Beberapa manfat dan khasiat TEH HIJAU untuk kesehatan tubuh

teh_hijau_manfaat_fungsi_kesehatan

Teh adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Teh merupakan minuman yang mengandung kafein dan dihasilkan dari daun atau pucuk daun teh (Camellia sinensis). Secara tradisionil teh dapat kelompokkan atau dikelaskan ke dalam empat golongan besar yaitu, teh putih, teh hijau, oolong dan teh hitam. Pengelompokkan ini biasanya didasarkan atas tingkat oksidasinya. Salah satu dari kelompok teh tersebut yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan adalah teh hijau.

Teh hijau memiliki rasa yang lebih lembut dibandingkan teh hitam. Setelah dipetik, daun teh dikeringkan dan segera dipanaskan untuk menghentikan proses fermentasi. Teh hijau mengandung kafein yang lebih rendah dari teh hitam, yaitu sekitar 25 mg kafein per cangkirnya. Teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut catechins. “Senyawa aktif ini untuk mencegah kanker dan semua penyakit yang berhubungan dengan jantung,” kata Karen Collins, ahli gizi dan konsultan nutrisi di American Institute for Cancer Research, Washington.

Dapat dikatakan teh tidak hanya sebagai pelepas dahaga, secangkir teh juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa khasiat minum teh hijau:

1. Menurunkan Berat Badan
Teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan rutin meminum teh hijau, maka akan membantu membakar lemak hingga 80 kalori per hari.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker dan Jantung
Teh hijau kaya akan antioksidan yang memerangi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan penggumpalan darah, kanker, jantung, hingga kerusakan DNA. Teh hijau juga mampu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

3. Mengobati Jerawat dan Eksim
Terdapat banyak produk perawatan wajah yang mengandung teh hijau. Salah satu manfaat terbesar dari teh hijau adalah dapat mencegah serta mengobati jerawat. Teh hijau pun bisa mengatasi eksim atau peradangan kulit seperti melepuh atau berbentuk gelembung kecil yang berisi cairan. Untuk mencapai hasil maksimal, kita dapat mengonsumsi teh hijau sedikitnya 3 cangkir setiap hari.

4. Panjang Umur
Menurut studi yang dilakukan di Jepang pada tahun 1994, orang yang mengkonsumsi lima cangkir teh hijau atau lebih setiap harinya, memiliki risiko kematian lebih rendah pada usia muda daripada yang sama sekali tidak minum teh hijau. Survei tersebut dilakukan terhadap lebih dari 40.000 orang.

5. Meningkatkan Memori dan Kemampuan Bekerja
Teh hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif. Anda bisa lebih baik saat menghafal dan bekerja. Epigallocatechin gallate (EGCG) merupakan jenis catechin yang terkandung dalam teh hijau yang dapat melindungi otak dari kerusakan serta memiliki kemampuan untuk mencegah kanker.

6. Awet Muda
Salah satu khasiat dari teh hijau adalah awet muda. Kandungan antioksidan, vitamin C, dan E akan membantu kita tampak lebih muda. Namun, kita harus minum teh hijau secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Kebersihan Gigi
Teh hijau juga berfungsi untuk membersihkan gigi. Kandungannya melindungi gigi kita dari racun yang disebabkan oleh fluorida alami. Dengan demikian, teh hijau bisa melindungi gigi serta menjaga aroma napas tetap segar.

gambar: www[dot]123rf[dot]com

3 komentar:

Obat Tipes Herbal said...

saya masih bingung teh itu ada berapa macam gan? terus teh yang sering dijual seperti teh celup itu teh hijau bukan ya?

Daftar ONH Plus said...

subhanallah byk bgt ya manfaatnya, mau coba ah..

Ronny Deddy Rondonuwu said...

Saya juga penggemar teh, tiap malam pasti ngeteh dulu ah :)