TIGA cara menghindari DEAD PIXEL di layar LCD

tips_menghilangkan_dead_pixel_lcd

Cara menghindari DEAD PIXEL di layar LCD. Layar LCD atau Liquid Crystal Display sudah menjadi sesuatu yang semakin dekat dengan kehidupan manusia. Selain digunakan sebagai layar di beberapa produk elektronik seperti jam tangan, kalkulator, ponsel atau laptop, teknologi LCD yang menggunakan sejenis kristal cair saat  ini juga dipakai untuk televisi dan layar monitor.

Harga LCD yang semakin terjangkau serta kualitas tampilan yang juga semakin baik membuat banyak orang rela merogoh kantongnya untuk membeli, supaya dapat menggunakan perangkat yang mengusung teknologi tersebut. Seperti kebanyakan produk elektronik maka kerusakaan tidak dapat dihindari. Yang perlu dilakukan adalah menjaga atau merawat perangkat elektronik agar terhindar dari kerusakaan. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari layar LCD dari kerusakaan seperti dead pixel.

Dead Pixel adalah kondisi ketika pada layar LCD terdapat pixel yang mati sehingga tidak bisa menampilkan warna-warna tertentu. Ada cara untuk mengetahui apakah layar LCD kita ada dead pixel atau tidak. Pastikan layar monitor sudah bersih dari segala kotoran dan debu. Lalu pilih tampilan desktop tanpa background dengan warna hitam. Kemudian amati  dengan teliti di layar tersebut apakah ada titik berwarna merah atau tidak. Jangan menekan titik merah ini, karena cara ini tidak disarankan untuk menghilangkan dead pixel di layar LCD.

Jika kita rajin merawat dan mengikuti aturan yang tercantum di buku manual, kemungkinan munculnya dead pixel dapat diminimalkan. Tiga langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari dead pixel di layar  LCD adalah:

1. Tidak menekan layar LCD dengan cara apapun, baik dengan jari maupun benda lain. Jika kita menggunakan laptop, hindari meletakkan benda apa pun antara keyboard dan layar monitor saat laptop dilipat. Hal ini dapat memicu munculnya dead pixel serta dapat menggores layar.

2. Ketika membersihkan layar LCD, sebaiknya gunakan terlebih dahulu blower, agar layar tidak tersentuh tangan. Namun, jika ada kotoran yang membandel, pastikan kita menggunakan kain yang benar-benar lembut.

3. Cara ketiga menghindari DEAD PIXEL adalah menghindarkan layar LCD dari segala macam benturan dan berada dalam temperatur yang terlampau ekstrem.

gambar: google.com

5 komentar:

buyung said...

wah bagus banget ni artikelnya, makasih bnyak buat infonya, jngan lupa buat kunjungan balik ke web'ku ya, thx

Zippy said...

Waduw, saya biasanya bersihin layar monitor laptop pake jari bang, wkwkwkw...
Males ribetnya, hahahah... :))

Cara mengobati Penyakit Darah Tinggi Secara Alami said...

waah,,gitu ya caranya..emana LCD sekarang udah gak asing di telinga bahkan telah banyak digunakan,,,
jadi terima kasih ya buat infonya,,,

Admin Web said...

Numpang komentar nih, blog dan artikelnya bagus juga, komentar juga ya di blog saya www.memebee.net

Aneka Online said...

Sudah lama tidak mampir di blog ini, karena sekarang sedang belajar optimasi lewat SEO. Biar natural gitu :). Artikelnya di blog ini makin banyak dan bagus, membuktikan keseriusan admin dalam mengelolanya.