02 May 2011

6 MANFAAT dan FUNGSI air bagi metabolisme TUBUH

manfaat_dan_fungsi_air

Apakah manfaat air bagi metabolisme dalam tubuh kita? Air merupakan komponen utama dari tubuh, rata-rata tiap orang memiliki 60% air dari berat tubuhnya. Semua sistem di dalam tubuh tergantung oleh air. Kurangnya air dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, yaitu keadaan yang timbul karena tubuh kekurangan air sehingga tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.

Berapa banyak air yang dianjurkan setiap hari untuk diminum? Tiap individu membutuhkan dalam jumlah yang berbeda. Kebutuhan air tiap orang sangat berbeda tergantung dari banyak faktor, termasuk kesehatan, seberapa aktif dan dimana kita tinggal. Tapi secara umum, dianjurkan untuk minum air sekurang-kurangnya dua liter atau sekitar delapan gelas per hari. Beberapa orang bahkan ada yang menjalankan terapi air yaitu di pagi hari ketika baru bangun tidur (bahkan tanpa sikat gigi terlebih dahulu) meminum 1.5 liter air, yaitu 5 sampai 6 gelas.

Secara alami tubuh kita akan kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urin dan pergerakan usus. Agar tubuh berfungsi normal, maka air yang hilang harus digantikan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung air. Sebagai zat gizi, air mempunyai tugas penting bagi tubuh manusia. Berikut adalah adalah beberapa fungsi air bagi tubuh kita:

1. Detoksifikasi

Tubuh manusia menghasilkan berbagai sisa metabolisme yang tidak diperlukan termasuk toksin. Berbagai sisa metabolisme itu dikeluarkan melalui saluran cerna, saluran kemih, saluran nafas, dan kulit. Untuk mengeluarkan sisa metabolisme tersebut memerlukan media, yaitu air.

2. Pembentuk sel dan cairan tubuh

Komponen utama dari sel, kecuali sel lemak, adalah air, yaitu sekitar 70-85 persen. Air sangat berperan penting dalam pembentukan berbagai cairan tubuh, seperti darah, hormon, cairan lambung, enzim dan sebagainya. Selain itu air juga terdapat dalam otot dan berguna menjaga tonus otot sehingga otot mampu berkontraksi.

3. Media transportasi

Struktur air terdiri atas dua atom hidrogen dan satu atom oksigen, sehingga dengan struktur ini, air dapat mudah bergerak dari satu kompartemen sel ke komparatemen sel lainnya, dari satu sistem tubuh ke sistem lainnya. Air merupakan media transportasi yang efektif. Dalam sistem pernapasan, air membantu transportasi oksigen ke seluruh tubuh.

4. Pengatur suhu tubuh

Air menghasilkan panas, menyerap dan menghantarkan panas ke seluruh tubuh sehingga dapat menjaga suhu tubuh tetap stabil. Melalui produksi keringat yang sebagian besar terdiri atas air dan garam, air berguna untuk mendinginkan suhu tubuh.

5. Pelarut

Air melarutkan zat-zat gizi lainnya dan membantu proses pencernaan makanan. Karena air merupakan zat anorganik, air tidak dicerna. Air dengan cepat melewati usus halus dan sebagian besar diserap kemudian turut berfungsi sebagai salah satu komponen mukus agar sisa zat makanan dapat keluar sebagai feses.

6. Pelumas dan bantalan

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, air juga berfungsi sebagai bantalan tahan getar (shock absorbing fluid cushion) pada jaringan tubuh, misalnya pada otak, mata, medula spinalis, dan kantong amniom dalam rahim. Manfaat air yang lain adalah berfungsi sebagai pelumas atau lubrikan dalam bentuk cairan sendi, yang memungkinkan sendi untuk bergerak dengan baik dan meredam gesekan antar sendi.

dari berbagai sumber / gambar: google.com

Artikel Terkait, Silahkan Dibaca:

2 komentar:

Osama Bin Laden is Dead said...

Makasih pencerahannya.. nambah Pengetahuan yang bermanfaat.

lidya said...

air sangat dibutuhkan sekali ya bang