Kontak yang berisi daftar kontak atau lewat menu Panggilan.


Pada kedua menu tersebut, biasanya akan ada pilihan 'create new contact' atau artinya simpan kontak baru. Apabila Anda memilih lewat menu Panggilan maka Anda akan dialihkan ke halaman daftar informasi kontak yang ada pada menu Kontak.

2. Isi informasi kontak

Pada hamalan daftar informasi kontak, dianjurkan untuk terbiasa mengisi daftar informasi kontak dengan lengkap. Justru semakin lengkap informasi yang tersedia, memudahkan Anda terhubung ke kontak tersebut dengan beragam aplikasi Google, misalnya lewat layanan Gmail.

Umumnya pada halaman tersebut terdapat pilihan menu pengaturan atau opsi tambahan yang berisi pilihan dimana Anda ingin simpan kontak baru tersebut. Smartphone punya banyak pilihan yang disediakan, mulai dari memori kartu SIM 1 dan SIM 2, memori Google atau Gmail, dan memori layanan cloud.


Pilihlah opsi penyimpanan kontak Anda di akun Google, jika Anda menjalankan lebih dari satu akun Google diperangkat Anda maka pilih salah satunya. Jika informasi kontak yang ingin disimpan sudah selesai, pilih simpan. Selesai, kontak Anda akan aman tersimpan di akun Google.

Pastikan ketika Anda menggunakan smartphone baru, masukkan akun Google atau Gmail yang sebelumnya sudah Anda pergunakan untuk menyimpan kontak. Nantinya, secara otomatis daftar kontak yang lama akan muncul kembali.

3. Simpan daftar Kontak sebanyaknya

Keuntungan lain dari menyimpan kontak di akun Google adalah selama perangkat Anda terhubung internet maka daftar kontak akan di backup secara otomatis. Juga Anda memiliki daftar Kontak yang tidak terbatas.

Berbeda jika Anda menyimpan kontak di kartu SIM karena Anda hanya bisa menyimpan 200 kontak. Setiap satu kontak tidak bisa memiliki dua nomor sedangkan akun Google bisa menyimpan lebih dari 3 nomor untuk satu kontak.

Semoga panduan cara menyimpan daftar kontak di akun Gmail di atas dapat bermanfaat.

Daftar Free Member Video Tutorial Internet Marketing Dan Bisnis Online SB1M

0 komentar: