image

Ari ka ting ting..ari ka ting ting...zeb a zeb...zeb a zeb...Hmm, masih doyan dugem ? Terus sambil menenggak alkohol alias air api? Coba deh, untuk berpikir ulang. Dan sebisa mungkin segera buang kebiasaan buruk itu. Ini ada laporan penelitian yang dikeluarkan Archives of Neuorology, terbitan American Medical  Association, seperti yang dikutip Washington Post, bisa jadi rujukan untuk paling tidak berpikir ulang, syukur-syukur segera meninggalkan kebiasaan buruk itu.

Apa kira-kita yang dirilis oleh hasil penelitian tersebut? Hasilnya disebutkan bahwa penggemar alkohol (maksudnya yang suka minum minuman yang mengandung alkohol), memiliki kecenderungan tinggi terhadap penyusutan otak. Haa? penyusutan otak? Menakutkan-kan sekali.

Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa orang yang tidak menenggak alkohol mengalami penyusutan otak dua persen dalam waktu sepuluh tahun (tetap menyusut, tapi lambat). Sedangkan, orang-orang yang doyan minum air api dan doyan mabok (bahkan sampai tepar), penyusutan itu bisa lebih cepat. Dan yang lebih parahnya bagi kaum pere (perempuan maksudnya), karna  otak mereka (kaum perempuan) lebih rentan ketimbang laki-laki. Kesimpulan di atas diperoleh setelah Carol Ann Paul - pemimpin riset - melakukan penelitian terhadap seribu delapan ratus orang dengan menggunakan magnetic resonance imaging (MRI).

Penyusutan otak biasanya mulai terjadi di usia 60 tahun ke atas. Tapi jika kita terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, maka dijamin penyusutan bisa terjadi lebih cepat lagi. Apa efek dari penyusutan ini? Tak jauh-jauh dari kemampuan menyimpan memori. Dan sangat berpotensi terserang demensia alias penyakit pikun atawa Alzheimer.

Tau dong Alzheimer? Ini ada secuil informasinya. Alzhemier merupakan sejenis penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif. Penyakit Alzheimer bukannya sejenis penyakit menular. Penyakit Alzheimer adalah keadaan di mana daya ingatan seseorang merosot dengan parahnya sehingga pengidapnya tidak mampu mengurus diri sendiri. Penyakit Alzheimer bukannya 'kekanak-kanakan karena usia tua' yang sekadar suatu proses penuaan. Sebaliknya, adalah sejenis masalah kesehatan yang amat menyiksa dan perlu diberikan perhatian. Lengkapnya bisa liat di sini.

Jadi, apa mau masih muda udah pikun dan ngga bisa nge-blog? Mendingan stay away deh, dari si air api ini. Mending hidup sehat. Banyak olahraga. Konsumsi makanan bergizi. Dan....Keep on Blogging.

Blogging itu sehat dan perlu.

17 komentar:

manusia biasa said...

untung manusia biasa laki2 ueyyyyyyy. ga pemabuk lagi. wkwkwkwkwkwkwkkw

Keris said...

untung saya seorang blogger bukan pemabuk qqq ... <-- gaya manusia biasa hueuee

Kristina Dian Safitry said...

kumisnya panjang amat tuh..

BloGendeng said...

tapi orang-orang di China, Korea, Jepang sono minumnya arak tapi sehat ampe kakek nenek lho. Aneh ya?

brigadista said...

Jadi O'on alias oneng gitu ya,..!!

tyas said...

waaaa.. ntar lama2 otaknya jadi cuma segede otaknya Hommer Simpson dong...

untung gak doyan alkohol...

jadi yaa gak bego2 amat laah...

Septian said...

mending minum susu biar tinggi, hehehe

Agung Aritanto said...

mabuk itu banyak bahayanya lo

david said...

syukur dah info kayak gini biar org peminum bisa meninggalkan kebiasaan minum2nya.........infonya mantap mas...

Michael-BT said...

untung gua ga biasa minum alkohol...!!!
klu ga...brapa umur otak gua??

Thanks yah..atas infonya!!

Ghea Doang said...

iya tuh, kenapa orang luar negri sana sampe kake neneknya pun masih doyan minum bir..? haha

Caroline Sutrisno said...

kyaa... untung aku ga doyan yang begituan... :P

Budiawan Hutasoit said...

@manusia biasa...wah bagus deh..jgn jadi pemabuk deh..ntar kayak yg lagu apa itu...mabuk lagi ah..mabuk lagi..

@laurencia...ia..tapi yg muda2 juga harus lebih ati2..

@keris...ia, sesama blogger, dilarang saling mabuk.

@kristina..ia.itu kumis panjang, gara2 minum jackdi bukan ya?

@blogendeng..mungkin yg diminum adalah arak.bukan jackdi dkk-nya..ngaruh ga sih...?

@tyas..mendingan nge-blog ya mbak..sehat lagi..

@septian...wah, jgn buka kartu gitu dong..kalo sampeyan pendek..hehehe..just kidding..

@agung aritanto..betul..bisa merusak mata...mata pencarian..

@david..ma-kasih..

@michael-bt..syukur deh..pokoknya mendingan nge-blog deh..

@ghea doang..nanti aku tanyain ya dik..kenapa mereka sampe kakek2 & nenek2 masih doyan bir..

@caroline sutrisno..begituan apa maksudnya mbak..begituan itu ato begituan ini...hehehe.

@achiles..hehe..mantan nih ya..jadi ingat sama toko inang yg di rawamangun..masih ada ga ya?

Lyla said...

hahah kebangetan... mau-maunya mabok bikin penyakit aja hihihi

balidreamhome said...

he he bener juga tuh bisa jadi pikun tapi gak pernah lupa untuk beli sebotol lagi wakaka :-)

Anna 'dTeepZ said...

Aihhh...cepet2an beres2 botol minuman nie....ternyata bisa juga kena alzheimer....

Pantesan anna agak lemot dan pelupa,sampe lupa sama om budi....wakakakakakak parah yah...

Asal kalo minum jangan lupa bayar ajah......

gloria said...

mabok lagi... mabok lagi....