Pakailah helm di kepala...

Helm...siapapun tau dan kenal benda ini, termasuk saya. Helm merupakan bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan atau dipakai di kepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin atau plastik. Ada helm yang digunakan untuk keperluan militer, untuk olahraga, pertambangan maupun berkendara. Umumnya pengendara sepeda motor pasti menggunakan helm, seperti para pemudik yang mudik dengan sepeda motor pada saat Idul Fitri kemaren. Bahkan untuk melindungi pengendara sepeda motor di Indonesia, telah dibuat undang-undang tentang kewajiban memakai helm bagi pengendara sepeda motor. Undang-undang No. 14 tahun 1992 Pasal 61 ayat (3) dan PP no. 44 tahun 1993 mensyaratkan bagi semua pengendara sepeda motor dan penumpangnya untuk memakai/mengenakan helm di kepala. Penumpang yang tidak memakai helm - di kepala - dikenakan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan, atau denda sebesar Rp.1.000.000 (satu juta rupiah). Undang-undang ini menegaskan bahwa helm itu dikenakan/dipakai di kepala bukan di anggota tubuh lainnya.

Entah pengendara ini tidak mengetahui isi undang-undang tersebut di atas, atau helm yang dimiliki  baru dibeli sehingga sayang dikenakan/dipakai di kepala, maka inilah yang terjadi...

helm_dikepala 
Sumber foto: koleksi pribadi

31 komentar:

Joker said...

patuhilah rambu2 lalu lintas

HoneyBUZZin said...

Disini pun serupa...terutama sekali di pekan-pekan kecil. Mungkin mereka tidak sedar perlunya memakai helmet dan lupa kemalangan itu tidak berbau.
Begitulah....

NURA said...

SALAM SOBAT
iya betul sobat
pakai helm buat melindungi kepala .
ini foto yang naik motor ngga pakai helm,,mau menanggung resiko nich,kalau jatuh celaka,,kan sayang kepalanya ..nekad sih..

selamat idhul fitri 1430 H
Maaf lahir batin sobat.

dhemz said...

thanks for the visit.

Manchester United Indonesia said...

tapi, kalau ketahuannya di pinggir jalan ama polisi, dendanya cuma 20 ribu aja bang...he3x

Dinoe said...

Benar bang..kadang2 kesadaran ber lalu lintas sangat kurang, padahal helm itu gunanya sangat bagus buat ngelindungi kepala apabila jatuh..

shahfutra said...

rapot kali di pake wkkk

KOKON9LOVE said...

Ntr kalo di pake helmnya...tataan rambutnya bisa hancur ...butuh ke salon lagi buat benerin ....wkwkwkwk

Zippy said...

Tumben bang posting helm2'an, xixi...
Kalo saya sih gak tentu, kalo pergi'x cuma dekat, biasa'x males pake...
Ribet N rambut saya bisa jadi lepek, ganteng'x bs kurang, wkwkwk...

ammadis share said...

Klo saja UU itu di terapkan dengan tertib....wah dah banyak yg tekor tuu yaaah....

www.sampara.com said...

Pakai helm tuh bagus kog, Malah lebih gagah kl pake helm. Juga banyak manfaatnya kog

Seri said...

seri ngak pernah naik speda jadi ngak tahu apa rasanya pake helm. tapi kalau aksiden seri pernah liat orangnya ngak hidup malah helmnya hancur, ngeri sekali.

reni said...

La mereka itu penjual helm keliling kok Bang.... hehehehe.....

Wisata Riau said...

wah.. kecauuu... tuh yg make helm.. di siku...... hehhee....
sebenarnya siku atw kepala yg mau dislamatin.... hehehhe...

deINDIES said...

Sepertinya butuh sosialisasi penggunaan helm yang bener nih hahaha

Aneka Tips said...

Mungkin dia takut tangannya tercemar udara :D

Krishna said...

Hi Thanks for your kind visit.

http://celebrity-females.blogspot.com/

karila said...

hahaha...sekarang raja jalanan bukan truck ato bis lagi..tapi para pengendara motor..sliat-sliut..enak banget.. :)

hendrie k_bejo said...

Setahu Gue Helm emang dipakenya sih di Kepala, Emang Ada Helm2 Laen yg bisa dipakai ditubuh kita..?? oh gw tau Helm yg dibawah yah wkkkkhhh...!

dede said...

Ada dua versi bang tentang pakai helm di kepala, yang di maksud kepala yang mana hehehe

kakve-santi said...

kalo ada pilihan helm taro di kepala ato di (maaf), bokong, orang bakalan taro di bokong!

nada said...

emang org indonesia penuh kreativitas bnag

MINYAK ANGIN AROMATHERAPY said...

Minyak
Mohon maaf lahir dan batiin.
Met idul fitri yach...?!

MINYAK ANGIN AROMATHERAPY
Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

@ Coy said...

TUh sih lebih tepat disebut helm tangan ketimbang helem kepala hehehehehe....

Diktat Kuliah Manajemen said...

pakai helm untuk melindungi kepala
safety first
thanks
Distance Learning Management
Sharing Knowledge

sewa komputer dan printer said...

visit to website, skalian blajar bisnis..thanx..

Ahmad Syahmi b. Harun said...

helm perlindungan, moga selamat

al-basri said...

salam sobat,
dikampung aku biasa aja begini sob, gak sayang sama kepala kok..

terima kasih sob, untuk pesan dan info yang manfaat..

Willyo Alsyah P. Isman said...

Duh...kuat mana kepala ama aspal sih...

devianty said...

hayo pakai kalau berkendaraan motor, jangan lupa pakai helm ...met pagi bang...

sewa komputer dan printer said...

visit to website, skalian blajar bisnis..thanx..