5 CARA (mudah) merawat KAUS KAKI

tips_langkah_cara_merawat_kaus_kaki

Cara merawat kaus kaki. Walaupun harganya bisa dibilang cukup murah dibandingkan dengan perlengkapan busana lain, namun kaus kaki mempunyai beberapa fungsi yang penting. Selain nyaman dan hangat, kaus kaki berfungsi juga untuk menyerap keringat dari telapak kaki.

Melihat fungsi-fungsi tersebut maka perawatan pada benda yang umumnya terbuat dari bahan wol dan kain katun ini menjadi hal yang patut dilakukan. Berikut  5 tips mudah merawat kaus kaki.

Cara Merawat Kaus Kaki – 1

Saat mencuci, usahakan untuk tidak menggosok kaus kaki terlampau kuat karena dapat merusak kain atau struktur jahitan, apalagi kalau menggunakan sikat yang keras. Kalau kaus kaki tidak terlampau kotor, cukup kucek kaus kaki beberapa kali sebelum dibilas atau cukup digiling di mesin cuci selama beberapa saat. Demikian pula saat merendam di deterjen jangan terlalu lama karena dikhawatirkan dapat merusak kaus kaki.

Cara Merawat Kaus Kaki – 2

Saat menjemur, pastikan kaus kaki tidak didiamkan terlalu lama di bawah sinar matahari. Lagi-lagi hal ini dimaksudkan agar bahan karet yang ada di kaus kaki tidak rusak. Selain akan melorot, kaus kaki yang bahan karetnya sudah rusak tentu sangat tidak nyaman saat digunakan. Akan lebih baik untuk menjemur kaus kaki di tempat yang tidak terkena matahari langsung seperti di bawah atap.

Cara Merawat Kaus Kaki – 3

Sangat dianjurkan untuk tidak menyetrika kaus kaki agar bahan karet tidak meleleh karena panas setrika. Setelah kaus kaki benar-benar kering terjemur, bisa langsung menyimpannya dalam lemari yang bebas lembab agar kaus kaki terhindar dari jamur.

Cara Merawat Kaus Kaki – 4

Dianjurkan pula untuk tidak mengikat atau menggulung kaus kaki terlampau kuat. Tanpa disadari tarikan yang terlampau kuat tadi akan membuat kaus kaki menjadi melar dan membuatnya tidak nyaman digunakan. Mengikat dan menggulung kaus kaki memang merupakan langkah yang efektif agar tidak repot saat mencari pasangan kaus kaki, tapi dengan melipat kaus kaki menjadi dua saja rasanya sudah cukup.

Cara kelima (mudah) dalam merawat kaus kaki adalah saat menggunakan kaus kaki, pastikan untuk tidak menarik kaus kaki terlampau kuat agar kaus kaki tidak rusak.

gambar: google.com / bahan artikel dari kompas

5 komentar:

catatan kecilku said...

Selama ini aku selalu menyimpan kaos kaki dg cara digulung Bang...
Tapi suka menjemurnya di bawah terik matahari lama2... :( Mungkin itu sebabnya kaos kakinya cepat rusak ya?

Apa kabar Bang... lama gak mampir kesini. Masih suka sibuk di kebon?

Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami said...

hemmm,,,saya sering sekali malahan menggosoknya saat mencuci dengan keras dan sering menyetrika nya,,pantesan tidak pernah bertahan lama...hehehe
makasih buat infonya ya,, salam kenal

Anak Rantau said...

aku gak pernah kepikiran bang, taunya cuci2 aja hehe... Tks tips nya bang budi.

shuka shoes said...

terima kasih tips merawat kaos kakinya

Markus said...

Wah, klo gw kaos kaki gak pernah dicuci 1 thn jadi, 1thn sekali baru dicuci makanya baunya terasi.. sapa yg mau?