15 May 2011

6 Jenis BUAH dan Makanan Untuk Menurunkan Kadar KOLESTEROL

kolesterol_dalam_pembuluh_darah

Beberapa hari yang lalu saya melakukan pemeriksaan rutin kadar kolesterol. Ternyata hasilnya di atas batas normal. Contohnya kolesterol total 212 (normal di bawah 200) dan kolesterol LDL direk 159 (optimal di bawah 100). Sedangkan kolesterol HDL 39 (seharusnya di atas 40). Karena  tidak ingin terlalu banyak menggunakan obat-obatan kimia, maka saya coba browsing dan mencari jenis-jenis buah dan makanan apa saja yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Kalau mendengar kata kolesterol, maka kita mengenal ada kolesterol jahat dan kolesterol baik. Yang dimaksud dengan kolesterol jahat adalah kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein). Kolesterol LDL mengangkut kolesterol paling banyak di dalam darah. Tingginya kadar LDL menyebabkan pengendapan kolesterol dalam arteri. Kolesterol LDL merupakan faktor risiko utama penyakit jantung koroner sekaligus target utama dalam pengobatan.

Sedangkan kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol baik dan tidak berbahaya. Kolesterol HDL mengangkut kolesterol lebih sedikit dari LDL dan dapat membuang kelebihan kolesterol jahat di pembuluh darah arteri kembali ke hati, untuk diproses dan dibuang. HDL mencegah kolesterol mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses aterosklerosis (terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah).

Nah, agar kadar kolesterol jahat dapat turun secara alami, maka dari hasil browsing saya mendapatkan beberapa jenis buah atau makanan yang bisa dapat menurunkan kandungan kolesterol, diantaranya:

1. Buah Naga

Badan Litbang Pertanian Republik Indonesia menyebutkan, bahwa buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol, penyeimbang gula darah, menguatkan fungsi ginjal dan tulang, serta meningkatkan kerja otak. Adapun zat fitokimia di dalam buah ini dapat menurunkan risiko kanker. Buah naga juga sangat baik untuk sistem peredaran darah. Buah ini sangat efektif untuk mengurangi tekanan emosi dan menetralkan racun dalam darah. Buah naga mengandung 80 persen air, vitamin C, serat, kalsium, zat besi, dan fosforus yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit darah tinggi.

2. Anggur

Anggur merah memiliki senyawa campuran yang disebut resveratrol, yang disebut-sebut sebagai zat yang mampu menurunkan kolesterol tubuh dan melindungi jantung. Zat ini berfungsi mengurangi endapan-endapan di dalam pembuluh darah sehingga resiko penyakit jantung dapat dihindari.

3. Jeruk Bali

Jeruk bali bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan pektinnya lebih banyak dibandingkan dengan jeruk jenis lain. Pektin inilah yang dipercaya mampu menurunkan kolesterol sekaligus mengurangi risiko sakit jantung. Jeruk bali bermanfaat menurunkan kolesterol dan melawan penyakit jantung. Kenyataan tersebut pernah diungkapkan peneliti asal Israel dalam berbagai situs kesehatan dunia.

4. Alpukat

Alpukat adalah salah satu sumber lemak tidak jenuh yang dapat meningkatkan kadar HDL. Hanya saja, alpukat memiliki kandungan kalori yang tinggi, sehingga harus dikombinasikan dengan sayur-sayuran yang dapat bisa menekan kalori. Satu buah alpukat berukuran sedang mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak tidak jenuh.

5. Terung

Kulit terung mengandung banyak flavonoid dan antioksidan lain, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Terung juga mengandung senyawa terpen yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Suatu penelitian menggunakan kelinci percobaan menunjukkan bahwa pemberian jus terung mampu menurunkan kadar kolesterol dan memperbaiki laju aliran darah.

Buah terung juga mengandung senyawa asam klorogenat (chlorogenic acid), yaitu salah satu jenis antioksidan, yang menurut beberapa hasil penelitian memiliki aktivitas anti kanker, anti mikroba, dan anti virus, serta memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Terung juga diketahui mengandung tripsin inhibitor, yaitu suatu komponen yang dipercaya mampu membantu menetralkan sel penyebab kanker.

6. Bawang putih

Sudah sejak lama, bahkan ribuan tahun lalu, bawang putih dipercaya mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan manusia. Sudah banyak studi yang dipublikasikan di seluruh dunia yang memastikan bahwa bawang putih dalam berbagai bentuk dapat menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bawang putih dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung.

Baca di sini, BENEFIT OF GARLIC

Salah satu studi yang dipublikasikan di “The Journal of The Royal College of Physicians” oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 menyebutkan bahwa bawang putih merupakan agen untuk mengurangi lemak. Disebutkan bawah suplemen bawang merupakan bagian terpenting dalam penyembuhan kolesterol tinggi. Menurutnya penulis studi tersebut, secara keseluruhan, penurunan kadar kolesterol terjadi sebesar 12 % dari total kolesterol. Penurunan ini terjadi setelah 4 minggu perawatan.

anda ingin melihat yang indah-indah dalam tubuh anda? silahkan baca artikel ini:

KEINDAHAN DALAM TUBUH ANDA

dari berbagai sumber / gambar: google.com

Artikel Terkait, Silahkan Dibaca:

1 komentar:

Susindra said...

Kalo ingat terung, selalu ke Balado terung. Jadi kalo bayangin makan terung mentah... enak ga ya?