Hati-hati, PENIPUAN dengan pura-pura membeli RUMAH

modus_penipuan_sms_dan_via_atm

Hati-hati, penipuan dengan pura-pura membeli rumah. Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma, demikian juga bagi para penipu maupun calon penipu, banyak cara yang mereka gunakan untuk menipu. Di era teknologi saat ini maka para penipu banyak memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mendapatkan uang secara tidak halal. SMS dan mesin ATM sering digunakan untuk memanfaatkan kelemahan korban. SMS Mama atau Papa yang minta diisiin pulsa pasti sudah tidak asing. Kalau cara yang ini sudah banyak yang tau, cari cara lain. Para penipu ini tidak bosan-bosannya mencari peluang ataupun modus operandi baru untuk menipu.

“Menganai rumah bpk/ibu yg mau dijual sdh sy surpa1 dan sy berminat sy tlp tdk bisa tembus. masalah hrga hub suami sy pak nopa 085213118118 tks”. Demikian isi SMS yang saya terima tanggal 7 Juli 2012 dari pengirim yang tidak saya kenal dengan no. HP 082334138591. Saya tertawa sendiri, dasar penipu geblek bin tolol. Saya tidak jual rumah ataupun tidak ada pasang iklan jual rumah. Ini pasti modus penipuan baru. Dan betul aja, di salah satu milis ada yang hampir saja kena tipu dengan cara penipuan seperti di atas.

Saya kutipkan isi emailnya supaya menjadi referensi bagi semua orang agar tetap waspada dan eling terhadap modus-modus baru penipuan sekarang ini.

Modus Penipuan Pura-pura Membeli Rumah

Ini kejadian yang saya alami sendiri. Saya memang menjual rumah saya di bekasi, saya upload melalui situs toko**gus.com. Tak sampai 2 hari ada yang sms saya dari 083896650947 dengan isi; Maaf, sy ibu sulastri yg kemarin liat RUMAH nya, mrasa cocok dan berminat, jd umtk masalah harga silahkan hubungi suami sya. H.RIDWAN di no 081219164757. Trims.
Setelah saya hubungi nomor yang tertera, dia mengaku bernama Haji Ridwan. mengaku sudah melihat rumah saya dan merasa cocok, hari itu juga dia menawarkan dengan bahasa yang halus, (logat bukan jawa), untuk tanda jadi sebesar Rp 10juta. Malam itu juga dia mau transfer ke rekening niaga saya melalui MANDIRI dia ke NIAGA saya.
Singkat cerita, dia menelpon beberapa kali, karena saya dalam perjalanan ke rumah (1,5 jam), saya abaikan telpon nya. Sesampai di rumah, dia telpon lagi, dan minta saya untuk cek ke ATM, apakah uangnya sudah diterima, alasannya karena dananya besar. Sampai sini saya masih belum curiga, saya beranggapan, namanya ornag udah transfer pasti dia berkepentingan untuk memastikan keamanan uangnya. Sudah sampai atau belum.
Saya jawab, saya akan cek ke CIMB CLICKS, karena saya punya akun online dari CIMB NIAGA, jadi transferan atau aktivitas apapun pasti terlihat. Saya cek, tidak ada perubahan dana. Dia telpon lagi dan menanyakan hal itu, lalu dia menanyakan lagi uang saya sebelumnya berapa dan sekarnag ada berapa.
Disinlah saya merasa tidak enak, ngapain coba dia menanyakan rekening saya, akhirnya tidak saya jawab, saya bilang saja yang jelas tidak ada perubahan saldo di rekening. Lalu dia ngotot untuk memaksa saya ke ATM, untuk cek langsung. Oke, saya turuti, karena ATM Niaga memang tidak terlalu jauh, setelah sampai, saya cek, memang tidak ada dana masuk sama sekali. Saya tidak membawa handphone, karena malas nih orang bawel sekali, pikir saya.
Sampai di rumah, istri saya bilang bahwa orang tadi menelpon lagi dan dengan nada kurang simpatik, menanyakan kemana saya, berapa lama balik, trus kok tidak bawa handphone, trus apa ada handphone yang lain.
Inti nya istri saya agak tersinggung atas nada suaranya yang tinggi.
Disini kecurigaan saya menguat, tapi saya masih tidak yakin ini penipuan.
Kemudian saya cek lagi cimb clicks, memang tidak ada. Dan dia (H Ridwan) nelpon lagi, dia bilang dia akan mengadu ke Mandiri Call, sementara dia menelpon, saya diminta untuk ke ATM Mandiri (bukan NIAGA) saja, agar dipandu untuk cek saldo dan transfer.
Oke, saya ke ATM lagi, tapi kali ini ke ATM MANDIRI, sesuai permintaan si penipu ini. kemudian dia telpon lagi, dia bilang akan melakukan conference call (trimitra / telpon bertiga) ke Mandiri untuk pengaduan, kenapa dana 10 juta nya tidak bisa saya terima.
Saya dengar pembicaraan dia dengan “MANDIRI CALL” (saya beri tanda kutip).
‘halo mandiri call, saya yang tadi, ini pak rocky mau bicara’
NAAAHHH kecurigaan saya makin menguat, kalau anda pernah menelpon mandiri call, anda akan sangat kecil kemungkinan untuk mendapatkan operator yang sama setelah menelpon untuk kali kedua atau ke tiga, karena itu adalah layannan hunting, operatornya bisa 100-200 orang per hari.
Mana bisa dia mendapatkan orang yang sama, harusnya dia memberi penjelasan ulang ke operatornya.
Setelah itu orang mandiri call nya ngomong ke saya, dia menyuruh saya untuk cek saldo ATM NIAGA saya di ATM MANDIRI (bukan NIAGA), dan menyuruh saya mengucapkan saldo tersisa, tentu saja tidak saya turuti, lalu dia mengaku sistemnya mandiri memang sedang ada masalah, jadi saya diminta untuk pull (tarik) dana, melalui transaksi lain, lalu ada pilihan transfer dana, kepada rekening, dan jumlah, untuk jumlah, dia minta ketika angka 09837632, atau berapa saya lupa, perhatikan angka 0 yang diminta, saat kita mengetik angka 0 di menu jumlah yang ditransfer, maka angka 0 akan hilang, jadi akan tertampil 9837632, artinya adalah uang sembilan juta lebih!!
Dan bila anda pencet OK, maka TIDAK ada konfirmasi / layar yang bertuliskan bahwa ‘dana akan ditransfer sejumlah sekian ke rekening atas nama bla bla’, berbeda dengan bila kita cek di ATM Mandiri pakai kartu ATM Mandiri, pasti ada konfirmasi itu sebelum dana dikirim.
UNTUK ATM BERSAMA TIDAK ADA KONFIRMASI ITU SEBELUM DANA DIKIRIM!!!! HATI2!!!
Inilah yang dimanfaatkan penipu itu.
Untungnya, alhamdulillah di detik terakhir saya sadar bahwa ini semua adalah penipuan, saya juga terperanjat dan sampai keluar keringat dingin, saya tidak pencet tombol OK. Saya matikan telpon saya.
Dana saya aman, tapi kurang dari satu langkah saja, saya akan kehilangan uang 10 juta rupiah… inna lilahi wa innailihi rajiunn….
Si penipu telpon lagi dan akhirnya saya maki2 habis2an, tapi telpon nya langsung ditutup.
….ya ampuuuunnn…. gumam saya…. sampai kasir di indomaret (gabung ama atm) nanya ke saya ada apa kok saya maki2…, saya ceritakan dan dia bilang pernah ada yang persis kaya saya, sampai nangis di depan indomaret… dia kehilangan 10 juta kurang, persis sekali dengan yang hampir saya alami… astaghfirullah…
Buat anda semua yang baca, hati hati akan hal ini yah, jangan sampai terjadi pada anda atau keluarga anda atau teman2 anda karena modus ini sudah marak…
Si penipu ini niat sekali nipunya, dia membuat ‘MANDIRI CALL” palsu beserta operatornya yang juga penipu, sampai ada rekaman lagu mandiri call juga persis, dan ada ‘automatic tone’, yang kita disuruh pencet satu untuk indonesia/ inggris dll, baru tersambung ke operatornya, MIRIP!
Oiya silahkan sebar email ini, bukan hoax dijamin, dan nomor penipunya sekalian disebarkan, dan hati hati juga memasang iklan di situs http://www[dot]toko**gus[dot]com/ yang saya sebutkan tadi, cukup banyak mahluk biadab yang login yang siap sedia menipu ratusan mungkin ribuan yang posting disana.
Semoga para penipu itu bertaubat, dan bapak polisi mengambil tindakan yang sesuai kaidah hukum di indonesia… amin…
Akhirulkata, wassalamualaikum…
Salam Karakter,
Ir. William Wiguna, CPHR.,CBA.,CPI.
Care Plus Indonesia® The First Life Time® Program & Counseling PIN BBM: 26183621, Twitter @williamwiguna, FB: William Wiguna, HP: 0818-839469, 021-94746539

email di atas saya kutip dari milis tangan di atas / gambar: koleksi pribadi

7 komentar:

Obat Herbal Keputihan said...

saya baca dari awal sampai akhir,,,ya Allah,penipuan sekarng benar2 pintar,,bagi orang seperti saya mungkin akan tertipu,,,nama penipunya jadi inget nama penipu di tempat saya pak yang pesan barang tidak bayar,,

ninneta said...

terimakasih...

informasi yang sangat berguna...

Anonymous said...

Saya kemaren juga mengalami hal yg sama dgn nomor ini:
Berniat juga sih saya 'mengerjai' orang ini.
Akhirnya setiap pembicaraan dgn dia saya Rekam... dan sekarang sdh ada 10 sesi rekaman, dgn durasi per penbicaraan ada yg 20 menit-an.
Nantinya kita diarahkan tuk transfer ke BRI a/n NOVA 381001000916506 . dan petunjuknya saya lakukan tuk bisa mendapatkan foto trx saya di atm. 1. Mereka meyuruh kita cek saldo (saldo saya 1.700.910,- saya katakan 80.700,910,
2. memandu tuk menekan tombol di ATM, dgn tujuan tranfer ke rek-nya.
3. dipandu tuk memasukkan angka 8 dan 9 6x (maksudnya 8999999, saya masukkan 899 saja), akan muncul rek a.n NOVA nya dgn jumlah tranfer 899 , dia akan buru-buru tekan ya, ya lanjut. (saya tekan tidak-nya)
4. selanjutnya dia akan tlp terus.. saya bilang saja sudah ada struknya. (dan saya bacakan struk yg ada dgn trx biasa, dgn mengganti nilai nama rekaning penerima.)
Selanjutnya.....

Obat Herbal Kanker Payudara said...

mantap,,,alhamdulilah sebelumnya saya bca artikel ini,,,dan tidak lama saya juga dapat sms serupa,,tapi saya balas dengan dalil agar segera sadar,,hehehe...

Anonymous said...

penipuan ini juga terjadi pada pemasang iklan jual mobil di koran2.

david said...

Untung saya baca artikel ini.

beberapa kali saya juga mendapat sms senada setelah pasang iklan di to**b**us.com
namun yang seperti ini tidak pernah saya layani, karena sangat janggal sekali.

Kalo orang mau beli rumah seharusnya lihat dulu lokasinya, rumahnya. Eh, ini tiba2 aja mau bayar, bahkan saya pasang iklan apa smsnya apa... awalnya saya pikir salah sambung. tapi kok bernada sama tapi ganti2 nomor, ini pasti modus penipuan.

yang seperti ini kalo dilayani cuma buang energi dan bikin emosi. yang jelas penipuan seperti ini harus segera ditindak lanjuti agar tidak jatuh korban.

Anonymous said...

Astaghfirullah...saya dan suami juga dptm sms2 yg sama, alhamdulillah saya cek ada bbrp nmr hp sama koq ngakunya dr nama yg berbeda..
Saya search dan baca postingan bpk Ir. William Wiguna sungguh terkejut. Bagaimana bila ini tjd pd orang yg tdk melek internet pasti sdh tertipu via sms. Utk pak William matursuwun saget atas infonya saya terhindar dr penipuan. Terima kasih banyak sekali lagi.