Harga Salah Satu Dari 5 Gitar Termahal Di Dunia Ini Adalah 35 Miliar

Harga Salah Satu Dari 5 Gitar Termahal Di Dunia Ini Adalah 35 Miliar

Sekitar 50 tahun yang lalu barulah gitar listrik pertama diproduksi. Maka tidaklah heran kalau gitar lama yang jelas memiliki nilai sentimental itu sangat laris dijual dalam setiap lelang. Berapakah harga gitar termahal di dunia saat ini?

Sama seperti mobil antik, maka gitar vintage ini semakin mendapat tempat di hati para kolektor. Harganya pun tidak bisa dibilang murah. Apalagi kalau gitar tersebut pernah dimiliki oleh para gitaris legendaris dunia. Harganya pasti bikin melongo.

Mau tau berapa harga gitar termahal di dunia saat ini?

1. Gitar termahal di dunia: Reach Out To Asia Fender Stratocaster

gitar termahal di dunia Reach Out To Asia Fender Stratocaster

Gitar ini telah dilelang oleh badan amal pada tahun 2005 di Qatar, guna mengumpulkan dana untuk korban tsunami saat program Road Out To Asia.

Ditandatangani oleh 19 rockers terkenal seperti Mick Jagger, Keith Richard, Eric Clapton, Brian May, Jimmy Page, David Gilmour, Jeff beck, Pete Townsend, Mark Knofler, Ray Davis, Liam Gallanger, Ronnie Wood, Toy Iommi, Angus dan Malcolm Young, Oaul McCartney, Sting, Ritchie Blackmore, Def Leppard dan Bryan Adam. 

Gitar ini terjual dengan harga US$ 2,7 juta atau sekitar Rp 35 Miliar

2. Gitar termahal di dunia: Jimi Hendrix’s 1968 Stratocaster

Gitar termahal di dunia: Jimi Hendrix’s 1968 Stratocaster

Pada tahun 1969, Jimi Hendrix menggunakan gitar ini saat konser Woodstock. Setelah itu Stratocaster milik Hendrix ini disimpan oleh pemain drum Mitch Mitchell. Gitar ini muncul kembali pada pembukaan Fender Artist Centre pada tahun 1990.

Di tahun yang sama pula gitar ini berhasil terjual di Sotheby s dengan harga US$ 198,000 atau sekitar 2 Miliar lebih.

Namun setelah itu, hadir desas-desus yang menyatakan bahwa Paul Allen, yang tidak lain adalah tangan kanan Bill Gates, membeli gitar ini dengan harga US$ 2 juta atau sekitar Rp 26 Miliar.

3. Gitar termahal di dunia: Bob Marley’s Custom Made Washburn 22 Series Hawk

Gitar termahal di dunia: Bob Marley’s Custom Made Washburn 22 Series Hawk

Gitar ini merupakan salah satu dari 7 gitar milik ikon reggae dunia Bob Marley. Harganya di kisaran US$ 1,2 juta sampai US$ 2 juta dan telah diklasifikasikan sebagai harta nasional oleh pemerintah Jamaika.

Pada tanggal 21 November 1971, usai manggung di Vancouver, Marley memberikan gitar tersebut kepada seorang teknisi gitar bernama Gary Carlsen sambil berkata: "Ambillah saja karena kamu akan mengerti suatu hari nanti."

4. Gitar termahal di dunia: Blackie Stratocaster Hybrid

Gitar termahal di dunia: Blackie Stratocaster Hybrid

Eric Clapton beralih dari gitar merek Gibson ke Stratocaster karena terinsiprasi oleh Jimi Hendrix di tahun 1970. Clapton membeli 6 buah gitar Strats vintage dengan harga Rp 1,3 Juta setiap satu gitarnya.


3 gitarnya tersebut ia berikan kepada George Harrison, Pete Townshend dan Steve Winwood. Kemudian 3 gitarnya lagi ia gabungkan menjadi satu gitar yang diberi nama Blackie, sesuai dengan warnanya yang gelap.

Blackie dimainkan pertama kali pada Januari 1973 hingga 1983. Clapton berhenti bermain gitar pada tahun 1985 karena masalah leher. Balckie kemudian dilelang dengan harga Rp 12 Miliar lebih untuk dana Crossroads Rehab Center.

5. Gitar termahal di dunia: “Lenny” Stevie Ray Vaughan’s 1965 Fender Composite Stratocaster

Gitar termahal di dunia: “Lenny” Stevie Ray Vaughan’s 1965 Fender Composite Stratocaster

Stevie Ray Vaughan menerima gitar ini dari istrinya pada tahun 1980 sebagai hadiah ulang tahun ke-26. Gitar ini dinamai istrinya, Lenny dan menjadi salah satu gitar kesayangannya.

Stevie Ray selalu menggunakan gitar ini hingga kematiannya pada 1990. Sekitar tahun 2004 gitar ini dilelang untuk tujuan mengumpulkan dana amal.

Fender Composite Stratocaster ini berhasil dilelang dengan harga US$ Rp 8,2 Miliar untuk Crossroads Rehabilitation Centre di Antigua.

para legendaris gitaris dengan gitar dengan harga tertinggi di dunia

Selain 5 gitar termahal di dunia di atas, masih banyak gitar yang dijual dalam pelelangan dengan harga yang fantastis. Diantaranya adalah gitar Jimi Hendrix "burned" 1965 Fender Stratocaster senilai US$ 560,000.00, dan Roy Rogers '1930 Martin OM-45 Deluxe dengan lelang senilai US$ 554,500.
Kebanyakan gitar vintage berhasil dilelang dengan kisaran harga US$ 100.000 sampai US$ 500.000 (today.line.me).

baca juga:


Cara Dapat Tips Internet Gratis Dan Daftar Free Member SB1M

0 komentar: