Ciudad Juarez, kota paling mematikan di dunia

ciudad_juarez_kota_paling_mematikan

Anda mengetahui atau pernah mendengar nama kota Ciudad Juarez? Kota Ciudad Juarez, juga dikenal sebagai Juárez dan sebelumnya dikenal dengan nama El Paso del Norte, adalah kota yang terletak di negara bagian Chihuahua, Mexico. Kota ini terletak di bagian utara Mexico dan berbatasan langsung dengan negara bagian Texas, Amerika Serikat. Ciudad Juarez termasuk salah satu kota paling mematikan di dunia. Bahkan jika dilihat dari sudut kekerasaan akibat narkoba, maka Ciudad Juarez menjadi kota paling mematikan sejagad.

Kota Ciudad Juarez yang dikenal sebagai “the most violent zone in the world outside of declared war zones”, berpenduduk sekitar 2,1 juta orang. Kota yang paling mematikan ini memiliki sekitar 100.000 pecandu, belum termasuk kaki tangan, pengedar, dan jaringan besar kartel narkoba. Kartel lokal yang terkenal di kota ini adalah Juarez, Los Rebeldes, El Diablo dan Grande. Kartel Juarez, sudah sangat sering bertarung dengan kartel Sinaloa yang berasal dari pantai barat, untuk menguasai jalur gemuk peredaran narkoba lintas negara Texas.

Bayangkan, saking mematikannya kota ini, maka sejak awal tahun hingga Oktober 2010, sudah lebih dari 200.000 orang telah pindah keluar dari Ciudad Juarez. Sekitar 2.000 orang tewas akibat kekerasaan dalam 10 bulan terakhir. Dan dalam tiga tahun terakhir, lebih dari 6.500 orang tewas. Umumnya, mereka tewas dibantai dan ditembak mati antara lain di bar, restoran, dan klinik rehabilitasi narkoba. Termasuk tiga wali kota yang terbunuh dalam satu bulan terakhir. Mengerikan. Sampai seorang pedagang buah di kota ini mengatakan, “Iblis pun takut tinggal di sini.”

Saat ini, perang antar kartel narkoba di Mexico, khususnya di kota Ciudad Juarez, sudah mulai menyasar ke kompleks perumahan. Seperti yang baru-baru ini terjadi, dimana sekelompok pria bersenjata menebar aksi mautnya, Mereka menembak mati 13 remaja dan pemuda yang sedang bersukaria merayakan pesta ulang tahun seorang remaja. 13 anak muda yang tewas ini akibat geng Juarez yang mencari anggota geng Sinaloa. Kejadian ini merupakan rangkaian dari kekerasan demi kekerasan yang terjadi sebelumnya di kota ini. Pantaslah kota Ciudad Juarez menjadi kota paling mematikan di dunia.

8 komentar:

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia said...

untung di indonesia tidak ada yang seperti itu ya, g bakal tenang

hariyanto blog said...

sungguh tak bermoral. apa uda dari nenek moyangnya ya???

Return to My Blogg said...

gak gena kotanya...

Laston M Lumbanraja said...

oh.. begitukah lae??

Zippy said...

Wah..serem banget bang.
Gak kebayang kalo di Indo ada tempat seperti itu.
Banyak yang ngacir deh :D

air mata kristal said...

mantaff,...mas budi, kota yang paling tinggi kriminalnya bukannya Johannesberg...? thank infonya.

lina@women's perspectives said...

Parah banget...

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia said...

Thank's gan..infonya bisa tambah wawasan.