Goo.gl, layanan penyingkat URL dari Google

Bit.ly, Tiny URL, Linkbee, SnipURL, CliGs, dan lain-lain adalah beberapa layanan penyingkat URL (URL shortener) yang sudah kondang dan cukup sering digunakan. Ternyata Google juga tidak mau ketinggalan. Dia juga ingin punya layanan penyingkat URL sendiri. Namanya Goo.gl.

Sebenarnya Goo.gl ini tidak termasuk layanan yang baru-baru amat, sudah ada cukup lama. Hanya saja dulu diperuntukkan bagi layanan Google tertentu seperti toolbar browser Google, layanan Feedburner RSS News, Blogger dan Maps.

Agar layanan penyingkat URL ala Google ini semakin dikenal dan semakin banyak digunakan banyak orang, maka dibukalah untuk publik. Alamatnya di http://goo.gl/. Menurut mbah Google, Goo.gl adalah penyingkat URL (URL shortening service) yang paling stabil, aman dan cepat di web. Penyingat URL buatan Google ini memiliki filter yang sering dijumpai di Google Search dan Gmail. Sehingga – katanya – pengguna akan diberi peringatan jika ada tautan (link) yang berisi malware atau spam.

Selain itu, Goo.gl akan memonitor trafik yang masuk ke URL yang telah disingkat. Juga di layanan penyingkat URL milik Google ini menyediakan daftar top referres untuk setiap tautan (link), lengkap dengan kilas profils pengunjung tautan tersebut. Yang ingin menggunakan Goo.gl, layanan penyingkat URL dari Google, silahkan ke TKP.

goo.gl_penyingkat_URL

adaptasi dari detik.com/gambar:goo.gl

6 komentar:

Sudinotakim said...

Google makin canggih aja ya bang ...

bisnis sampingan karyawan di rumah said...

saya menangkap kesan, Google koq telat mulu yah....?

Tes Keperawanan said...

Wah mantaff mas, postingannya baru tahu tuh..bisa tambah wawasan.

Laston M Nainggolan said...

peertamax....makasih infonya kawan

era bhekti said...

bang.. mo nanya yah, tapi jgn diketawain... :)
url disingkat kaya gini sbenarnya gunanya bisa buat apa toh bang, soalnya kok jadinya singkatan huruf2 aja.. tak kirain bisa ngilangin .blogspot misalnya... hehehe (ketauan ya mau yg gratisan aja, ga mau beli domain.. hehehe)

Bintang said...

wahhhh..kayaknya perlu juga neh ke TPK