02 February 2009

Membedakan ikan jantan dan ikan betina

findingnemo

Saya ingat waktu masih menjadi asisten dosen di Fakultas Perikanan, Institut Pertanian Bogor dulu (jelek-jelek gini pernah jadi asisten dosen lho..hehe), di salah satu praktikum mata kuliah Ichtiology (ilmu yang mempelajari tentang ikan, bukan blog) saya pernah tanyakan ke adik kelas pertanyaan berikut ini. Bagaimana caranya membedakan jenis kelamin ikan jantan dan betina. Beragam jawaban yang diberikan. Ada yang bilang begini, ada yang bilang begono. Saya bilang ada cara yang gampang. Mau tau caranya?

Caranya begini. Ikan kita tempatkan di satu toples besar, lalu kita masukkan cacing jantan dan cacing betina. Jika yang dimakan cacing betina, maka ikan tersebut berkelamin jantan. Kalau yang dimakan cacing jantan, so pasti ikan itu ikan betina.

Adik mahasiswa tambah bingung.. "Lha kak..gimana caranya kita menentukan cacing betina atau cacing jantan?"

Gampang. Masukkan ikan betina dan ikan jantan. Kalo yang memakan ikan betina, maka cacingnya adalah cacing jantan. Demikian juga sebaliknya. Jawab saya sambil berjalan meninggalkan rombongan adik kelas yang jelas semakin bingung. Bingung ngeliat ikan dan bingung juga ngeliat saya, koq ya ada kakak kelas yang kayak begini jadi asisten dosen..haha.

Jangan terlalu serius dong...Nyante aja lagi..

Artikel Terkait, Silahkan Dibaca:

80 komentar:

Charletta said...

hahaha..
ada2 aja boss
=P

TUKANG ARSIP said...

wkwkwk kok begitu bang ada2 aja

sibaho said...

kalo ikan jantan makan cacing jantan juga, namanya apa lae? *ada gak sih ikan banci*

tyas said...

kalo aku sih tinggal nanya aja..
hallo apa kabar mas? kalo dia gak jawab.. berarti dia betina.. nggak mau dipanggil mas..

Andi said...

Wakakaka waduh kacau juga nih kalau mau bedain ikan jantan sama betina nunggu aja yg lahirin yang betina :P

marsudiyanto said...

Saya suka postingan yang begini ini...

ardisonic.com said...

mas mas sekarang gantian gimana caranya bedain ekor ama kepala sama tu cacing? hayo jawab

bunda 4zka said...

Hemmm... ada-ada aja.
Padahal dah serius baca loh pak !!
tertipu nih hehe

Rumah Islami said...

kena deh :)

om-teguh said...

tanya aja ikannya,rokoknya merk apa,kalo dia jawab,artinya cowok,tapi kalo ga jawab,berarti dia ga punya duit buat beli rokok,hehehe......

Atca said...

he..he...
kacau nih abang...kirain ada caranya....hiks...
Btw seruuuuuu

putri solo said...

Saya juga tanya apa ikan juga tidur? Kalau tidur kan matanya merem apa ndak nabrak dinding akuarium/karang?

ernut said...

waa asisten dosen ora beres iki!

' Li ' said...

ud serius niy banget...
gak taunya cacing makan ikan...wahhh..hahahaha...

Bintang said...

hahahaha...lumayan bud..jadi ilang capeknya...

Lyla said...

wah... mas bud ganti jalur ya jadi pengamat jenis kelamin ikan hahahah

MJ said...

wah kalo aku suruh mengamati jantan atau betina hiu mending surh ngeblog aja dehhh... hehehe

Zippy said...

Wah, ntar lebih jelasnya saya bakal nanya ke ikannya langsung deh...
Apa bener kalo ikan betina makannya cacing jantan dan sebaliknya, wkekekekek...

Chiprut said...

lha ini sih sama dengan cara membedakan zebra jantan sama zebra betina.

kalo zebra jantan, warna dasarnya hitam dengan garis2 putih

kalo zebra betina, warna dasarnya putih dengan garis2 hitam

wkwkwkw...........

The Dexter said...

Kalau nanya juga bingung caranya gimana? apa pake tester kali yah...

ipanks said...

bwakakaka si om bisa ajah

Rocker Insyaf said...

Malam sob...salam kenal yah dari orang jauuuuuuuh banget...mampir balik atuh...

exelinca said...

Ternyata bisa juga begitu? Tips yang bagus.

awan_clickerz said...

wah..bisa toh ternyata..Hmm

IHSAN said...

terus Pak membedakan
membedakan ikan jantan dan betina waktu kita mau masuki ke toples gimana ? :D

Senoaji said...

wkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwk...[ngakak aja deh] wkwkwkwkwkwkkwkwk

senoaji

Nietha said...

he.he.. lucu juga. salam kenal ya?

Dunia SPG said...

waks..
bingung deh.. ahahaa... nice story sob... :D

Kampanye Damai 2009 said...

Kalo cacing betina tuh lebih suka cacingan perutnya bang hehehe...ada2 aja nie..jadi refresh deh..

indra putu achyar said...

bingung nentuin mana cacin jantan dan betinda, bingung juga nentuin ikan jantan dan betina!!!! halllllaaaah masukin aja tuuuh kecoa, kalo yang dimakannya kecoa betina, berarti itu yang makan adalah ikan jantan. lantas cara membedakan kecoa jantan dan betina itu gimana kang?

Shanty Mahanani said...

kunjungan pertama....!
salam kenal ya....!

debrian said...

wah km pinter bedain ya.hehee

david said...

kalo ada jakunya berarti tw Jantan....gitu aja kok Repot.....kwek...kwek...kwek...

iksan said...

aku seorang lelaki...yg tak pernah lelah mencari wanita

renny said...

untung kemarin nggak kuliah di IPB fakultas perikanan ( aslinya nggak ketrima umptn haha..)kalau ketemu asdosnya gini bisa2 lulus jadi pelawak kita...

ayuzuricha said...

jah mas budi nih ada2 aja :P padahal aku dah melotot bacanya :D kan lumayan dapet ilmu kalau mau beli trus masak ikan gitu hehe :P:P

Dews said...

Heheh.. Ternyata dari muda abang ni udah gokil... :D

tito said...

huahahaha... bagus2 !
udh ah ga kuat tahan tawa...
:D

CHIKO said...

ouw gitu y?? hahahaha.. bisa aja nih Om Budi.. Makasih Om dah ngejagain Blog saya.. Sekarang saya dah siap bertempur di dunia blog lagi.. hahahah

d3d3 said...

hi..hi..kasian bener adik kelasnya,dikerjain terus ama bang budi.padahal klo dipikir2 bukannya cacing itu alat kelaminnya emank ganda ya??berarti klo ada yang makan itu cacing berarti ikan banci namanya he..he..

attayaya said...

wakakakkanakakkakka
gw pikir seriusss

frizzy said...

Waa, baru ngerti aku sekarang.
Thanks for great info sob...

Cheers, frizzy.

Brigadista said...

kacaauu,..he he heee
hwakweakakwakakwkkk....!!!

SariRAPET said...

oh cuman begitu..
gampang, sariRapet mah sudah tau itu...

IKHSAN said...

besok kali beli ikan yang cewek semua ah :)

tohircicomre said...

waaah maf niiie aku juga salah click, jadi ke sini, padahal aku udah comment di post ini... hiks***

makasih kang atas ketersediaan menerima banner di hapus dan diganti link aja... hiks***
trimsssssssss

Erik said...

Ikutan bingung nih, jadi nanya bolak balik he he he

RiP666 said...

hahaha bisa gila klo mikirinnya

wisnuaji said...

wakakaka top...top...kalo aku tahunya kalo yg bertelor brarti ikan betina bang hehehe

Erwin Sapta said...

Kirain serius....

Linda Belle said...

alamak...kirain serius hehe...

Retrira said...

Dasar asisten dosen ca'ur!!

Pantes adek-adek kelasnya ga pinter-pinter..hahahahaha!

ajeng said...

Walah...

dev said...

saya aja yang bacanya bingung mas, apalagi juniornya ya.he..

dewi said...

baru tahu sekarang ternyata cacing bisa dibedakan

DeLiA said...

terus bisa ga, Bang, bedain antara kupu-kupu jantan dengan kupu-kupu betina..????

biongo said...

rupanya abang juga ahli membedakan jantan ma betina ni ya?! kalo yang bencong gmn?!!!he3x

prihandoko said...

hwuahahahahahahahahahaha....

thanks mas, pagi ini jadi ceria banget

life choice said...

wakakakakaka...
udah dibaca serius2, ternyata oh ternyata..
:P

yulia said...

huahahahahaha...
samapai kehabisan kata2 nih ^^
hehehhehe

Nyante Aza Lae said...

Jangan terlalu serius dong...nyante aza lae...hihihihi

devianty said...

bingung juga ya gmn bedainya...?

rouf said...

weleh, tpi klo yang kita masukin cacing jantan semua, trus dimakan habis, berarti ndak ada ikan yang jantan donk

dhyarga alfin said...

wkwkwkwk..ada ada aja bang budi neh

J O N K said...

Hehe, benar-benar jenius si abang ...

divycini said...

ahay, haha makasih udah mampir. sering2 yaa :)

erwinyustiawan said...

wedew..kirain beneran..:)

Karila Wisudayanti said...

Ada aja Bang....
Hehehe...Bisa dijadikan salah satu becandaan nih ama murid2 aku...hehehe....

B S K said...

udah serius2 aku mbacanya bang... ehhh taunya gini doang :D

1001 Peluang Bisnis said...

Walah..
Saya juga pusink nih...
Dasar Sablenk...
Hehehehe

GoBlog said...

wakakakakakakaka............ gila...!!

PNS Go-Blog said...

Jiyaaaa.... semua pada bingung, termasuk saia...
mantab bos, humor yang menyegarkan dikala pusing mikirin job ripiu yg gak dateng-dateng ... hiks...

Natalia said...

wkwkwkwkw..jawaban yang pinter..sangking pinternya sampe yg tanya bingung..hahahaha

Witha said...

Aku sama bingungnya dgn mereka... :D

Risti said...

capeee deh, kita orang dah baca dengan serius... ga taunya... cuma intermezo

Anak SD said...

Kalau untuk membedakan kepiting gimana?
Salam kenal, Frelia si Anak SD yang mukanya jelek kayak kepiting rebus..
Please visit me back^^

Anonymous said...

kacau...
gw lagi cari data benrean eh malah nemu humor..hahaha

Pasang Iklan Jawa Pos said...

hahahahhahhaaa... bisa aja nih :D
humor euh.. salam kenal :D
makasih sudah membuat tertawa :D

tube8 said...

wah makasih buat infonya gan

Ambae.exe said...

benar2 lucu...ternyata ikan ada yang jantan dan betina ya. tapi ada juga yang mau tau mana bencongnya. hehehe