Inilah 10 Gejala Kanker yang Sering Tidak Dihiraukan

10 Gejala Kanker yang Sering Tidak Dihiraukan
10 Gejala Kanker yang Sering Tidak Dihiraukan. Anda mungkin sering merasakan sakit atau nyeri. Sebaiknya jangan anggap sepele rasa nyeri atau sakit pada tubuh Anda. Karena rasa sakit atau nyeri itu bisa saja adalah tanda dari penyakit yang serius seperti kanker.

Jika Anda merasakan rasa nyeri yang sering dirasakan terjadi di daerah tubuh, ada baiknya untuk menghubungi dokter Anda untuk mengecek kesehatan secara menyeluruh. Berikut adalah 10 gejala kanker yang patut diwaspadai dan segera ambil tindakan lebih lanjut.

1. Gejala Kanker - Benjolan
Jika Anda menemukan benjolan di bagian tubuh, sebaiknya segera periksa ke dokter. Karena bisa saja benjolan adalah tanda dari suatu penyakit yang serius.
2. Gejala Kanker - Batuk atau suara serak
Perubahan cuaca atau memasuki musim dingin, batuk mungkin hal yang biasa terjadi. Namun, jika batuk terus berlanjut bisa saja itu adalah tanda dari sakit tenggorokan, kanker paru-paru atau tiroid, limfoma.

3. Gejala Kanker - Kebiasaan buang air besar berubah
Beberapa perubahan buang air besar seperti waktu, jumlah atau ukuran dari feses patut dicurigai menjadi gejala penyakit yang serius. Meski terkadang, perubahan tersebut karena pengaruh makanan atau obat tertentu. Namun, jika gangguan buang air besar terus berlanjut, bisa saja itu adalah tanda dari kanker usus besar.

4. Gejala Kanker - Infeksi saluran kemih
Penyakit infeksi saluran kemih (ISK) sering terjadi para perempuan. Namun, penyakit ini sering diabaikan sebagai sekedar ISK. Bagi pria atau perempuan, jika menemukan darah dalam urin, merasakan sakit saat buang air kecil, segera periksa ke dokter Anda karena bisa saja itu tanda dari kanker kandung kemih, ginjal atau prostat.

5. Gejala Kanker - Nyeri yang tak bisa dijelaskan
Nyeri merupakan sinyal yang diberikan oleh tubuh Anda karena adanya sebuah masalah. Nyeri bisa saja terjadi dari yang bukan apa-apa menjadi penyakit yang serius seperti kanker. The American Cancer Society mengatakan bahwa, sakit akibat kanker biasanya karena kanker itu sudah menyebar.

6. Gejala Kanker - Sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan yang berlangsung lama harus diwaspadai karena bisa saja merupakan tanda kanker laring atau tenggorokan

7. Gejala Kanker - Penurunan berat badan
Berat badan mendadak menurun hingga 4-5 kilogram secara tiba-tiba bisa saja menjadi tanda awal dari kanker. Sebagian besar penderita kanker pankreas, perut, paru-paru atau kanker tenggorokan mengalami penurunan berat badan tiba-tiba.

8. Gejala Kanker - Sulit menelan
Sulit menelan akibat terjadi penyempitan tenggorokan, bisa menjadi awal dari masalah sistem saraf atau kekebalan tubuh, hingga kanker tenggorokan, juga lambung.

9. Gejala Kanker - Pendarahan
Batuk darah bisa merupakan pertanda kanker paru-paru, darah dalam tinja bisa menjadi tanda kanker usus besar atau rektum. Untuk perempuan yang mengalami pendarahan pada vagina bisa jadi pertanda kanker serviks atau endometrium. Puting yang berdarah bisa jadi pertanda kanker payudara. Pendarahan yang tidak biasa dapat terjadi selama fase kanker terjadi.

10. Gejala Kanker - Perubahan kulit pada tahi lalat
Perhatikan warna tahi lalat Anda, jika berubah warna dari yang biasanya hitam, segera periksa ke dokter karena bisa saja merupakan indikasi kanker kulit.
arrow_down_thumb5B15D1_thumb1

0 komentar: