Jangan Abaikan 5 Tanda Stroke Ini

5 tanda stroke yang sering diabaikan
Salah satu dari penyakit lima besar di dunia yang menyebabkan kematian adalah stroke. Stroke mengakibatkan kerusakan di otak. Hal ini disebabkan berhentinya aliran darah ke otak. Sebenarnya stroke dapat diminimalkan asal segera diatasi. Tapi yang sering terjadi adalah banyak orang yang tidak mengenali atau bahkan mengabaikan tanda stroke sehingga pengobatan menjadi terlambat.

Yang patut diingat adalah satu menit setelah terkena serangan stroke, maka otak kita akan kehilangan 1.9 juta sel. Dan jika setelah satu jam stroke tidak diatasi maka hal ini sama dengan proses penuaan otak selama 3.5 tahun. Semakin lama stroke tidak ditangani maka semakin besar risiko bagi penderitanya. Penderita dapat mengalami kemampuan berpikir, gangguan bicara atau adanya perubahan prilaku.

Karena alasan di atas, patut kiranya untuk tidak mengabaikan 5 tanda stroke berikut ini:

1. Tangan kebas
Saat terbangun dari tidur siang dan tiba-tiba kita merasakan kebas di bagian lengan atau kaki, umumnya kita menganggap penyebabnya adalah saraf yang tertekan ketika tidur.

Sebaiknya hal tersebut jangan diabaikan. Segeralah ke rumah sakit. Penurunan aliran darah ke arteri mulai dari tulang belakang sampai belakang kepala bisa menyebabkan rasa kebas atau kelemahan pada satu bagian tubuh.

2. Penglihatan ganda
Tanda stroke yang lain adalah adanya gangguan penglihatan. Gangguan ini dapat berupa penglihatan ganda, samar, atau kehilangan penglihatan. Kebanyakan orang jika mendapat gangguan ini menganggapnya adalah efek kelelahan atau penuaan. Padahal hal ini dapat terjadi karena terhambatnya pembuluh darah yang dapat mengurangi jumlah oksigen ke mata sehingga penglihatan pun terganggu.

3. Sakit kepala
Nyeri kepala hebat secara mendadak paling sering diabaikan. Namun, ini bisa jadi adalah gejala stroke. Segeralah ke rumah sakit, jika ternyata bukan stroke, tak ada ruginya melakukan tindakan pencegahan.

4. Lidah cadel
Ada beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan lidah sedikit cadel. Contohnya obat pereda nyeri. Akan tetapi adanya kesulitan berbicara atau ketidakmampuan memahami ucapan orang lain secara mendadak perlu diwaspadai sebagai gejala stroke.

5. Kehilangan keseimbangan
Gangguan keseimbangan tubuh dapat terjadi karena berkurangnya sirkulasi darah ke otak. Waspadai jika Anda mendadak sulit berjalan, pusing hebat, hilangnya koordinasi kaki, atau kehilangan keseimbangan. Jika anda mengalami hal-hal di atas, jangan diabaikan karena bisa jadi itu adalah 5 tanda stroke.

0 komentar: