Catatan Kecil, Tips & Info Empat Hari Berobat di Penang

Tips & Info Berobat di Penang, Malaysia. Lambung saya sering bermasalah bahkan setahun yang lalu (2013) saya sempat diopname semalam di Rumah Sakit Columbia Asia Medan

Setelah dilakukan endoskopi maka dokter mengatakan lambung saya ada erosi/iritasi yang mungkin disebabkan efek dari obat-obat asam urat dan yang lainnya misal kopi dan makanan yang pedas dan asam.

Tahun ini, tepatnya Maret 2014 kembali saya diopname di rumah sakit yang sama, karena saya merasakan sesak nafas, keringat dingin, jantung yang berdetak cukup kencang dan dada serasa panas.

Kembali dilakukan endoskopi lambung serta CLO test maka dokter menyimpulkan saya terkena GERD dan ada bakteri H. Pylori di lambung saya.

Setelah diberikan antibiotik dan masih sering kambuh maka saya coba mencari second opinion ke rumah sakit di Penang. Pertimbangan saya berobat ke Penang adalah karena faktor jarak (dibandingkan ke Jakarta) dan biaya.

Berdua dengan istri kami browsing beberapa informasi rumah sakit di Penang dan testimoni orang-orang yang sudah pernah berobat ke Penang. Sesudah mendapatkan beberapa informasi, kami pilih dua rumah sakit yaitu Lam Wah Ee Hospital dan Loh Guan Lye Hospital.
Ingin mengetahui apa itu program bayi tabung di Penang? Baca di link ini Perjalanan panjang mendapatkan buah hati melalui program bayi tabung di Lam Wae Ee Hospital Penang Malaysia
Dari beberapa blog yang kami baca maka penginapan yang dekat dengan Lam Wah Ee Hospital adalah apartemen Mewah Court. Dan setelah beberapa kali SMS ke Lina (orang yang menyewakan kamar di apartemen tersebut) kami putuskan untuk menyewa 1 kamar di sana. Biaya sewa adalah RM 40 per kamar per malam.

Jarak dari Mewah Court ke Lam Wah Ee Hospital cukup dekat, dengan berjalan kaki maka ditempuh hanya sekitar 5 menit. Harap diingat bahwa jika mengingap di Mewah Court maka bukan kita saja yang menyewa tapi bisa ada pasien-pasien lain yang menyewa kamar yang lain. Jadi 1 unit bisa diisi sama 3 keluarga pasien yang berbeda.

Kami memilih Lion Air (walaupun agak ketar ketir karena Lion Air terkenal karena sering terlambat) tapi harga tiketnya lebih murah dibandingkan dengan Air Asia. Harga tiket Medan – Penang Rp. 750.000 (untuk berdua) dan Penang – Medan sekitar Rp. 1.000.000 (untuk berdua).

Hari Minggu, tanggal 20 April 2014 saya dan istri berangkat dari Medan jam 11.00 dan tiba di Penang International Airport jam 12.00 waktu setempat. Oya, kami sudah minta ke Lina untuk dijemput di bandara dengan ongkos taksi RM 30 dari airport ke Mewah Court.
  • Update (2 Desember 2015): Di tahun 2015 untuk penginapan di Mewah Court Penang kami menggunakan jasa Adrian Chong dan Meliana Panjaitan. Meliana adalah orang Indonesia suku Batak yang menikah dengan Adrian warga Penang dan sudah memiliki seorang putra bernama David.
  • Kedua suami istri ini sangat baik dan ramah. Kami sangat puas dengan service yang mereka berikan. Meliana berbahasa Indonesia sedangkan Adrian bisa berbahasa Inggris, Hokian dan Melayu
  • Unit dan kamar yang kami tempati juga bersih. Sewa kamar dengan kamar mandi di dalam adalah RM 55 per malam. Semua kamar memiliki penyejuk ruangan dan di unit yang kami tempati sudah tersedia ruang nonton (dengan fasilitas tv kabel), dapur yang dilengkapi dengan kompor gas, pemasak air elektrik, perlengkapan memasak, ruang cuci dengan mesin cuci. Alat strikaan juga tersedia. WiFi gratis. Sangat lengkap.
  • Adrian Chong dan Meliana Panjaitan dapat dihubungi di no HP/WA berikut ini: Adrian Chong (+6012 903 6135) dan Meliana Panjaitan (+6016 4590494). Jika Anda membutuhkan penginapan di Penang, kami merekomendasikan jasa kedua suami istri ini.
  • Anda dapat melihat kondisi apartemennya di link berikut ini: Penginapan Mewah Court Dekat Lam Wah Ee Hospital Penang Malaysia Untuk Berobat ke Penang

Setelah tiba di Mewah Court di gedung 98 lantai 10, karena perut sudah keroncongan maka kami mencari makan.

Penginapan Mewah Court Apartemen Di Penang

Tidak jauh dari Mewah Court ada rumah makan yang letaknya dipojokan. Ada beberapa pilihan jenis makanan, tapi saya putuskan untuk mencoba bubur ikan sementara istri memilih Char Kuey Teow. Oya, walaupun di rumah makan ini ada pilihan Nasi Kandar tapi sepertinya makanannya banyak yang non halal.

Selepas makan siang maka kami berjalan kaki ke Lam Wah Ee Hospital. Karena hari Minggu maka tidak banyak aktivitas saat itu. Kami hanya melihat-lihat saja. Sebelum kembali ke apartemen maka kami mampir ke mini market di dekat apartemen yaitu Eaton untuk membeli air mineral dan snack.

Resepsionis di Rumah Sakit Lam Wah Ee Penang

Keesokan paginya jam 06.15 kami sudah jalan menuju ke Lam Wah Ee. Jam 6.15 di Penang masih gelap, sama seperti jam 5 subuh di Indonesia. Kenapa harus berangkat sepagi itu? Karena sistem di Lam Weh Ee adalah kita harus mengambil nomor pendaftaran (nombor orang Penang bilang) terlebih dahulu.

Saat kami tiba maka antrian sudah panjang. Jangan lupa kalau kita pasien baru maka ambillah tiket untuk pasien baru di mesin tiketnya. Loket pendaftaran pasien baru, baru dibuka jam 07.00. Setelah menunggu kurang lebih 45 menit, maka kami melakukan proses pendaftaran. Untuk mendaftar jangan lupa membawa paspor.

Antrian Nomor Antri di Lam Wah Ee Hospital

Karena kami sudah mengetahui ke dokter mana kami akan berkonsultasi yaitu Dr. Low Eng Joo (Gastrologist) maka proses pendaftaran cukup cepat. Biaya pendaftaran RM 10. Dokter baru ada di ruang prakteknya sekitar jam 10.30. Kami sarapan di kantin rumah sakit tersebut. Selesai sarapan kami naik ke lantai satu dan setelah menunggu kurang lebih 1,5 jam maka tibalah giliran kami.

Tapi terus terang kami tidak puas dengan cara Dr. Low Eng Joo. Kesan kami dia sangat terburu-buru dan tidak mau mendengar latar belakang sakit saya. Di ruang prakteknya kami hanya sekitar 10 menit.

Saya hanya distetoskop sebentar lalu diberi resep. Hanya itu. Biaya konsultasi RM 60 diluar biaya obat. Setelah mendapatkan obat kami kembali ke apartemen. Dan ‘sialnya’ setelah minum obat dari dokter ini jantung saya malah berdebar-debar. Maka sekitar jam 4 sore kami kembali ke rumah sakit dan menanyakan ke dokter tersebut. Tapi jawaban dokter, obat yang dia berikan tidak ada efek ke jantung.

Cara dia memberikan jawaban sungguh tidak mengenakkan. Akhirnya saya putuskan untuk tidak meminum obatnya lagi. Malam itu, saya dan istri memutuskan kami akan ke rumah sakit Loh Guan Lye untuk cek di sana besok pagi.
Berobat sambil wisata di Penang? Kenapa tidak. Baca tempat-tempat wisata menarik di Penang di link ini: Jalan-jalan ke George Town dan Tempat-tempat Wisata di Penang | Catatan Perjalanan Penang
Keesokan harinya, Selasa, 22 April 2014, sekitar jam 7 pagi kami berangkat ke Loh Guan Lye Hospital dengan taksi. Ongkos taksi RM 15. Kami tiba jam 07.30, loket pendaftaran baru akan dibuka jam 08.00.

Kami coba tanya-tanya ke bagian resepsionis kira-kira dokter mana yang dapat kami temui. Petugas di bagian resepsionis ini sangat ramah. Dia sarankan untuk konsul ke Dr. Chin Kuen Loong (Gastroenterologist & Physician). Dokter ini baru ada di ruang prakteknya jam 11.30 – 12.00 karena biasanya di pagi hari dia melakukan endoskopi.

Resepsionis Loh Guan Lye Hospital Penang

Ruang praktek Dr. Chin ada di lantai 5 di gedung baru. Suasana di rumah sakit ini sangat nyaman. Agak berbeda dengan di rumah sakit Lam Wah Ee. Mungkin karena rumah sakit ini adalah murni swasta sedangkan Lam Wah Ee adalah rumah sakit swasta non profit.

Saya mendapatkan giliran sekitar jam 12 siang lebih. Saya berdoa semoga dokternya jangan seperti yang di Lam Weh Ee. Dan saya bersyukur Dr. Chin sangat ramah. Dia mau mendengarkan, komunikatif dan jauh dari kesan terburu-buru.

Saya tunjukkan hasil endoskopi saya di RS. Columbia Medan dan dia coba analisa serta sarankan untuk cek jantung. Menurut dia, gejala yang saya rasakan adalah lebih ke GERD tapi untuk memastikan maka dia memutuskan untuk mengecek jantung saya. Serta besok pagi untuk melakukan cek darah.

Saya dirujuk ke Dr. Na Boon Seng (Cardiologist & Physician). Setelah bertemu dengan dokter ini, maka jantung saya discan dan echo sound serta treadmill. Pada saat di echo sound, saya mendengarkan suara jantung saya. Cukup seram juga ternyata. Hasil dari test jantung, dokter menyimpulkan jantung saya semua normal.

Hari Rabu, 23 April 2014 pagi hari jam 08.00 kami kembali ke Loh Guan Lye untuk test darah. Karena dokternya baru ada jam 12.00 siang, maka kami jalan-jalan di sekitar Macalister Road (lokasi Loh Guan Lye). Ada beberapa toko makanan dan kue-kue khas Penang.

Toko Ghee Hiang Penang

Toko Kue Ban Heang Penang

Jam 11.30 kami kembali ke rumah sakit. Jam 12.30 kami masuk ke ruangan Dr. Chin. Kami info kalau hasil test jantung semua OK. Dan Dr. Chin menyebutkan semua hasil test darah adalah OK.

Jadi kesimpulan Dr. Chin adalah saya memang hanya terkena GERD. Dr. Chin juga info kalau bakteri H. Pylori bisa hilang tapi penyakit maag/lambungnya agak susah, karena ini terkait dengan apa yang kita makan dan pikiran/stress.

Setelah dia memberikan obat, maka dia sarankan untuk 1 bulan kemudian kembali untuk melakukan ‘blowing test’ atau UBT (Urea Breath test), untuk mengetahui apakah bakteri H. Pylorinya masih ada atau tidak. Saat saya tanyakan apakah saya bisa mendapatkan email address-nya, dia tidak keberatan. Hanya saja dia bilang, kirim saja ke email rumah sakit dengan ditujukan ke dia, nanti akan balas. Dan ini memang terbukti.

Malam harinya kami kirim email menanyakan mengenai obat, maka besoknya bagian customer service Loh Guan Lye sudah membalas. Biaya konsultasi di Loh Guan Lye Hospital RM 70 (lebih mahal sedikit dibandingkan dengan Lam Wah Ee), serta biaya pendaftaran RM 7. Tapi biaya konsultasi kedua (follow up) dengan Dr. Chin maka saya hanya dikenakan RM 40.

Pelayanan di Loh Guan Lye Hospital lebih baik jika dibandingkan dengan Lam Wah Ee. Saya tidak mengatakan bahwa semua suster, petugas, dan dokter di Lam wah Ee tidak baik. Mungkin saja dokter yang saya temui memiliki sifat yang saya sebutkan di atas dan dokter-dokter lainnya bisa saja tidak seperti itu. Karena di Loh Guan Lye ada juga koq petugasnya yang rada jutek.

Penang sangat mengandalkan devisanya dari ‘wisata’ berobat. Kalau soal tempat wisata, saya rasa Indonesia jauh lebih bagus. Secara keseluruhan petugas-petugas di rumah sakitnya baik dan ramah karena mereka tau jika mereka tidak ramah, akan ditinggalkan.

Oya, pasien di Lam Wah Ee bisa dikatakan 80% adalah orang Indonesia (kebanyakan orang Medan). Demikian juga di Wisma Court. Jadi tidak heran kalau kita akan sering bertemu dengan orang Indonesia (terutama orang Medan baik Batak, Tiongkok, India dan suku lainnya) di Lam Wah Ee dan Wisma Court. Sedangkan di Loh Guan Lye Hospital agak jarang kita bertemu dengan orang Indonesia.

1. Sebelum berobat ke Penang, usahakan mengirim email ke rumah sakit ini dan menceritakan sedikit mengenai sakit yang kita idap dan menanyakan ke dokter mana yang tepat. Pihak rumah sakit pasti menjawab dan memberikan informasi dokter yang dapat ditemui untuk konsultasi.

2. Internet di Lam Wah Ee gratis, sedangkan di Loh Guan Lye harus memasukkan password. Password bisa didapat di meja resepsionis.

3. Usahakan sudah memiliki tiket pesawat pulang dari Penang ke Medan, karena di beberapa blog saya baca petugas di Bandara Kuala Namu Medan pasti menanyakan tiket balik dan akan dipersulit jika tidak punya.

4. Satu unit apartemen di Mewah Court biasanya terdiri dari 3 kamar, 1 kamar dengan kamar mandi di dalam dan 2 kamar kamar mandi di luar. Semua kamar dengan pendingin ruangan (AC). Disediakan mesin cuci dan dapur untuk masak. Sewa kamar dengan kamar mandi di dalamnya kalau tidak salah RM 55 per malam.

5. Disekitar Mewah Court banyak tempat makan, mini market (Eaton) serta pasar yaitu Pasar & Balai Rakyat Batu Lancang. Jadi bagi yang karena pengobatan dan membutuhkan waktu yang lama misal 1 bulan atau lebih dapat berbelanja sayuran dan lain-lain ke pasar ini.

Pasar Batu Lancang dekat Mewah Court Penang

6. Semua taksi di Penang tidak menggunakan argo (meter). Jadi sistemnya adalah tawar menawar. Jika ingin menggunakan taksi sebaiknya tanya-tanya dulu ke orang setempat misal satpam untuk menanyakan kira-kira berapa ongkos taksinya. Taksi di Penang ada yang resmi (artinya memiliki nama dan logo) dan ada taksi gelap (milik pribadi). Biasanya sih supir taksi jarang yang melakukan penipuan.

7. Loket pendaftaran di Loh Guan Lye Hospital buka jam 08.00. Dan biasanya antrian ada di loket no. 4. Jadi kalau tiba di sana, antrilah di loket ini. Jangan di loket nomor yang lain.

8. Saya menduga karena pasien Dr. Low Eng Joo di Lam Wah Ee sangat banyak maka kesan buru-buru itu timbul. Saya coba menghitung kira-kira ada sekitar 50 pasien hari itu yang konsul ke dokter ini. Praktek tutup jam 5 sore.

9. Untuk menghemat biaya transportasi selama di Penang, kita bisa menggunakan bis. Biayanya sekitar RM 1.40 ke atas (tergantung jarak). Semua bus di Panang akan berhenti di Komtar (Kompleks Tun Abdul Razak). Komtar ini semacam hub/terminal bis. Jadi misal kita dari Mewah Court mau ke Gurney Plaza, maka bisa menggunakan bus no. 11 ke Komtar (biaya RM 1.40). Dari Komtar ke Gurney biayanya Rm 1.40 (saya lupa bis nomor berapa).

Kompleks Tun Abdul Razak KOMTAR Penang

Kuliner di Gurney Drive Penang

10. Di Komtar juga ada beberapa mal yang bisa digunakan untuk cuci mata, misal Prangin Mall. Ada juga lho toko yang menjual alat-alat bantu sex baik untuk pria maupun wanita di sana. Kalau ingin mal yang agak berkelas, bisa ke daerah Gurney.

11. Di Lam Wah Ee Hospital biasanya ada orang yang menawarkan jasa penginapan di Mewah Court serta kartu handphone.

12. Jika hanya untuk cek darah, di Indonesia juga sudah cukup bagus. Tapi kalau ingin sekalian jalan-jalan dan cek darah, di Lam Wah Ee Hospital sudah cukup. Jika kurang puas bisa juga ke Loh Guan Lye Penang. Biayanya kurang lebih sama.

cara mendapatkan income dari online gratis

Sun Yat Sen Centre Penang

Toko Kue Ghee Hiang Penang

Obat Herbal Penyakit Raja Singa said...

wah,,cara berobatnya lebih rumit ya,harus konfirmasi lewat email dulu,,,

Obat Herbal Penyakit Osteoporosis said...

saya belum pernah berobat di rumah sakit sebesar itu,,,di indo ada yang gtu ga bang?
hehe

admin said...

@Obat Herbal: konfirmasi via email sih ga perlu. kalo langsung ke sana juag gpp koq. ntar pas pendaftaran bisa diterangkan apa keperluan dan sakit kita. nanti akan diinfo ke dokter mana utk konsultasi.
sebetulnya rumah sakitnya sih ga gede2 banget. RS di Jakarta malah ada yg lebih gede..

Anonymous said...

Semoga sehat-sehat selalu Mas Budiawan.
Salam kenal dari Adelays,
Sekalian memberikan informasi kalau berminat ikut lomba ngeblog berhadiah Rp. 12.500.000, saya share disini :

dea said...

Pernah endos di penang? Sakit tidak?

admin said...

@Dea: endos maksudnya endoskopi kan? saya proses endoskopi semua sama. saya belum pernah endos di Penang. Hanya di RS Columbia Medan. Saya pilih yang bius lokal, hanya di semprotkan cairan di rongga mulut. tidak ada rasa sakit. cuman rasa tidak enak aja saat selang endos masuk ke kerongkongan kita. kadang kita merasa kayak keselek. karena saya tdk dibius total, maka saya bisa melihat hasil endos di monitor. prosesnya sekitar 10 menit.
semoga membantu.

citra said...

Saya bulan mau berobat juga ke Lam Wah Ee, bolehkah saya meminta contact Ibu Lina (Mewah Court) ? Trims.

edy ginting said...

Ni sy lg di lam wah ee, bpk sy aja operasi, terdapat nanah kental di paru2, yg menghambat paru2 berkembang, skrg nanah kental itu sdh dibersihkan,n paru2 sdh mulai bs berkembang, 1 bln lbh di adam malik, sempat gagal operasi, hsl ct scan herna menyatakan ada tumor di paru dan disarankan utk kemo n sinar di adam malik,ooopss no, kami putuskan utk ke lam wah ee, ternyata bkn tumor, begitulah perbandingan rumkit kita dengan rumkit di penang,

tita said...

Kami ada rencana ke penang mgg depan, namun utk tgl kepulangan belum berani book, krn takutnya berubah ubah. Gmn ya, kmrn langsung ambik tiket pulang jg ga?

nikky said...

Halo bg budiawan, rencana mgg dpn kami mau ke penang periksa benjolan di payudara adik sy. Di mdn dan bandung di diagnosis sbg FAM atau tumor jinak dan harus diangkat. Tadinya mau ke LWHE saja, namun jadi pertimbangkan kembali ke Loh Guan Lye, menurut abg, sbrp mahal kan LGLye dibanding LWHE?, krn kami jg sgt mempertimbngkan biaya. Salam

jusman83 said...

Boleh minta no hp penginapan wisma court? karena saya mau rencana berobat ke lam wah e, saya mau di wisma court..

boleh saya minta no hp yang bisa di hubungi di wisma court, saya mau nginap di wisma court. selasa besok saya mau berobat ke lam wah e. Terimakasih

Unknown said...

salam kenal lae. next month mau bawa mertua berobat. sudah pernah tahun lalu ke loh guan, bolehkah sy minta nomor telp/email mrs. nina (penyewa apartemen)? kami berencana mau sewa apartemen. mauliate godang. andreas (andreas_tobingsen@yahoo.com)

heppi diana said...

Trims infonya. Sangat bermanfaat

Unknown said...

Ito Budiawan,, bisa minta nmr Lina yg menyewakan Mewah Apartemen?

Anonymous said...

ada nomor telepon yang bisa dihubungi untuk penyewaan kamar di Mewah?

@Citra: maaf saya baru balas. No. HP Lina di Mewah Court +60146022688

@Edy Ginting: semoga ayahnya semakin sehat.

@Tita: booing aja. Nanti kalau ada perubahan bisa di reschedule di Penang.

@Nikky: sebetulnya tidak terlalu mahal juga di LGLye. beda-beda dikitlah.

@Jusman83: No. HP Lina di Mewah Court +60146022688

@Andreas Tobing: salam kenal juga lae. maaf kalau baru balas. No. HP Lina di Mewah Court +60146022688

@Heppi Diana: sama-sama mbak

@Duma Simanungkalit: No. HP Lina di Mewah Court +60146022688

Bg mo nanya..
Kslo nukar rupiah ma ringgit di penang mhl gak?
Dgr2 dsana mhl..
Pa baiknya kita tukar ja di indo?

Anonymous said...

Kalo nukar ringgit..baiknya di indo ato sama aja harganya antara penang n indo.?
Dgr2 disana mahal ya..

Skrng kondisi bang budi bgm?dah sehat?
Mama saya jg mengalami masalah dengan pencernaannya dan mau berobat ke penang, tp bingung nentuin dokter dan rs mana yg bagus...boleh minta saran bang kmn ya yg bgus? Thx

nopio said...

Hi Budi boleh tau biaya endoskopi dgn Dr chin perkiraan brp? krn saya planning mau berobat disana.thanks

hi budi,blh tau kira2 biayaendoskopi disana brp? krn saya planning mau berobat kesana. thx

Anonymous said...

Hi..klo boleh tau Dr. Chin itu jadwal prakteknya di hari apa saja ya?
Thanks

erin said...

salam kenal admin, saya mau tambah infomasi kepada teman2 yang mau berobat di penang.
Dokter di Penang memang berpengalaman dan pakar dalam bidangnya masing2,karena sebelum para dokter bekerja di RS swasta,para dokter harus wajib bekerja terlebih dahulu di RS pemerintah selama 5tahun untuk mendapatkan pengalaman.Jadi semua dokter di RS swasta sudah berpengalaman dan profesional karena kebanyakan para dokter lulusan dari luar negeri.

saja,begitu juga dengan penyakit2 lain ditangani oleh dokter pakar masing2.
jika anda perlu pertanyaan sebelum ke penang atau bantuan untuk segala urusan sewaktu dipenang,dari airport ke RS (seluruh RS dipenang) dan penginapan,serta jalan2,anda dapat menghubungi kami sepasang suami istri di Penang.

ERIN +60164269114(istri orang indonesia) dan LEE +60164746757(suami orang penang)
email leetkw@yahoo.com
dengan begini anda dapat menghemat waktu dan segala urusan anda dapat berjalan dengan lancar dan teratur.

Silvia said...

Untuk sharing pengalaman aku.

Aku udah sering sama-sama keluarga atau temen-temen ke RS Lam Wah Ee.
Udah nginap di apartemen Mewah Court (depan RS) yang dikelola orang-orang berlainan. Ada yang jorok ada yang bersih.

3 bulan yang baru-baru ini nginap di apartemen Adrian Chong dengan Meliana Panjaitan suami isteri 3-4 kali.
Nyaman. Bersih. Ramah dan jujur orangnya.

Kontak mereka aja untuk penginapan.
Adrian Chong +6012-903 6135 (pin BBM 58BCC900)
Meliana Panjaitan +6016-459 0494 (pin bbm 58AB3D42)

Ini laman Facebook usaha mereka

Anonymous said...

Para dokter yang berprofesional dipenang tidak suka2 menangani kes penyakit yang bukan kepakaran mereka.Seperti dokter kanker mereka hanya menangani penyakit kanker saja.dokter jantung hanya menangani penyakit jantung saja,begitu juga dengan penyakit2 lain ditangani oleh dokter pakar masing2, ini akan mengurangkan risiko diagnosis yang salah.

Ketahui kami dengan keadaan dan urusan RS swasta di Penang, jika anda perlu pertanyaan tentang biaya konsultasi atau berobat penyakit di RS swasta sebelum ke penang atau bantuan untuk segala urusan sewaktu di Penang, dari bandara ke RS (seluruh RS dipenang) dan penginapan,serta jalan2,anda dapat menghubungi kami sepasang suami istri di Penang.

ERIN +60164269114 bisa whatsApp(istri orang indonesia) dan LEE +60164746757(suami orang penang)

Reniwaty said...

Halo Pak Budi, saya mengalami kondisi yang sama dgn bapak, ditambah dgn mual muntah. Sudah berobat di medan dan diendoskopi. Ada bakteri Hp juga. Saya berencana berobat lanjut ke penang, karena kondisi yg tidak banyak berubah. Sering nyesak nafas, jantung ga beraturan, nyeri, dan terkadang mual. Apakah bapak sudah sembuh setelah berobat di penang? Makanan yang dikonsumsi apa harus yang lembek dan tidak boleh berminyak? Terima kasih sebelumnya.