5 kota dengan tarif parkir termahal di dunia

TARIF PARKIR

“Boby Hendra geleng-geleng. Hanya parkir 19 menit untuk mengambil uang di ATM Mal Lippo Cikarang saja, dia ditagih ongkos parkir Rp 4.000. Tingginya ongkos itu karena pengelola mal menerapkan aturan parkir per 2 jam Rp 4.000 dan 2 jam selanjutnya Rp 4.000”. Itu adalah cuplikan berita yang ada di detiknews. Jika kita berpikir bahwa tarif parkir di kota Jakarta dan sekitarnya sudah mahal, maka kita akan geleng-geleng dengan tarif parkir di beberapa kota besar lainnya di dunia. Yang bahkan bisa diklasifikasikan sebagai kota dengan parkir termahal di dunia.

Kalau pemerintah Jakarta mengatakan bahwa tarif parkir di Jakarta mungkin paling murah sedunia dan tidak pantas, hal ini mungkin saja mereka membandingkan dengan kota-kota berikut ini, yang termasuk 5 kota dengan tarif parkir termahal di dunia :

1. London

London adalah ibukota Inggris dan Britania Raya. Terkenal dengan Big Ben-nya, yaitu menara jam yang terletak di Gedung Parlemen di Westminster. Olimpiade 2012 akan diselenggarakan di kota ini. Tapi urusan tarif parkir, pasti kita akan kaget. Karena London menerapkan tarif parkir termahal di dunia. Tarif parkir langganan dalam sebulan, dikenakan biaya sebesar 578,87 pund sterling atau sekitar Rp. 8,3 juta. Kalau di Indonesia, mungkin sudah bisa untuk cicilan satu mobil.

2. Hong Kong

Di situs www.cia.gov disebutkan, Hong Kong menjadi daerah administrasi khusus Republik Rakyat China. China menerapkan formula “one country, two systems” bagi Hong Kong. Tetapi Hong Kong sebagai negeri persemakmuran Inggris menerapkan tarif parkir yang kurang lebih mirip dengan London. Hong Kong yang memiliki 236 pulau di Laut China Selatan, termasuk kota yang sempit. Oleh sebab itu, tidak heran Hong Kong menerapkan tarif parkir langganan hingga Rp 6,6 juta per bulan.

3. Tokyo

Tokyo yang secara harafiah berarti “ibu kota timur” adalah ibu kota Jepang. Ingat Jepang, pasti ingat dengan Maria Ozawa a.k.a Miyabi, betul? Kota Tokyo temasuk daerah terpadat di Jepang. Kota yang termasuk daerah metropolitan terbesar di dunia ini, benar-benar ditata seefektif mungkin. Kota yang menjadi pusat politik, ekonomi, budaya dan akademis ini, ditempati sekitar 13 juta orang yang tinggal berdesakan. Tak heran bila kota ini memasang tarif parkir Rp5,8 juta per bulan. Bahkan untuk tarif parkir harian mencapai Rp 773 ribu per kendaraan.

4. Roma

Kota yang pernah menjadi pusat Kerajaan Romawi ini adalah ibukota dari negara Itali. Terkenal dengan bangunan-bangunan kunonya, misalnya Colosseum, St. Peter's Basilica, the Piazza della Repubblica dan lain-lain. Mengemudi di kota Roma yang terletak di hilir sungai Tiber, dekat Laut Tengah ini pasti memberikan pengalaman yang sangat mengesankan. Kita bisa mengelilingi kota dengan keindahannya. Tapi anda jangan hanya terpesona dengan keindahan kotanya, karena kalau untuk urusan parkir anda harus merogoh kantong Rp 5,4 juta dalam sebulan. Tarif parkir yang tidak murah bukan?

5. Zurich

Zurich adalah kota terbesar di Swiss dan menjadi pusat perdagangan serta menjadi salah satu kota yang sangat penting di dunia bersama Jenewa. Beberapa produk negara Swiss yang sudah mendunia diantaranya jam Rolex, Victorinox Swiss Army, keju, coklat Toblerone, dan lain-lain.  Kota ini dipenuhi dengan gedung-gedung kuno sebenarnya bukan tempat parkir ideal. Zurich tidak banyak memiliki tempat terbuka, seperti Australia. Tapi untuk urusan parkir, kota ini memasang tarif sangat tinggi, sekita Rp 5,35 juta per bulan. Sehingga kota Zurich termasuk 5 kota dengan tarif parkir termahal di dunia.

dari berbagai sumber / gambar:google.com

3 komentar:

arfan from amazonku said...

Wah harga pakirnya segitu mahal ? gimana harga mobilnya?

Zippy said...

Gila deh...
Mending parkir aja kendaraannya di rumah, terus jalan kaki, wkakakakak...
Mahal banget sih, bisa bikin kantong bolong :D

pencaridollar said...

Masih untung kalau gitu di indonesia, tarif parkirnya murah meriah.. Kalau tarifnya seperti kota diatas, kemacetan di jakarta dapat diatasi.

salam kenal mas..