Ingin sehat, inilah 7 JENIS makanan dengan kandungan SERAT tinggi

tubuh_sehat_dengan_makanan_berserat_tinggi

Agar tubuh tetap sehat optimal, selain berolahraga yang rutin, maka tubuh membutuhkan makanan berserat. Makanan yang berserat memiliki banyak keuntungan apabila dikonsumsi. Tidak hanya menurunkan kolesterol, serat juga dapat mengurangi berat badan dan mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

Para ahli merekomendasikan asupan makanan berserat untuk perempuan paling tidak sebanyak 25 gram per hari dan laki-laki sekitar 35 hingga 40 gram per hari. Ironisnya, hanya sedikit orang yang mendapatkan cukup serat dalam tubuh mereka. Rata-rata orang hanya mendapat asupan serat 15 gram per harinya.

Jika kita tidak mendapatkan cukup serat, maka kita akan mengalami diare, sembelit, bawasir, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Peningkatan konsumsi makanan berserat sangat dianjurkan, tetapi konsumsi serat yang terlalu banyak akan menimbulkan sakit pada bagian perut, kehilangan kalsium dan menurunnya penyerapan dan besi dan seng.

Carolyn Brown seorang ahli gizi dari Foodtrainers di New York City mengatakan untuk meningkatkan asupan serat kita harus memakan makanan yang kaya serat. Berikut ini adalah tujuh jenis makanan yang mempunyai kandungan serat tinggi:

1. Beras merah
Secangkir beras merah mempunyai kandungan 3,5 gram serat. Beras merah juga berguna untuk menurunkan diabetes. Peneliti Harvard menemukan bahwa makan lima atau lebih porsi nasi putih seminggu meningkatan risiko diabetes tipe 2 sebesar 17 persen. Tapi dengan menambah porsi makan dari beras merah per minggu akan mengalami penurunan risiko sebesar 11 persen.

2. Kacang merah
Kacang merah sangat populer di India Utara dan Selandia Baru. Kacang merah kaya akan serat, protein, dan zat besi. Seratus gram kacang merah yang sudah dikeringkan akan menghasilkan empat gram serat yang terdiri atas serat yang larut air dan yang tidak larut air. Serat yang larut air inilah yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

3. Kacang hitam
Kacang hitam mengandung 15 gram serat dan 15 gram protein per cangkirnya. Warnanya yang gelap menandakan tingginya kandungan flavonoid, pigmen tumbuhan yang bersifat antioksidan. Carolyn Brown menyarankan, ketika mengonsumsi kacang hitam dalam program diet, pastikan juga untuk minum lebih banyak air agar lebih efektif.

4. Kacang buncis
Jenis kacang-kacangan ini sangat bermanfaat karena kaya serat dan antioksidan. Buncis banyak ditemukan di daerah Timur Tengah, yang menjadi bahan pokok dalam campuran hidangan, seperti hummus dan falafel. Kacang-kacangan ini juga banyak ditemukan di India, produsen buncis terbesar di dunia.

5. Pasta gandum
Pasta gandum atau millet memiliki rasa yang agak manis. Millet berserat tinggi, mengandung vitamin, mineral, dan protein. Jika Anda ingin berdiet, pasta gandum bisa jadi pilihan menu untuk dikonsumsi.

6. Jagung
Masyarakat Indonesia pasti sangat mengenal jagung. Tanaman pangan ini dijadikan sebagai makanan pokok di beberapa daerah. Jagung mengandung nutrisi antioksidan yang mencegah Alzheimer. Sekitar setengah cangkir biji jagung mengandung dua gram serat. Olahan jagung, popcorn, juga merupakan sumber serat yang hebat dan rendah kalori. Jagung sangat baik dalam mengontrol penyakit diabetes.

7. Alpukat
Daging krim alpukat merupakan sumber makanan berserat yang besar, sekitar 10 gram serat. Kandungan seratnya secara simultan membantu proses pencernaan. Alpukat juga bermanfaat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

gambar: google.com

3 komentar:

Anak Rantau said...

Jenis kacang2an ya bang yang banyak seratnya hehehe...

akhmad syaiful said...

mantap artikelnya kang budi, trims atas pencerahannya

akhmad syaiful said...

trims artikelnya bang budi :), nice share