Dua REMAJA 14 tahun menjadi pengusaha MEDIA TERMUDA di Dunia

sean_spooner_and_louis_porter_pengusaha_media_termuda_di_dunia

Di tengah ledakan media sosial dan media online, dua remaja asal Inggris berusia 14 tahun membuktikan media cetak masih digemari. Sean Spooner dan Louis Porter membuat majalah lokal bernama Corby, dalam enam bulan, mereka sudah memiliki 5.000 pembaca. Hal ini menjadikan dua remaja ini menjadi pengusaha media termuda di dunia.

Dua remaja ini mengerjakan majalah tersebut dari kamar tidur mereka, bermodal laptop, kamera dan telepon genggam. Isi dari majalahnya, berita dalam bentuk features, peristiwa lokal, dan berbagai kompetisi yang digelar di Corby, Northants, tempat tinggal mereka.

Majalah ini gratis, lantas bagaimana biaya produksinya? "Kami mendapatkannya dari iklan," kata Sean seperti dikutip dari laman Orange, hari ini. "Semua ini ide dari kami sendiri, kami memproduksi dan membiayainya dari iklan," ujarnya.

Sean menjadi pemimpin redaksi yang berhubungan dengan penulisan dan produksi, sedangkan Louis berhubungan dengan penjualan iklan. Jabatanya Louis, Direktur Bisnis. Tugas Louis, membujuk pengusaha lokal untuk memasang iklan di majalah mereka.

"Waktu pertama kali sangat, sangat sulit menjual iklan, karena ketika itu kami belum mencetaknya, baru sebatas ide," kata Louis. "Aku harus menyakinkan bahwa bisnis media cetak ini berkembang dan sukses," ujarnya.

Menurut Louis, banyak pengusaha yang ragu dan berpikir, "apakah aku harus menyerahkan uang kepada remaja 14 tahun, dan tidak pernah bertemu dengannya lagi," ujar Louis.

cover_majalah_corby_dimiliki_remaja_pengusaha_media_termuda_di_dunia Saat terbit pertama kali, Juni tahun lalu, hanya memiliki 12 halaman dan dicetak sebanyak 200 eksemplar. Dalam edisi keempatnya, mereka sudah menambah hingga 36 halaman dan memiliki pelanggan tetap yang diantar ke rumah dan kantor sebanyak 1.000 eksemplar.

"Rasanya luar biasa ketika majalah itu selesai dicetak, dan fantastis melihat orang-orang membacanya," kata Sean, pengusaha media termuda di dunia.

sumber: tempointeraktif.com / gambar: news.bbc.co.uk

Daftar 10 Perempuan Terkaya di Dunia

R. Budi & Michael Hartono, orang terkaya di Indonesia tahun 2010

5 komentar:

Zippy said...

Wuihiii..keren ya bang.
Kapan ya saya bisa seperti itu?
Hhehehe...
*mimpi boleh donk? :P

catatan kecilku said...

Wah, hebat banget anak2 itu ya? mampu melakukan sesuatu yg luar biasa di usia yg masih sangat muda.

the others.... said...

Indonesia juga punya orang yg "hebat" Bang... siapa lagi kalau bukan Gayus..! ^_^

admin said...

@Zippy: mimpi boleh aja..asal jangan lupa bangun ya..hehe
@catatankecilku: 14 tahun lho mbak..salut banget saya
@the others: kalo si Gayus 'hebat' di sisi yg lain..hehehe

Me and Confucius said...

Pantas ditiru nih.. bner2 berjiwa bisnis..