Inilah 7 manfaat air kelapa muda untuk kesehatan

manfaat_air_kelapa_muda_kesehatan

Kelapa yang termasuk suku aren-arenan atau Arecaceae, sudah banyak dikenal orang sebagai tumbuhan yang dapat dimanfaatkan hampir semua bagiannya. Bagian yang dapat dimanfaatkan mulai akar, batang, daun, tandan serta buahnya. Vasco da Gama menamakan kelapa atau Coconuts dalam bahasa Inggris, karena penampakan permukaan kelapa yang coklat dan berbulu mengingatkannya akan hantu atau penyihir yang disebut CocoAir kelapa, terutama air kelapa muda merupakan bagian yang sering digunakan sebagai penyegar untuk menghilangkan rasa haus. Disamping khasiatnya sebagai penetral racun, maka ada 7 manfaat air kelapa muda lainnya untuk kesehatan.

Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok ("daging buah kelapa") adalah sumber penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Kandungan mineral dan elektrolit dalam air kelapa muda sangat beragam mulai dari kalsium, kalium hingga magnesium. Di masa Perang Dunia II, air kelapa muda dimanfaatkan untuk menggantikan plasma dalam transfusi darah. Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa muda untuk kesehatan, seperti yang terdapat di Healthmad.

1. Manfaat air kelapa muda: Mengatasi gangguan kencing
Berbagai gangguan saluran kencing bisa diatasi dengan air kelapa muda, termasuk polyuria (sering kencing), stranguria (susah kencing) dan lain-lain. Efeknya pada masing-masing individu bisa bervariasi tergantung penyebab dan tingkat keparahannya.

2. Manfaat air kelapa muda: Menjaga keseimbangan elektrolit
Air kelapa muda merupakan cairan isotonik, sehingga bisa mengantikan mineral dan elektrolit yang hilang bersama dengan cairan tubuh. Bahkan organisasi pangan dunia atau FAO (Food and Agriculture Organization) pernah meneliti dan berusaha mematenkan air kelapa muda sebagai minuman isotonik.

3. Manfaat air kelapa muda: Memecah batu ginjal
Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, pasien batu ginjal sering mengkombinasikannya dengan minum air kelapa muda. Efeknya plak atau kerak yang terbentuk di ginjal lebih mudah melunak dan dikeluarkan bersama air kencing.

4. Manfaat air kelapa muda: Pengganti plasma darah
Komposisi kimiawi air kelapa muda hampir identik dengan plasma darah sehingga mudah untuk ditransfusikan. Dalam kondisi darurat terutama di masa perang dunia II, air kelapa muda sering ditransfusikan pada prajurit yang sekarat ketika bantuan plasma darah belum datang.

5. Manfaat air kelapa muda: Membunuh cacing di usus
Ada mitos yang mengatakan jika terlalu bayak makan kelapa bisa menyebabkan infeksi cacing kremi, namun tidak pernah bisa dibuktikan secara ilmiah. Justru minum air kelapa muda dicampur 1 sendok teh minyak zaitun sebanyak 3 kali sehari bisa membasmi cacing kremi dari usus.

6. Manfaat air kelapa muda: Anti kuman
Belum banyak penelitian yang membuktikan hal ini, namun beberapa ahli percaya air kelapa muda ampuh menyingkirkan virus dan berbagai mikroorganisme patogen (penyebab penyakit). Kandungan monolaurin di dalamnya diyakini ampuh membasmi virus flu, herpes dan bahkan HIV.

7. Manfaat air kelapa muda: Mengatasi mual muntah
Mabuk kendaraan serta berbagai penyakit seperti malaria, typhoid serta demam berdarah bisa memicu gejala mual muntah. Untuk mengatasinya, minum air kelapa muda bisa membantu menetralisir kondisi lambung sehingga mengurangi gejala tersebut.

sumber: healthmad, wikipedia, detikhealth / gambar: google.com

5 komentar:

catatan kecilku said...

Ternyata bisa utk memecah batu ginjal ya Bang..? Info baru nih utk aku...

the others.... said...

Saat aku hamil dulu aku suka minum air kelapa, karena kata para orang2 tua, bisa membuat kulit bayi bersih saat dilahirkan. Ternyata emang terbukti, bang.

Car Menggunakan AutoCad said...

Pokoke air kelapa pas...sekali pada waktu buka puasa. Salam sukses mas

ijial said...

wuidiiiih . . . ternyata banyak juga manfaat nya yah, thx infonya

health news online said...

kl kelapa bakar spt yang di jalan setia budi itu bagus jg ga bang