“Me at The Zoo” adalah video pertama di Youtube

youtube_video_pertama_me_at_the_zoo

Sebagai sebuah situs web video sharing (berbagi video), maka Youtube sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya. Situs ini didirikan di bulan Februari 2005 oleh bekas karyawan PayPal, Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Saat ini bisa dibilang YouTube merupakan komunitas video online yang paling populer di dunia, yang memungkinkan jutaan orang untuk menemukan, menonton dan berbagi video yang telah dibuat penggunanya. Jutaan atau mungkin sudah ratusan juta file video yang diunggah (upload) ke situs Youtube. Bahkan di situs smh.com.au disebutkan “YouTube said that 35 hours of video are being uploaded to the video-sharing site every minute, up from 24 hours per minute in March 2010”. Dari ratusan juta video tersebut, kira-kira seperti apa ya bentuk video pertama di Youtube.

Kepopuleran Youtube menarik perhatian Google. Sehingga pada tanggal 9 Oktober 2006, Google resmi membeli Youtube dengan harga US$ 1,65 miliar. YouTube secara bertahap telah menambahkan konten profesional dan pernah menggelar siaran langsung konser U2 dan pidato Presiden Amerika Serikat. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player. “Me at the Zoo” merupakan video pertama di Youtube. Seperti apa isi videonya?

Video di atas, yang bertajuk “Me at the Zoo” ini adalah video pertama yang diunggah ke situs Youtube. Video ini diunggah jam 8:27 PM, hari Sabtu, tanggal 23 April 2005 oleh satu pendirinya Jawed Karim. Video yang di-shot oleh Yakov Lapitsky, memiliki durasi kurang lebih 18 menit, yang menampilkan Jawed Karim di depan kandang gajah di Kebun Binatang San Diego.

Sumber: youtube, wikipedia, dan sumber-sumber lainnya / gambar: google.com

1 komentar:

Ferdinand said...

Owh ternyata Me At The Zoo ini video pertama yg di upload ke Youtube toh... baru tau aku.... apa itu punya orang yg kerja di Google juga ya hhe.....

Thnx 4 share kawan... Semangat N happy blogging >>>