Cuap-cuap Nabi ala Retrira

retrira_cuap_cuap_nabi

“Iya, gw mau jalan2 ke India..Tiket udah kebeli sejak bulan Oktober kemaren...hihihihi! Cuman 8 hari…Berangkat bulan depan..”

Itu adalah email balasan yang saya terima (22 Januari 2010)dari salah satu teman blogger saya yang bernama Retrira si pemilik blog Cuap-cuap Nabi (nama blog yang aneh, seperti  orangnya..hehe). Seperti yang tercantum dalam About Me di blog-nya : Seorang perempuan biasa yang senang berceloteh dan cuap-cuap nabi mengenai suka duka pengalaman backpackingnya yang gokil, maka blognya banyak menceritakan suka duka dia selama melakukan travelling sebagai backpacker, baik di dalam maupun luar negeri.

Saya sendiri belum pernah bertemu dengan Retrira, hanya ‘bertemu’ di dunia maya. Tapi membaca artikel-artikelnya seakan-akan kita sudah bertemu dan bisa merasakan bahwa kita ‘ada’ di sana bersama-sama menikmati perjalanan yang ada. Coba rasakan bagaimana frustrasinya seorang Retrira di artikel yang bertajuk “Frustrasi ditolak!" (Cuap-cuap Nabi, 14 Juli 2009) : “Stress, pengen marah, sebel, gondok, keki, pengen maki-maki orang merupakan luapan perasaan yang saya alami ketika DITOLAK terbang oleh Philippine Airlines! Whattzzz, kenapa bisa ditolak sih??” . Artikel itu mengenai liputan perjuangan dia selama perjalanan antara Singapore, Manila dan Guam. Bayangkan bagaimana dia digeret dan dikawal security bak seorang kriminal ke ruangan para petinggi PR di Manila, karena officer yang melihat passportnya, menyebutkan “Your passport is not machine readable, I don’t think we can let you board the plane.” .. Hahaha..satu pengalaman yang tidak mungkin akan dilupakan.

Bagi seorang backpaker, kemewahan adalah hal yang (wajib) dihindari. Kemewahan kadang-kadang membuat seorang backpacker lupa diri dalam menjelajahi dan menikmati satu negara. Pengiritan budget wajib dilakukan. Irit bukan pelit. Tapi seorang Retrira juga sudah tidak bisa membedakan apakah dia irit atau pelit…”Pilihan tinggal di hostel ato guesthouse lagi-lagi dikarenakan pengiritan budget. Karena dimana jejeran hostel ato guesthouse berada, disitu jugalah tempat makan dan clubs murah berada. Dua hal yang sangat berkaitan dan tidak dapat dipisahkan sodara-sodara! Waduh, saya semakin yakin kalo saya ini pelit, bukan irit! Hahaha!” (dari artikel Cuap-cuap Nabi, Ngemper dot com, 10 Agustus 2009).

Dari blognya Cuap-cuap Nabi, saya mengetahui kalau Retrira termasuk solo backpacking. Apa yang menjadi keputusannya untuk menjadi solo backpacking? “Keputusan saya untuk solo backpacking pada dasarnya diambil bukan karena saya PEMBERANI, tapi saya mengIMANi bahwa saya ga bakalan traveling sendiri karena banyak banget temen baru yang bakal saya temui sepanjang perjalanan. Dijamin saya akan dijauhkan dari kegaringan, malahan temen-temen baru ini bisa menambah keceriaan petualangan saya. (dari artikel Friendship ala backpacker, 1 September 2009).

Masih ingat dengan Flu Babi?

Retrira juga pernah merasakan kepanikan sama Flu Babi ini, karena teman seperjalanannya selama 5 hari traveling – Kantie – mengabarkan bahwa : “It’s confirmed. I’m infected by AH1N1. I was brought into isolation ward last nite around 1 AM. Now in ward with 2 boys and a girl. Everything is going to be fine. Please don’t worry or panic.” (dari Cuap-cuap Nabi, Flu Babi, liputan dari Laos, 30 Juni 2009).

Masih banyak kisah perjalanan Retrira dalam menjelajahi dunia ala solo backpacker, layaknya narasi dari film Star Trek : to explore strange new worlds; to seek out new life and new civilizations; to boldly go where no man has gone before…Penasaran? bisa langsung ke blognya : Cuap-cuap Nabi.

Oya, mengenai rencana perjalanan dia ke India seperti yang dia tulis di email di awal artikel ini, maka ini adalah lanjutannya :

Terus kemaren gw barusan ikutan kompetisi menulis yang diadain sama Bentang Pustaka - penerbit Laskar Pelangi sama Perahu Kertas dll.. Puji Tuhan, gw menang…Jadi hadiahnya trip ke India gw dibayarin sama mereka dan kisah perjalanan gw di India akan dibuat BUKU.... ;)lu WAJIB beli buku gw.....wakakakakakaakak..........

Selamat Ret, gue tunggu kisah perjalanan lu ke India dan dengan me-review blog lu – Cuap-cuap Nabi, mudah-mudahan gue dapat gratis buku lu..hehehe.

22 komentar:

Laston M Nainggolan said...

pertamax untuk pertamax....

hahhaaa

moenas said...

cuap-cuap nabi???bagus tuh judulnya bada banget sama saya yang acak kadut he,,he,,he,,

buxbag PTC said...

awh keren tuh solo backpacker ! Saya sendiri belum pernah solo.. biasa minimal berdua ama temen pergi ke tempat-tempat aneh yg masih gak jelas.. Huahuahua. Asik tuh !

tito said...

komen dulu aja ya om, baca nya ntar belakangan hehe... yang penting udah masuk keempat... :)

tito said...

sekarang tepat di kelimaxxx... baru bisa ketawa setelah baca postingannya... hehe...

HERMAN TAN said...

Berkunjung pak Budi!

Kang Deni said...

blogwalking and baca-baca, sayang saya nggak ngerti maksudnya, tapi nggak apa yang penting blogwalking and komen

~*Bintang-Narondang*~ said...

posisi angka 8 nih hahahham angka bagus Bud wkkwkwkw. Waah aku salut sama dia cwe juga, Klo aku ga brani Bud takuuuuttt wkwkkwkwkw.

Zippy said...

Kok gak ada link ke Blognya si bang..??
Pengen juga mampir kesana nih :D

Retrira said...

Huaaaaa.....
Sumpeh gw terharu biru lo bikin review blog gw! Makasih beraaattt ya Budi!! YOU'RE THE BEST!!!!

Nanti kalo bukunya udah jadi eke kasi tanda tangan dan cap bibir bukunya! Wakakaka, Gokil abiezzz....

I'm glad you've been enjoying my writing :)

Rock said...

Happy blogging.. Have a nice day..

Florist Jakarta said...

Mampir ahh, sambil cuap-cuap kayak si Retrira. Eh...ada teman2 blogger yg lain juga, salam mesra dari negeri bunga untuk kamu semua.

tomo said...

good thx

Nadine said...

ditunggu buku nya deh

ninneta said...

haiii.....

perdana kesini... ninggalin jejak sekalian follow biar nggak kesasar kalau main kesisni lagi....

salam,

ninneta

secangkir teh dan skekerat roti said...

saya sudah lama gak mampir kemari pak.. :)

kartiko said...

mampir mas...wah dh lm ga kesini...kbr alwayas bae ko...cuap-cua nabi nya ga ngerti dhe mas...hehe

abdulloh said...

hello reportedly good friends?

Osi said...

Nah lho...postingnya gak pake read more ya...kemarin persis sm kayak gini tampilan template saya...truz artikel terkai ilang, truz akhirnya gak bisa di koment postingnya, padahal saya gak ada utak atik pengaturan blog serta utak atik html template.

Sekarang pesan di dasbor saya sdh gak ada lagi.

Apa mungkin karena itu ya ?

al-basri said...

salam,

saya tak faham maksud 'cuap-cuap Nabi' namum kisahnya sangat menarik ya.
memang menarik dapat menikmati keindahan dan budaya negara orang...

terima kasih infonya sob, semoga sejahtera selalu

hendro said...

salam kenal untuk cuap-cuap nabi
namanya aneh ya...

Rumah Curhat said...

salam kenal yah