6 cara membuat rumah sejuk tanpa AC

rumah_sejuk_tanpa_ac Bagi warga yang tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan lainnya, maka pasti merasakan bagaimana panasnya suhu di kota ini. Tidak hanya siang hari, bahkan di malam haripun bisa membuat tidak dapat tidur, saking panasnya. Solusi paling gampang adalah dengan memasang mesin pendingin atau ac (air conditioning). Efeknya rumah pasti dingin, tapi kantung jadi ‘panas’, karena harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar rekening listrik. Apakah ada cara untuk membuat rumah sejuk tanpa ac?

Dengan memasang ac di rumah maka tagihan rekening listrik pasti akan naik. Itu pasti. Kecuali kalau nekat ‘mencuri’ listrik yang dialirkan oleh perusahaan setrum negara, PLN. Padahal tarif listrik di negara kita ini bisa dibilang tidak murah. Jika hal ini tidak disiasati, maka bisa-bisa menggerogoti pendapatan/penghasilan kita. Berikut ini adalah 6 cara membuat rumah sejuk tanpa ac.

1. Agar jalan masuk dan keluarnya udara lancar, maka pastikan rumah memiliki banyak bukaan. Bukaan ini dapat berupa jendela atau lubang angin. Selain itu, pintu juga dapat memberi andil, apabila ia berupa pintu kassa yang dapat mengalirkan udara.

2. Letak bukaan juga harus diperhatikan. Secara ideal, dalam sebuah ruang, bukaan diletakkan berseberangan, agar terjadi pergerakan udara. Biasanya ini disebut dengan ventilasi silang. Usahakan jendela atau lubang angin di rumah tidak hanya terdapat di satu sisi dinding.

3. Mengusahakan ketinggian plafon yang memadai juga dapat membantu membuat rumah sejuk tanpa ac. Idealnya, ketinggian plafon minimal adalah 3 m. Alasannya adalah dengan plafon yang tinggi, udara panas yang berasa dari pemanasan di atap tidak akan dirasakan di bawah, tempat dimana penghuni rumah melakukan kegiatan.

4. Dengan menambahkan kisi-kisi di bukaan, maka ini dapat melindungi bukaan dari panasnya sinar matahari. Sehingga, udara dapar tetap mengalir masuk ke rumah, sementara teriknya matahari dapat dikurangi. Dengan demikian tidak memanaskan udara di dalam rumah.

tips_membuat_rumah_sejuk_tanpa_ac

5. Jika memungkinkan, tambahkan kolam di sekitar rumah. Hal ini dikarenakan uap air dari kolam dapat mendinginkan temperatur disekitarnya, sehingga udara yang melalui atas kolam akan memiliki suhu lebih rendah. Udara inilah yang nantinya akan diarahkan masuk ke dalam rumah.

6. Pepohonan mampu menurunkan suhu udara. Sehingga pastikanlah lingkungan di sekitar rumah kita memiliki banyak pepohonan rindang. Dengan adanya pepohonan ini, udara yang akan masuk ke dalam rumah merupakan udara yang sudah lebih sejuk. Dengan demikian, dapat membantu membuat rumah sejuk tanpa ac.

ditulis ulang dari kompas.com / gambar: google.com

6 komentar:

sanman said...

wah kebetulan rumahku mmg panas...wkwk
thx tipsnya.tapi keknya harus rombak rumah nie..

Zona Indonesia said...

Memperbanyak bukaan memberikan kesempatan nyamuk untuk masuk dg leluasa... pengalaman saya adalah dengan memasang exhaust fab di plafon... :) Peace

northsumatratravel said...

Halo Bg Budi,
Apa kabar?
Btw, blognya mantap ya...
Bagi dong ilmunya.. hehhe

imaginasiqu said...

hymm mari go green,, i like pohon

health news online said...

jarang banget kuliat yang tinggi plafonnya ampe 3 meter keatas
tp ntar kl aq punya rumah aku buat gitulah biar ga usah beli ac lagi :D

Permata said...

Salam kenal mas Budiawan, saya tertarik untuk mengcopy paste artikel ini, jika diijinkan.
Tksh