Berbagai Manfaat Minum Dingin dan Air Hangat

Keuntungan Minum Dingin dan Air Hangat
Berbagai Manfaat Minum Dingin dan Air Hangat. Sekitar 60% dari tubuh manusia terdiri dari air. Anda dapat bertahan hidup selama beberapa minggu tanpa makanan. Tetapi hanya 3 hari saja tanpa air, Anda dapat meninggal dunia.

Hal ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan, karena air melakukan begitu banyak fungsi penting dalam tubuh manusia. Air membantu menjaga suhu tubuh yang ideal. Air juga membuang keluar racun dan produk limbah. Selain itu air membantu dalam proses pencernaan dan metabolisme vitamin dan mineral.

Semua orang tahu bahwa konsumsi rutin air sangat bermanfaat, tetapi tidak banyak orang yang menyadari bahwa suhu air yang diminum apakah dingin atau hangat dapat membuat pekerjaan air lebih lanjut untuk keuntungan Anda. Berikut ini adalah berbagai manfaat minum air dingin dan hangat.


Manfaat Minum Air Dingin

Air lebih menyegarkan dan memuaskan dahaga ketika diminun saat dingin daripada suhu kamar. Ada beberapa manfaat lain meminum air dingin:

Minum air dingin akan membantu membakar lebih banyak kalori. 
Degan minum air dingin menyebabkan tubuh Anda akan bereaksi untuk membawa suhu tubuh ke suhu normal. Dengan memproduksi lebih banyak panas, tingkat metabolisme dipercepat dan lebih banyak kalori yang dibakar. Walaupun jumlah kalori yang terbakar dengan minum air dingin tampaknya tidak signifikan, tapi hal itu lebih dari cukup bagi seseorang yang sedang mempertahankan bobot tubuh.

Air dingin menurunkan suhu Anda. 
Minum air dingin membantu menyelamatkan tubuh Anda dari overheating, terutama saat Anda sedang bekerja atau ketika cuaca sedang terik panas. Peningkatan suhu tubuh dapat membebankan jantung karena pembuluh darah cenderung membesar. Konsumsi air dingin untuk menurunkan suhu juga membantu menangkal dehidrasi yang mungkin timbul dari keringat berlebihan.

Minum air dingin dapat "membangunkan" Anda.
Merasa lesu dan mengantuk tetapi tidak sempat membuat kopi? Minum air dingin sebagai gantinya. Hal ini akan meningkatkan denyut jantung dan menyebabkan lonjakan adrenalin sehingga Anda merasa terbangun.

Dapat membantu meningkatkan mood Anda. 
Menurut para ahli, makan es krim dapat merangsang area tertentu dari otak yaitu korteks orbitofrontal.yang bertanggung jawab untuk mood. Jika diasumsikan sama, maka minum air dingin juga dapat membantu mengangkat semangat Anda. Selain itu air dingin itu tidak mengandung gula dan kalori seperti es krim.

Manfaat Minum Air Hangat

Pengobatan Ayurveda mengatakan bahwa minum air hangat membantu meningkatkan pencernaan, mengurangi produk metabolisme serta untuk penyembuhan. Banyak orang mengatakan bahwa minum air hangat lebih menguntungkan daripada minum air dingin. Berikut ini adalah beberapa manfaat meminum air hangat:

Meredakan rasa nyeri. 
Dengan asupan air hangat maka dapat meredakan sakit kepala dan sakit perut serta kram menstruasi, . Konsumsi air hangat memberikan efek langsung menenangkan pada tubuh, sehingga memungkinkan saraf dan otot-otot untuk bersantai.

Minum air hangat membantu menangkal penuaan dini. 
Air hangat lebih efektif membuang keluar akumulasi racun dalam tubuh daripada air dingin. Dengan dikeluarkannya racun atau produk limbah tersebut dari sistem Anda, kulit bisa menjadi lebih lembut dan bersinar. Produksi protein struktural kolagen dan elastin juga akan meningkat, sehingga membantu menghilangkan kerutan.

Konsumsi air hangat membantu meningkatkan gerakan usus yang teratur. 
Hal itu karena air hangat membantu memecah makanan menjadi partikel yang lebih kecil, yang memungkinkan mereka untuk lolos melalui saluran pencernaan dengan lancar. Minum air hangat membantu menangkal sembelit serta gejala lain seperti kembung, gas berlebih dan kram perut.

Membantu meningkatkan pencernaan yang lebih baik. 
Minum air dingin selama dan setelah makan dapat menyebabkan lemak dan minyak dalam makanan mengeras, membuat mereka lebih sulit bagi tubuh Anda untuk diproses. Asupan air hangat umumnya baik untuk proses pencernaan karena membantu dalam memecahkan makanan dan membantu agar nutrisi dapat diserap lebih baik.

arrow_down_thumb5B15D1_thumb1

0 komentar: