Large image of an ATM Photographed inside a :e...Ini kejadian udah terjadi kira-kira dua minggu lalu, tanggal 3 Oktober 2008 lalu. Subjeknya kehilangan kartu ATM Bank Mandiri. Ceritanya pas hari Jumat pagi itu, saya ke mesin anjungan tunai mandiri - panjang amat ya - mending ATM aja, yang terletak di salah satu pomp bensin di Medan, untuk melakukan proses transfer. Nah karna buru-buru, maka kemungkinan besar kartu ATM-nya ketinggalan (perasaan saya sih, udah saya masukkan ke dalam dompet, karna struk bukti  transfer sudah saya masukkan). Sampai dirumah, saya merasa tenang aja, karna yakin tidak ada masalah. Sekitar dua jam setelah transfer tadi, maka adik saya ada butuh dana. Nah, pada saat mau ambil kartu ATM di dompet, baru tau kalau kartunya tidak ada (baca sekali lagi tidak ada...mau aja lagi disuruh baca..Smile) .

Waduhhhh...panik mode on..betul-betul paniks sepaniks-paniks-nya. Semua isi dompet dibongkar, kali aja nyelip. Mobil juga diperiksa, kali aja jatuh dikolong-kolong (emang tempat tidur). Kantong celana juga udah diobras..eh, dicek..Ga ada juga..Makin panik..keringat dingin mulai bercucuran. Soalnya baru sadar kehilangan setelah 2 jam dari transfer uang tadi (kebayang aja, apa yang bisa terjadi selama 2 jam itu). Untung ingat. SMS Banking. Ambil HP, coba cek saldo...pencet-pencet keypad, masukkan sandi, lalu sending. Sambil menunggu reply-nya, jantung ini udah "berpacu dalam melodi", kalau-kalau isi rekening udah berkurang atau malah udah dikuras abis. Soalnya isi rekeningnya lumayan banyak, 2 M (M yang satu warna merah, yang satunya lagi warna biru...eMber maksudnya). Ga lama, tit..tit (tolong bacanya ada jeda ya..jangan  disambung, saru)....bunyi sms masuk..horehhhhhh..saldo terakhir masih sama, tidak ada pengurangan...wow thank's God...

Tindakan selanjutnya adalah...hubungi customer service Bank Mandiri, untuk blokir. Siapa tau, itu kartu masih beredar (kayak mo dugem aja, beredar...) dan ada yang iseng masih coba-coba. Setelah konfirm kartu udah di blokir maka tenanglah hati, detak jantung-pun udah kembali normal, keringat dingin pun udah berkurang.

Karna masih akan mengunakan kartu ATM secepatnya, maka sore itu juga datang ke kantor polisi untuk lapor kehilangan supaya dapat surat keterangan kehilangan. Nyampe di kantor polisi, si pak polisi bilang harus ada surat keterangan dari Bank Mandiri, kalau saya adalah pemilik yang sah dan sebenarnya kartu ATM tersebut. Walaupun udah nunjukkin KaTePe dan Buku Tabungan tetap ga bisa. Si pak polisi tetap keukeuh surat kehilangan baru bisa diterbitkan kalau udah ada surat keterangan dari Bank Mandiri. Wah, bingung nih...udah jam 4 sore, pasti Bank Mandiri udah tutup. Ya udah, nanti dilanjutkan di hari Senin.

Hari Senin pagi, datang ke kantor Bank Mandiri tempat dimana rekening di buka. Cerita ke customer service, begini begitu, bla..bla..bla..bla..bla. Cerita sambil pasang senyum terbaik dengan harapan supaya bisa cepat selesai. Ga mempan jeq. Si mbak itu bilang, mereka akan terbitkan surat keterangan, trus bawa ke kantor polisi, dan balik lagi ke Mandiri, untuk di proses selanjutnya. Oalahh, saya pikir koq ya repot banget ya..Mosok ulak-alik bin wara-wiri begini. Gimana kalo kejadian ini di kota Jakarta, yang macetnya rrruarrr biasa. Bolak-balik seperti yang diminta si mbak itu, bisa-bisa ngabisin energi.

Trus saya bilang sama si mbak itu, saya tutup aja  rekening yang lama, lalu bikin yang baru daripada saya bolak-balik kayak strikaan. Dia setuju, malah kasih saran, untuk rekening lama tidak usah ditutup, tapi biarkan aja dana minimun, dan nantinya kalau tidak ada transaksi dalam 3 bulan ke depan akan di hapus secara otomatis. Ya, udah saya setuju aja.

Ambil formulir, isi formulir, ambil buku baru, setor dananya (yang 2 M tadi Open-mouthed) dan ambil ATM baru, yang langsung jadi dalam waktu sekitar 30 menit.

Coba kalau mesti bolak-balik ke kantor polisi...belum tentu secepat itu. Belum macet di jalan. Belum lagi nanti di kantor polisinya...yang...ah, you know-lah...

Yang jadi pikiran saya, kenapa jadi serepot itu ya kalo kehilangan kartu ATM (ini kali pertama saya kehilangan kartu ATM). Kalau bisa dibikin simpel bin sederhana kan lebih bagus. Di sisi lain, saya lihat segi positipnya. Kalau-lah semua abdi negara di Republik Indonesia tercinta ini, mau patuh dan taat menjalankan peraturan-peraturan yang berlaku, mungkin negara ini sudah lebih maju dari negara tetangga kita ya.

Ah, right or wrong, my right is always right....benar ga..bingung? pegangan...

18 komentar:

tyas said...

waa.. repot juga yah kalo ATM sampe ilang.. harus ngurus sana sini..
itu pas mau transfer uang buat bayar pecelku ya Bud..?
aku jadi nggak enak nih..
gratis aja deh nggapapa...

Budiawan Hutasoit said...

@tyas...makanya kapok deh...oya, pecelnya udah nyampe. thanks..lumayan gratissss...

Bintang said...

gak transfer ke rekening sih makanya tuh hilang...hehehe...masukan juga neh kalo suatu saat aku keilangan Atm Card, yah mendingan rekening baru aja daripada bolak balik ngurus sana sini...tapi mudah2an gak akan pernah keilangan...heheh

Deddy Andaka said...

Dana minimal yang ada ditabungan lama berapa ya? Bukannya lebih enak klo ditutup aja tuh. Kali aja ada yang transfer eh ntar keambil ama yang dapetin kartu ATM-nya :D

Budiawan Hutasoit said...

@bintang..itulah masalahnya.saya lupa no. rekening mbak bintang.coba aja inget...jangan ilang lagi deh mbak..masih mending ini ilang, uangnya aman damai sentosa..coba kalo sempat pindah tangan...ga tau lagi deh..

@deddy andaka..kalo min. 50rb, kalo ditutup kena 100rb. yg nyaranin juga si mbak2 customer servicenya. lan kartu atm lama statusnya masih diblokir, jadi ga bisa dipake.

Bang Ir said...

bang...maka nya harus pinter sulap...kayak harry potter

edisamsuri said...

hampir sama dengan saya cuma saya kartu kredit, nggak jauh beda yang harus kita lakukan. satu hala yang psati kalau rekan blogger ngalami anti...SABR DAN SABAR bukan sabar karena hilang kartunay tapi sabar menghadapi birokrasi yang rumit itu

Zippy said...

Hmmm, repot banget...
Kayak kehilangan kendaraan pribadi aja, wkekekeke... :D

Budiawan Hutasoit said...

@bang ir...wah belajarnya lama bang..

@edisamsuri..betul, mesti sabar (sambil ngurut dada)..hehe

@zippy...iya, makanya spt edisamsuri bilang..sabaar..sabar..birokrat kita masih banyak yang belum berubah.

manusia biasa said...

wkayakkkkkkkk hilang bosssssssss. repot ueyyyy

unita said...

dulu saya juga pernah kartunya ketelen ATM. Karena ATMnya gak di bank ybs dan saya buka kantor di luar kota, juga harus bikin rekening baru. :( masalahnya kalo mo kartu ATMnya balik harus ambil di kantor pembuka rekening...lha, kalo orangnya kerjanya pindah-pindah gimana dunk...???
www.missunita.co.cc

Santosa Yudha said...

This is indonesia guys!malah aneh kalo gak repot n' ribet!hehe...

david said...

Wah mang repot juga kayak gitu....mendingin gak di bawa aja...he...he...he.../kn gak repot jadinya

Budiawan Hutasoit said...

@manusia biasa..betul bro'..kartunya sih besarnya cuman se-upil..tapi ngurusnya..minta ampyuunn..

@unita..nah itulah..masih banyak yg memegang teguh prinsip : kalau bisa dibikin susah, kenapa dibikin gampang..

@santosa yudha..tul.suka ga suka, pilih-lah saya..lho..apa-an sih..

@david..hmmmm, kalo ga dibawa lebih repot lagi kayaknya..hehe

BloGendeng said...

Lho jadi beli mobil hororku,bro? Atau sewa? Wah kan batal transaksinya huehue...
Ya namanya orang bisa juga kehilangan. Jadi pelajaran berharga dan diambil hikmahnya saja,bro.

Lala said...

jangankan ATM, org urus perpanjangan ama bikin baru SIM aja harga pake tawar menawar padahal orangnya berseragam loh :D

brigadista said...

untung bbrigadista nggak punya kartu Atm,..

Anna 'dTeepZ said...

emang prosedur bikin ulang ATM sangat2 ribett....mending kalo ilang gak usa bikin lagi.....buka rekening baru ajah trus deposit lama dipindahin ke rekening baru yang udah pasti kita punya kartu ATM nya

Itu sharing2 setelah beberapa waktu yang lalu sempet ker di BCA.....*koq menyebutkan instansi sie*....

Mending kehilangan sendal deh ketimbang kehilangan kartu ATM, ribet bo'.....pake ada surat laporan dari kepolisian lagi, tapi segala hal yang menyangkut duit mang ribet.......kaburrr ah kbanyakan komen...tar om budi sewot lagi rumahnya diobrak abrik

piss omm....