Déjà vu : kayaknya saya pernah.....

Dejavu

Ditengah-tengah asyiknya ngobrol dengan teman, tiba-tiba saya merasa : kayaknya saya udah pernah mengalami kejadian mengobrol ini sebelumnya. Dan berusaha keras untuk mengingat kapan dan dimana. Tapi tidak berhasil. Yang saya yakini saya pernah mengalaminya.

Peristiwa yang saya alami tersebut dinamakan Déjà vu, sebuah perasaan aneh yang mengatakan bahwa peristiwa baru yang sedang kita rasakan sebenarnya pernah kita alami jauh sebelumnya. Peristiwa ini bisa berupa sebuah tempat baru yang sedang dikunjungi, percakapan yang sedang dilakukan, atau sebuah acara TV yang sedang ditonton. Lebih anehnya lagi, kita juga seringkali tidak mampu untuk dapat benar-benar mengingat kapan dan bagaimana pengalaman sebelumnya itu terjadi secara rinci. Yang kita tahu hanyalah adanya sensasi misterius yang membuat kita tidak merasa asing dengan peristiwa baru itu.

Menurut Wikipedia : Déjà vu (/ˈdeɪʒɑː ˈvuː/) adalah sebuah frasa Perancis dan artinya secara harafiah adalah "pernah lihat". Maksudnya mengalami sesuatu pengalaman yang dirasakan pernah dialami sebelumnya. Fenomena ini juga disebut dengan istilah paramnesia dari bahasa Yunani para (παρα) yang artinya adalah "sejajar" dan mnimi (μνήμη) "ingatan". Menurut para pakar, setidaknya 70% penduduk bumi pernah mengalami fenomena ini.

Ada beberapa teori yang mencoba menjelaskan fenomena Déjà vu, misalnya ada yang menyebutkan terkait dengan umur dan penyakit degeneratif, lalu ada juga yang mengaitkan Déjà vu berasal dari kejadian serupa yang pernah dialami oleh jiwa dalam salah satu kehidupan reinkarnasi sebelumnya di masa lampau.

Dalam otobiografinya - Tusday Lobsang Rampa, seorang Lama di Tibet - yang berjudul Mata Ketiga disebutkan : "pada saat manusia berbaring untuk beristirahat, jiwanya melepaskan diri dari badan wadagnya, dan akan melayang-layang ketika tidur datang. Jiwanya akan tetap berhubungan dengan tubuh fisiknya melalui sebuah 'benang perak' yang akan tetap berada ditempatnya sampai saat kematian. Mimpi-mimpi yang dialami oleh seseorang adalah pengalaman yang dialami oleh jiwa pada waktu tidur.

Apakah kejadian di atas ada hubungannya dengan Déjà vu ?

Saya tidak bisa menjawabnya. Tapi yang pasti saya pernah mengalami Déjà vu. Bagaimana dengan teman-teman, apakah pernah mengalami Déjà vu ?

Oya, kalau pas membaca artikel ini dan merasa, koq saya pernah melihat blog ini ya? Itu bukan karna Déjà vu. Tapi itu karna sobat pernah dan sering blogwalking ke sini atau sedang googling dan nyasar ke sini..hehe

Sumber gambar : www.timrusswebpage.net

56 komentar:

yoyok said...

pertamax dulu..baca nya tar..

ridwanox said...

iya bang budi saya juga penah mengalami begitu kadang saya berpikir saya pernah mengalaminya sulit untuk mengingat kembali.....

Ayo DUKUNGANNYA...Selamatkan Ibu Prita...Sebuah Pemikiran Tentang Kehidupan Negeri Ini

Alphawave said...

iya bang... pernah beberapa kali merasa dejapu.. :) perasaan yang aneh bukan?

Blok c No.3 said...

betul sob..kayaknya gw kok pernah liat blog ini yah...kekekeke...

HoneyBUZZin said...

Saya pernah mengalami peristiwa sebegitu...saya pernah terlihat sesuatu sebelum saya benar-benar melihatnya. Saya terus terfikir-fikir..dimana saya pernah lihat ini atau...
Sungguh misterius...
Bagus entrynya kali ini my bro. keep it up!

budi said...

Kalau menurut saya sih..bkn karena reinkarnasi, hanya memori semu dari pikiran kita dan disetujui oleh pikiran kita sendiri.....mungkin kali...hehe...

reni said...

Awalnya aku ngira aku merasa udah pernah melihat blog ini... Tapi spt kata Bang Budi, itu bukan karena de deja vu..., tapi karena sering bgt mampir kemari hahaha...
Selain itu.., aku gak ingat pernah mengalami deja vu... ^_^

Yudie said...

Tiap orang kayanya pernah ngalami yg namanya DeJavu ini Pak... memang blom ada ilmu pasti yg bisa menjelaskan...tapi it's real happen...
lhaaaa...kayanya saya juga pernah deh nulis komen seperti ini...hahahha... De Javu juga dong..

Fanda said...

Aku pernah juga ngalamin, mas! Pas di tengah2 suatu pembicaraan. Anehnya, jawabanku jg sama seperti yg aku ingat itu. Fenomena yg blm ada penjelasan pastinya.
Btw, aku juga baca Mata Ketiga-nya Tuesday Lobsang Rampa. Bagus banget loh!

Dinoe said...

iya bang...sepertinya kita sekarang dgn masa lalu atau alam bwh sadar.. masih punya kotak..walau secara halusinasi..

astri astronot said...

pertamaxxx

wew bener juga tuh oom
kalo de javu seolah olah kaya paranormal
ngerti yg bakal kejadian
hehehe

Q_XidiX said...

Iyya nih Om saya Juga pernah ngalami... Seperti pengalaman waktu kecil terulang kembali

Tips of Blog said...

Lebih konsentrasi lage bang tar dia muncul...,,hehe bagaimanapun hal itu pasti dah terekan di otam bawah sadar kita..,,

:)

willy said...

aku jg sering bang. tp kadang2 ga terlalu kupedulikan.

piet said...

Deja vu?? istilah ini sudah sering saya dengar tetapi baru kali ini nih paham artinya...saya kira ini "something to describe"
thnks for this post

antique said...

Setuju sob... aku percaya ma Deja vu.. sering kealami.. apapun artinya, yg pasti ketika dapet Deja vu, kita berusaha mncoba mengingat kmbali kapan kejadian tersebut teralami...

andie said...

saya sernig juga tuh ngerasa kayak gitu mas.
kirain saya punya indera keenam.
halah.
heheh :D

Ani said...

Finally, bisa menemukan artikel ttg De Ja Vu, dari dulu aku penasaran ttg hal ini. Dan bener banget aku kadang2 merasakan suasana dan percakapan yg rasa2nya pernah terjadi/pernah kulakukan entah kapan yg aku nggak tahu dan sulit diingat. Ternyata nggak hanya aku ya yg begitu ? Thanks mas sudah sharing ttg ini.

sehat dengan reiki said...

Mas Budi barangkali keinginan Anda untuk belajar Reiki nanti akan terjawab masalah De Javu ini. Dalam tradisi Reiki yaitu Kundalini Reiki ada salah satu treatment Past Life Reiki yang apabila kita berbakat kita bisa melihat ke kehidupan masa lalu kita itu sebagai apa, pernah hidup di zaman apa dan cara ini bisa dilakukan dengan REGRESI.
Tapi kejadian ini bagi orang yang percaya akan Reinkarnasi saja lho.
Saya lihat Mas Budi ini punya talenta ke arah bidang Metafisika. Pernahkan suatu saat lalu mencatat deskripsi alam mimpi Anda tempat kejadian mimpi, dengan siapa bermimpi,lokasi mimpi dst...Bila mau mencatat deskripsi mimpi ini artinya kita selangkah maju untuk mengenal Kesadaran Jiwa kita dibandingkan orang lain yang tidak tahu apa-apa akan kesadaran Jiwa dan tahunya hanya Kesadaran Fisik saja.
Silakan praktekkan Reiki dengan telaten lebih dulu, nanti jalan ke arah De Javu akan menemukan jawaban sendiri asalkan percaya akan kesadaran ROH yang tidak akan pernah mati sekalipun badan wadah kita ini mati dan pernah mati.

rayyhan said...

kayak nya saya blum pernah tuh

andro_simar said...

wah,, kayanya saya pernah juga gitu bang,, :D

NoRLaNd said...

gw jg sering tuh... 1 minggu bs 2x alamin T_T

Des3ZONER said...

Saya sering mengalaminya...

erwinyustiawan said...

hanya tuhan yang tahu..hihihi

orange said...

I also had experienced things like that

Rahasia Search Engine said...

bener tuh mas...
saya juga sering mengalami hal tersebut...
seakan-akan kita pernah mengalami hal seperti itu sebelumnya...
tapi kita ga bisa mengingatnya dengan pasti...

salam kenal yah....

Linda Belle said...

pernaaahhh....
misalnya lagi mk makan ayam eehh kok perasaan pernah mkn ini ayam sblmnya deh hihihihi....

Miss Anna said...

wah bener banget om...smua org pernah mengalaminya sadar atopun gak sadar ....tapi chemistrynya itu loh om yg mbangkitkan sensasi

Apih Yayan said...

nice artikel bang budi..keep share..

hendra said...

saya juga sering mengalami hal itu sob... mungkin itu sebatas perasaan saya..
setelah saya tanyakan ke beberpa oarang saya menemukan satu jawabn yang masuk akal, yaitu : itulah kodrat.. apa yang menjadi kedepannya sudah digariskan dan sudah ada gambarannya dan bayangannya, jadi kita ini hanya menjalaninya saja..
pun saya masih sedikit bimbang, pertanyyaan kebimbangan saya adalah...kok bisa begitu ???

nada said...

katanya bukan 'kayanya pernah ngalamin deh'
tapi emang bener2 ngalamin,
ceritanya sisi spiritual kita yang lain yang belum menyatu dengan kita yang ngalamin
tapi lintasan2 perisitwa itu nyasar kemana2
termasuk ke diri kita yg lain yg masih terpisah

Pixel said...

Kalau menurut saya kayak fenomena hipnotis atau yang lebih mudahnya kayak saat kita memikirkan sesuatu lalu tiba2 muncul (yang kata orang kebetulan) tapi kok sering ya....

Nggak mirip tapi menurut saya fenomenanya sama...

Saya kok kayak pernah nulis kayak gini ya... hihi...

Nice Posting bang.

penchenk said...

Wah Q kok kliatannya kasih comment di blog ini ya :D ... numpang absen j sob, sambil cari backlink yg banyak he..he.. *kabur*

Rinto said...

hampir setiap orang pasti pnh ngalami...coba tanya ma Psikolog, katanya sih itu alam bawah sadar

Natalia said...

kalo saya termasuk sering siy..gak tiap hari, cuma aneh banget yah..kalo bisa githu...

Natalia said...

kalo saya termasuk sering siy..gak tiap hari, cuma aneh banget yah..kalo bisa githu...

Franky said...

saya juga pernah mengalami hal begini.Baru tahu, namanya dejavu toh.Informasi yang bermanfaat,thanks bang

yulia said...

iya, aq juga pernah ngalamin yg namanya de javu kok,

itjallcorleone said...

Kayaknya, aku juga pernah deh ngalaminnya...... Aneh bercampur heran aja....

yanuar catur rastafara said...

mungkin de javu itu ada jauh di alam bawah sadar manusia
jadi ya agak susah juga sich,,
hehehehehe

#Bara said...

ya bang, aku pernah ngalamin tuh dejavu, dari lieratur yg pernah sy baca, biasanya kejadian itu telah terekam melalui mimpi, nice post, jd ngingetin lg nih.

ria_adria said...

pernah ih ngerasain kaya gtu
hampir sering kayanya

sino said...

pengen dejavu ke masa-masa ML ma temenku dulu,wakakakkaka

NB: ML : main lilin

hendro said...

kayanya pernah ngalamin juga, tapi tanpa sadar kayanya hoho

orange said...

nice info. . . keep smile

Joko Blog said...

Saya sering mengalami... trus dulu ada radio kamus djavu mo ikutan siaran eh malah kebakaran :) :(

donna510 said...

Saya sering bang "deja-vouz" ... kalau lewat warmo suka punya perasaan saya pernah ngutang ... padahal memang saya ngutang.

Ruang Kita said...

wah sering banget waktu kecil.. :) setelah dewasa agak jarang nih Deja vu .. kalo de Java apa ya..:P nice post Bang

Panca said...

Kayaknya aku pernah lihat ini tulisan, ternyata bang budi toh? hehehe

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Aku juga pernah ngalamin dejavu,...

Nice post Kang.

Yunan said...

Aneh ya sob..kayaknya besok gw kok akan liat blog ini yah...xixixixi...

Tazkiyatunnafs said...

Tapi banyak orang yang g ingat kalau dulu sebelum lahir dia berjanji akan bertaqwa pada Tuhannya

goceng said...

pernah dengar...dan mungkin pernah mengalaminya...
susah di ungkapkan...di ingat2 pun susah tuk nyambung...(bukan pikun)

Adhini Amaliafitri said...

dejavu? hooo.. sering banget ngerasin itu!! :))

kalo udah ngerasa, paling cuma bisa diam sesaat. mikir, inget2, baru dehh sadar lagi kalo lagi ini sudah nyata, hihihii

Novian said...

Blogwalking @ afternoon, nice blog and article... visit me back ok.....

Anonymous said...

harusnya dari pihak rs harus bisa menerima kritikan dan saran dari pihak pasien... agar bisa merubah dari kesalahan yang kecil dan bisa memperbaikinya....