Laptop murah antara Indonesia dan India

laptop_murah_india

India, selain dikenal dengan filmnya, maka juga terkenal akan inovasinya dalam mengembangkan produk dengan harga terjangkau. Masih ingat dengan mobil termurah di dunia, seharga kurang lebih Rp. 25 juta, melalui Tata Nano? Baru-baru ini India kembali membuat kejutan, dengan menginformasikan laptop murah (termurah) di dunia, tepatnya komputer tablet berlayar sentuh dengan harga hanya US$35 atau kurang lebih Rp. 315 ribu.

Laptop murah dengan layar sentuh ini, rencananya akan diproduksi pada 2011. Bentuknya mirip dengan iPad. Menggunakan sistem operasi Linux dan dilengkapi dengan browser internet, program pembaca file PDF, serta fasilitas konferensi video, laptop murah ini dirancang buat siswa dan pelajar. Pemerintah India bahkan berniat memberikan subsidi kepada murid sekolahnya yang membeli komputer tablet murah ini, sehingga bisa dibeli seharga US$20. Hanya US$20.

Lalu, apakah Indonesia tidak bisa mengikuti jejak India? Apakah Indonesia tidak mampu memproduksi laptop murah? Baru-baru ini, PT. Elevo Technologies Indonesia sudah merilis laptop murah seharga Rp. 1 jutaan. Dua tipe netbook yang sudah dirilis adalah Netbook Elevo R7 (layar 7 inci) dibanderol dengan harga Rp 998.000 dan Elevo R10 (layar 10 inci) dilego dengan harga Rp 1.398.000. Walaupun mungkin kemampuan dari netbook di atas tidak terlalu memadai, tapi ini paling tidak membuktikan bahwa Indonesia mampu memproduksi laptop murah seperti India.

Tinggal bagaimana sikap Pemerintah Indonesia memanfaatkan momentum laptop murah ini, Apakah mau ikut ambil bagian dalam meningkatkan pendidikan siswa-siswa sekolahnya, atau membiarkan ini berlalu begitu saja. Masak sih Indonesia tidak bisa dikenal dengan produk-produk dengan harga terjangkau, seperti laptop murah atau komputer tablet murah yang dapat dinikmati oleh siswa-siswa sekolah kita? Mudah-mudahan, tidak hanya India saja yang dapat membuat laptop murah (termurah), tapi Indonesia juga mampu dan mau memproduksi laptop murah dan bermutu.

7 komentar:

belajar bisnis internet said...

wah kalau saya sih pesimis Bang, bukannya apa, sekarang aja banyak orang yang sibuk membenahi diri sendiri, misalnya saja rumah aspirasi dan lain-lain...kalau ada laptop yang murah, paling yang harus pontang-panting ya rakyat2 juga...hehehe

MERDEKA...!!!

Lidya said...

cocok buat anak-anak nih, Pascal yang masih TK aja ngerengek minta dibeliin laptop imut tapi ga mau yg mainan :)

anggasona said...

india ini makin hari makin maju saja, indonesia kpn ya bs bgitu ... china sj sdh maju banget skrg, sdh bnyk home produksi khususny di bid teknologi ... hmmm

Blogspot Template said...

sob, mengingt blog ni sngt bermanfaat bgt q.. tukeran link yok!!

link blog kamu sudah terpasang di blogku, link balik yach :) silahkan di liat di blogku!!

ntar pasang link ku dengan anchor text "Blogspot Template" yach,

dan jdi follower q juga y, siapa thu aja dgn kehadiran blogger se-hebat kamu, blog ku bisa
sedikit rame dan berwibawa gtu.he3

ntar secara berkala q bakal sering-2 silaturahmi kesini..

d tunggu kehdirannya yach :D

salam dari blogger indonesia setengah bule.he3

makasih..

Laston M Nainggolan said...

blog pak hutasoit ini sngatlah produktif.... semangatttt

reni said...

Semoga saja... murah dan berkualitas..! Khawatir aja jika ternyata murah tapi gak berkualitas... hehehe (belum apa2 udah sangsi dg negeri sendiri hikss)

karila said...

tak ada yang tak mungkin :D
Semoga ada yang mau menciptakannya untuk anak negeri sendiri :)

Allo bang...lama ya ga saling blogwalking..biasanya nyapa via FB doang (aku sih :p)