Secarik kertas di mesin ATM : laluh…

secarik_kertas_di_atm

Masih ingat dengan kasus hilangnya uang nasabah di ATM di Bali dan beberapa kota besar Indonesia lainnya? Metode atau modus yang digunakan adalah pencurian data kartu ATM melalui proses skimming, tapping, dan pengintipan PIN oleh pihak yang tidak berhak. Kejadian ini hampir saja menimpa seorang wanita yang kebetulan antri bersamaan dengan saya di salah satu mesin ATM di Medan.

Karena ada kebutuhan untuk transaksi perbankan, maka meluncurlah saya ke salah satu ATM Mandiri yang berada di Jl. Gatot Subroto, Medan, yang letaknya di areal pomp bensin (SPBU). Siang itu ATM ini cukup sepi, hanya ada satu mbak yang antri di depan ATM dan seorang bapak yang berada di dalam ATM (sebut aja bapak A). Tak lama mengantri, bapak A keluar, lalu masuklah si mbak ini (kita panggil aja mbak B). Tapi si bapak A tidak langsung pergi, hanya menunggu di samping pintu ATM sambil memainkan HPnya. Ngga lama di dalam, tiba-tiba si mbak B membuka pintu ATM dan ngomong sambil panik:

aduuuuhhh…kartu ATM-ku ketelan. padahal aku belum ada pencet PIN

mbak, belum ada pencet PIN kan?”, tanya saya, sambil lirik ke dalam mesin ATM, dan melihat secarik kertas putih dengan tulisan tangan di dalamnya yang tertempel di ATM tersebut. Perasaan saya bilang, ada yang ngga beres nih (maklum, mantan agen intel = indomi telor..hehe).

belum mas, eh pak, eh bang (maklum lagi panik), saya baru masukin kartu ATM, langsung tertelan. apes kali aku”, sahut si mbak (lho kali apa mbak, kali ciliwung atau kali cisadane).

ya udah, mbak telpon aja ke 14000 (no. tlp customer care bank Mandiri), jangan ke nomor yang ada di kertas itu”, jawab saya sambil ngelirik ke bapak A (yang mulai gelisah, geli-geli basah).

Sehabis ngomong begitu, ngga lama si bapak B, langsung naik ke atas motornya, lalu ngacir. Sepeninggal bapak A, mbak B ini bilang, kayaknya bapak yang tadi itu pelakunya, soalnya dia cukup lama ada di dalam mesin ATM. Masuk akal juga. Mungkin inilah alasan bapak A tidak langsung pergi dari mesin ATM, tapi menunggu agar bisa memanfaatkan kepanikan si mbak B. Untung ada saya (kata alm. Gepeng..hehe). Lalu, saya bilang ke mbak B agar mendatangi kantor Mandiri terdekat (kalo terjauh kasian kan), untuk memblokir kartunya.

Pesan saya buat bapak A, kalau mau mencuri data ATM atau uang nasabah via mesin ATM, agak canggih sedikitlah. Masak hanya menggunakan secarik kertas dan dengan tulisan tangan doang? Dan gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Supaya calon korban tidak curiga, hehe…Mau tau apa isi secarik kertas di mesin ATM itu? Silahkan klik Readmore.

atm_mandiri1

26 komentar:

Lidya said...

semoga gak ada yang tertipu ya. aku pikir jl gatot subroto jakarta mas :)

secangkir teh dan sekerat roti said...

mateng koe...!!
saya udah punya nomer kamu!

Pierre said...

aku pernah alami, kartu ATM ditelen setelah pencet tombol informasi saldo...ternayata emang ada gangguan sistemnya...ada-2 aja modus penipuan sekarang....tetap waspada....


Pierre
Internet Clipping

lina@home sweet home said...

maaf nih... baca kertasnya jadi geli sendiri...
berarti masih amatir nih, masa' call center Bank pake no. hp, terus bahasanya 'aneh'

think said...

huauauauahahah...
ngakak gW....
dari judulnya tak kira ada kasus lg,.. eh setelah baca,.. pa lagi liat secarik kertas itu,... wkakaka... mungkin kalo orang yang panikan bisa ketipu.. bener tuh,.. untung ada mas Budiawan,hehe..

anehboy said...

wakakakakakak
amatir punya tu si bapak²

sanman said...

pencurinya cacad ui...
pasti baru mo belajar bobol kartu atm orang...
ckck..banyak belajar pak pencuri!

ninneta said...

buset deh... masa iya call centre nya handphone... ada ada aja ya orang sekarang.... cari uang kok begitu amat....

Bukan Sekedar Blogger Bertuah said...

harus hati2 bertransaksi di ATM

kampung wirausaha said...

he...he...tulisan dikertasnya bikin geli..

kampung wirausaha said...

he...he...tulisan dikertasnya bikin geli..

Pinasthika said...

Hahahaha, bikin ketawa tuh tulisan...hahahaha

dik said...

night, i followed your blog, and can you follow my blog? thanks a lot

sms cinta said...

wakakaka
bener2 payah,pencuri paling payah

soff-tis said...

waduh,kurang ajar tuh bang,nggak kurang asem atau manis,harus di sel tuh orang.tapi lucu juga ya,nggak canggih banget gitu loh....kayaknya dia newbie di dunia permalingan Atm.thanks sharingnya

jun said...

dikutak-katik :lol:

yah, mesti hati" sekarang emank ;)

Butik Bella said...

wekekkekekkk... beneran lucu banget nih bang postingannya.. segerr.. apalagi pas baca secarik kertas itu.. hayahhh.. hihiii.. nice posting deh... :)

NENSA MOON said...

Hahaha....lucu n seru bngt ceritanya!!
Oya si bapak A yg tulisan tangan n bahasanya ngawur itu orang Batak bukan?? ...hehe... asal tanya aja...
Thanks ya sdh buat aku tertawa....

kartu kredit said...

Jaman makin sulit cari uang, dengan modal nekad doang....cari uang..hehe.."untung ada Mas Budiawan keadaan terkendali"

catatan kecilku said...

Astaga... kok ada yg nekad gitu ya..? Rupanya karena panik karna korbannya tidak tertipu... dia laluh kabur deh... hahaha

the others... said...

Untung ada Bang Budi.. shg aksi amatiran bapak tadi gagal deh.
BTW... pesan tulisan tangannya lucu juga... ^_^

belajar bisnis internet said...

emang dasar kalau niat jahat ga peduli dengan logika...begini nih jadinya, ..mbok ya canggeh siki lah...

Karlz said...

malink amatir ^_^ http://sixooninele.blogspot.com

Risma Hutabarat said...

Bah!!! Di area Gatsu pun maling berani beraksi siang-siang, bang? Untunglah bang Budi yang ada di belakang ibu2 itu, kalau nggak, bisa-bisa ada pihak-pihak jahat yang mendapat durian runtuh.

Tapi, jujur aja nih, bang. Kalau aku mungkin nggak bisa seberani itu kalau berhadapan langsung dengan kasus seperti ini. Salah-salah malah aku yang jadi sasaran kekesalah si bapak yang tidak mengerti EYD itu. Hihihi

Mommy Mayonnaise
Female Stuffs
Blog Perempuan Rumahan
Cerita Film

rental mobil di surabaya said...

wah iya kayaknya memang bapak A pelakunya... memang kita harus waspada dengan maraknya kejadian yang seperti ini, semoga ini jadi pengalaman kita untuk kedepannya..terima kasih

Melvi said...

wakakak..kocak banget liat tulisan kertasnya..sumpeeh..pede amat nulis call mandiri dengan nomor hp..:D

Semoga kita dijauhkan dari hal" seperti ini..amiiienn..

*untung ada bang Budi* :D