Fitur GOOGLE Blacklist (blacklist feature) BELUM mempengaruhi PAGERANK

google_blacklist_features_efek_pagerank

Sudah tau dong, kalau saat ini Google sedang hangat-hangatnya melakukan update Google Algorithm di dalam proses hasil pencariannya? Kalau belum, bisa baca artikelnya di sini. Intinya sih, Google ingin laman hasil pencariannya (SERP = Search Engine Results Page), bersih dari situs-situs 'sampah' yang muncul di halaman pertama. Artinya, hanya situs yang memiliki nilai rapor yang bagus - setidak-tidaknya - dimata  Google, yang muncul di SERP-nya. Disamping update algoritmanya, maka Google juga melakukan update dan sudah mengizinkan kita untuk memblok situs-situs yang tidak kita inginkan muncul di halaman pencarian.

Pasti kita semua pernah mengalami hal seperti ini: katakanlah ingin mencari satu informasi atau topik yang sangat penting, tapi yang muncul adalah situs-situs yang tidak kita suka di bagian hasil pencarian. Atau yang muncul malah situs-situs 'hot marko-hot'  alias situs porno. Nah, Uncle Google sudah meng-update hasil pencariannya sehingga kita memiliki kontrol atas situs-situs yang tidak kita ingin lihat pada saat kita sedang 'searching'. Fitur ini oleh Google disebut blacklisting feature (bahasa indonesianya, kira-kira fitur daftar hitam).

Pada saat kita melakukan proses pencarian - tentunya dengan menggunakan search engine Google - maka fitur daftar hitam (blacklisting feature) dapat kita aktifkan pada saat kita klik salah satu link /URL, lalu kembali ke halaman pencarian, setelah kita memutuskan bahwa link yang kita klik tadi bukanlah situs yang kita inginkan. Kalau kita kembali ke halaman Google, maka satu pilihan baru akan muncul disamping link Cached yang berbunyi "Block all [website name] results". Sehingga situs-situs ini tidak akan muncul di halaman pencarian kita. Kita dapat mengelola situs-situs atau link yang telah kita blok atau masukkan ke dalam daftar hitam tadi, jika kita telah sign in ke akun Google kita. Apakah situs-situs tersebut akan kita muncul-kan atau sembunyikan. Atau mungkin kita ingin un-block. Pesan ini akan muncul di bagian bawah atau atas dari halaman pencarian tergantung dari relevansi halaman yang diblok. Contohnya seperti ini:

How to use Google Blacklist Feature...

google_blacklists_feature

How to manage block site...

google_blacklists_feature_manage

Lalu apakah fitur blacklist ini akan mempengaruhi Google PageRank? Karna bisa saja terjadi, satu kelompok besar orang, entah secara iseng atau emang punya niat untuk memblok satu situs yang sama, dan berharap situs tersebut mendapat 'hukuman' dari algoritma Google sehingga PageRank-nya turun? Google bilang, untuk saat ini mereka belum menggunakan blacklist feature sebagai "signal in ranking".

Google says it's not currently using the blacklists as a signal in ranking, but "we’ll look at the data and see whether it would be useful as we continue to evaluate and improve our search results in the future.”

Jadi, ada kemungkinan satu hari nanti, blacklisting feature akan mempengaruhi Page Rank, tapi setidak-tidaknya untuk saat belum. Oya, Google update untuk memblok situs yang tidak kita inginkan ini, saat ini baru bisa berjalan di Chrome 9+, IE8+, and Firefox 3.5+ (sorry Safari and Opera users).

dari berbagai sumber / gambar: google.com

4 komentar:

d,zaro said...

I'm the first always special... yes I hate spam I love comment... I was followed..

Turunkan Nurdin said...

Galak juga mbah google.

the diary said...

semoga blog saya gak di black list sm om google hiks.. hiks...

Justin Bieber said...

Algorima baru alias panda google bikin orang nggk bisa tidurr,..salam suksess