Tips penting dalam memilih asuransi mobil

penting_tips_memilih_asuransi_mobil

Walaupun tingkat kemacetan di jalan-jalan di beberapa kota besar di Indonesia – terutama di kota Jakarta – sudah sangat menjengkelkan, tapi tingkat pembelian mobil, baik baru maupun bekas tidak surut. Dalam membeli mobil, ada satu faktor penting yang layak dipertimbangkan, yaitu memilih asuransi mobil. Hal ini bisa untuk menghindari kita dari kerugian dari musibah yang bisa saja terjadi, misalnya pencongkelan kaca spion, mobil tergores, tabrakan, pencurian ataupun perampokan. Ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih asuransi mobil. Berikut ini tips penting dalam memilih asuransi mobil.

Pastikan bahwa kita memilih perusahaan asuransi mobil yang kredibel. Sedapat mungkin yang sudah mendapat predikat/sertifikat seperti Best General Insurance, Indonesian Customer Satisfaction Award dan Indonesian Best Brand Award. Informasi mengenai perusahaan asuransi mobil bisa diperoleh dari pemberitaan media maupun dari pengalaman teman atau orang-orang terdekat yang pernah berhubungan ataupun menggunakan jasa perusahaan asuransi tersebut.

Pelajari dengan seksama, cermat dan teliti tentang jenis asuransi mobil yang akan dipilih dan apa saja yang akan di-cover. Apakah asuransinya tipe secara menyeluruh (All Risk) atau TLO. Penting juga untuk menanyakan apakah ada perluasan jaminan asuransi atau perlindungan lain seperti banjir, kecelakaan diri dan huru-hura.

Penting juga ditanyakan mengenai jangka waktu asuransi yang diberikan, khususnya untuk mobil yang dibeli secara kredit.

Hal berikut yang dijadikan tips penting memilih asuransi mobil adalah memastikan proses klaim yang mudah, gampang dan tidak berbelit-belit. Perhatikan apakah perusahaan asuransi mobil tersebut memiliki jaringan layanan yang representatif dan tersebar luas. Termasuk mengecek apakah perusahaan tersebut memiliki call centre yang siap melayani tanpa kenal waktu dan hari libur. Pastikan juga, perusahaan asuransi mobil tersebut memiliki layanan survey klaim yang fleksibel seperti layanan ke rumah atau ke kantor.

Tips Asuransi Mobil: proses klaim yang mudah dan tidak berbelit-belit

Dalam memilih asuransi mobil, ada baiknya kita melihat jaringan bengkel rekanan perusahaan asuransi tersebut. Misalnya, berapa banyak jumlah bengkel rekanannya, dimana saja lokasinya, dan bagaimana kualitas bengkel-bengkel tersebut. Kita harus memastikan adanya jaminan suku cadang asli dan jaminan hasil kerja bengkel.

Pertimbangan lainnya adalah perusahaan asuransi mobil sebaiknya (seharusnya) memiliki layanan darurat gratis, seperti derek gratis 24 jam, yang dibutuhkan jika kita mengalami kecelakaan, mogok, ban kempes dan lain-lain di jalan.

tips_penting_memilih_asuransi_mobil

Last but not least, tips penting dalam memilih asuransi mobil adalah mengenai pembayaran. Apakah perusahaan asuransi mobil yang akan kita pilih fleksibel dalam pembayaran dan menyediakan sistem pembayaran yang mudah, seperti melalui ATM, kartu kredit, atau sistem angsuran.

Picture:google.com

4 komentar:

General Blog said...

thx infonya...tapi kagak ada mobil neh hehe :)

anak nelayan said...

bermanfaat banget..makasih infonya

Bintang said...

wahh boleh juga nehh tipsnya...ntar kalo aku balik ke indo...n berencana mo beli mobil...aku akan ikuti tips2 ini hehehe...thanks yah Bud

fatmaa said...

lutchu,,,,,iya juga sich,,masak mau ikut asuransi tapi kagak punya mobil,,,,:D