Cara China Mengejutkan Dunia pada 2009

A Shanghai branch of Industrial and Commercial...

Tidak bisa dipungkiri perekonomian China saat ini sedang menjadi sorotan tajam dunia. Dan dari beberapa kejadian terakhir, sempat menempelkan label negatif bagi China. Masih ingat kasus susu yang terkontaminasi melamin kan? Yang sempat mengemparkan dunia atas bobroknya badan pengawas makanan di negeri Tirai  Bambu itu.

Nah akibat kejadian-kejadian buruk yang terus menerus mendera China tersebut, menimbulkan banyak pertanyaan bagaimana China menjalani kehidupan ke depannya. Menurut Gordon Orr, director McKinsey Quaterly di Shanghai, China, pemerintah di negara itu sudah menyiapkan beberapa strategi yang mampu mendongkrak posisi China di mata dunia pada tahun depan. Dan strategi tersebut, bisa membuat negara-negara lain terkejut dan bahkan terkagum-kagum.

Berikut ini adalah tujuh cara China yang kemungkinan besar akan memberikan kejutan ke kita di tahun 2009.

Pertama, China sudah mengumumkan bahwa pada 2020, separuh dari kendaraan mobil di negara itu akan diganti menjadi mobil elektrik. Untuk itu, Pemerintah China sudah menanamkan investasi sebesar US$ 10 miliar. Langkah ini ditujukan untuk mengurangi polusi akut di China.

Kedua, Pemerintah China sudah membeli hak guna usaha lahan di kawasan Meksiko. Hal itu memungkinkan China untuk membangun pabrik-pabrik di sana sehingga bisa masuk ke pasar Amerika Utara dengan sangat mudah.

Ketiga, hancurnya kantor-kantor utama di China yang merupakan kawasan pusat bisnis Beijing. Pembangunan kembali pusat bisnis tersebut secara tidak langsung akan mengubah kultur masyarakat dan pemerintah setempat.

Keempat, beberapa perusahaan besar China berencana mengakuisisi perusahaan teknologi yang menjadi ikon di Amerika Serikat (AS).

Kelima, adanya restrukturisasi pada industri telekomunikasi China akan menjadi konsolidasi yang komplet.

Keenam, adanya akuisisi yang dilakukan oleh asosiasi sepak bola the English Premier League terhadap rekannya di China yaitu the Chinese Super League.

Ketujuh, semakin mesranya hubungan China dengan Taiwan yang bisa menggabungkan industri kedua negara serta kerjasama Commercial Bank of China dan Chinatrust Commercial Bank milik Taiwan.

Sumber dari http://www.kontan.co.id

24 komentar:

manusia biasa said...

kira2 pertamaXXXX ga yachhhh...... Ohhhhhh Tuhannnnn biarkan aku yang PertamaXXX

wuihhhhhhhhhh ternyata berita tentang cina yang selama ini manusia biasa denger beneran yachhhhhhhh..... wuihhhhh kapan indonesia bisa gitu yachhhh kira2 yang dibidik nomo6 aja deh buat indonesia...... mumpung orangnya kaga ada HOiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii numpang teriak langsung kabur ueyyy

Lyla said...

cina kalo mengejutkan dunia itu macam2 cara bisa dari makanan sampe batik sekalipun hehehe... makanya bisa tenar

BloGendeng said...

Olympiade beberapa bulan kemarin di Cina itu aja disiapkan sejak 7 taon yang lalu. Kalo lihat upacara pembukaan dan penutupannya jd tontonan satu-satunya yang spektakuler dan diakui dunia. Apalagi untuk urusan negara dan bisnis di negeri mereka? Kayaknya amreika dan negara eropa harus siap shock lagi.
Oh Indonesiaku, kapan kita bisa begitu? Harusnya kita lebih kayak karena alam kita uar biasa hebatnya. Pleasee jangan korupsi lagi..apa harus pake hukuman "bunuh semua koruptor dan keturunannya" seperti negara ateis tersebut?

Septian said...

dengan majunya cina membuktikan bahwa orang asia/timur tidak kalah dengan orang erop dan amerika/Barat. semoga kesuksesan cina bisa menular ke indonesia..

brigadista said...

naah,...seharusnya ini yang harus ditiru,...bukan yang lain,..

Anthony Harman said...

Haiyaaa... kalo barang China yang terkenal murah masih terus membanjiri pasar lokal, saya yang tambah kesulitan neh

tikno said...

Semoga bisa kita tiru programnya

david said...

wah bener tw kata boss manusia biasa kapan indonesia bisa kayak gitu...

jefry said...

emng bener china selalu memberikan kejutan yang mungkin tidak bisa di cerna oleh akal sehat...

tapi itulah china demi kemakmuran, mereka rela melakukan segala hal yang mungkn yang tidak memperdulikn apa dampk yang didapat seletah mereka melakukkanya..

Budiawan Hutasoit said...

@manusia biasa..balas dendam pertamaxx ya...bro, selain china, masih ada india yg terkenal dgn outsourcing dan silicon valley-nya..

@lyla..kelebihan mereka..mereka mau..indonesia?? hmmm...

@blogendeng..itulah, mereka itu mau berubah..dan saat ini china memiliki cadangan devisa terbesar..waktu sy di sin, supir taxinya bilang..indonesia should be greater than sin..krn kekayaan alamnya melimpah..yg jadi masalah adalah...apakah kita MAU utk mengelolanya..koruptor?? mudah2an KPK tetap konsisten..

@septian...ia, paling tidak selain china, juga ada india, yg juga mengalami kemajuan yg sangat pesat.

@brigadista..betull.jgn spt wakil2 kita yg ada di senayan itu ya..

@anthony harman..kl barang2 tsb masuk secara legal, kita masih bisa bersaing. mostly, masuk secara ilegal..mudah2an tetap bisa bersaing ya mas..btw, usaha apa nih..

@tikno..ada buku yg sdg sy baca.China juga meniru dari Singapore (Lee Kwan Ywe). kalo China bisa..kenapa kita tdk?

@david..bisa david.asal semua-nya dari yg paling atas sm bawah..MAU berubah..

@jefry..nobody's perfect mas..

libby said...

wah...
ini juga bs ngangkat suku2 tionghoa di indonesia...
krn berdasarkan pengalamanq, gara2 susu terkontaminasi itu dampaknya aq n temen2 tionghoa lainnya pada disorot... T.T
Anee kn?? pdhal qta2 kn ngga salah... hehehe...

Ifoel said...

Smoga bisa jadi contoh yg bisa diikuti oleh bangsa ini..
kira2 bisa g ya..??

he..he..he..
Salam Kenal balik dariku

Ivana said...

yang keempat kok rasanya sedikit sulit terjadi yah?

seno said...

Ya, china memang terkenal ulet. Saya yakin yang berita itu bukan hanya gertak sambel, tapi akan benar2 diwujudkan. Semoga Indonesia juga bisa meniru hal2 positif China, Salam.

Hellen said...

kayaknya china ga pernah berhenti mengejutkan....

apiscerana said...

CINA...
Naga asia..

Indonesia
apa asia ya...???

Budiawan Hutasoit said...

@erik..betul, tp melihat apa yg sdh dikerjakan dan keberhasilan China saat ini, bukan mustahil bisa tercapai.

@libby..ngga-lah..manusia indonesia udah dewasa semua, atau paling tidak mulai berpikir dewasa..jadi tdk akan segampang itu menyalahkan etnis tertentu..GBU

@ivana..kayaknya ga..saat ini aja sudah banyak perusahaan Cina yg mengakuisisi perusahaan Amrik..

@seno..ia..kita harus bisa mengambil yg positif dari keberhasilan China..bersama kita bisa kan?

@hellen..ia, baik yang positif maupun yang negatif. yg penting kita ambil sisi baiknya.

@apiscerana..suatu saat kita juga bisa menjadi Naga-nya Asia..Amin!

Jonbetta said...

Wah cina memang mantaf..ya..kalau memang benar bisa terealisasi rasanya Indonesia semakin jauh aza..Gimana dengan Negeri kita tercinta ya...

Michael-BT said...

cina....cina....!!

memang hebath, abiz orang-nya pekerja keras smua sih!!

balidreamhome said...

satu lage, kulitnya putih2 dan matanya sipit :-)

Anna 'dTeepZ said...

yuk nyontek caranya cina ajah........

kharis said...

seharusnya Indonesia mencontoh seperti apa yang dilakukan China

hardiansyah said...

china merupakan negara yang hebat.. saya bangga dengan china.. tapi lebih bangga lagi dengan indonesia. hehe

Anonymous said...

Elo, I'm a freshman. Thought I'd say hi.

see you around and Thank you (sorry if the wrong place to post)