Backup data blogspot anda, sebelum terlambat.

bonyok1

"Sabtu pagi kemarin lusa merupakan hari yang berat bagi kang Rohman. Ketika mencoba login ke account blogger halaman yang di tampilkan tidak seperti biasanya. Oh tidak…. ternyata account blogger saya telah di suspend oleh pihak blogger… hiks..hiks. Kenapa bisa di suspend? entahlah kang Rohman pun sampai saat ini belum mengetahui apa alasannya. Sabtu menjelang siang lebih parah lagi, blog blog yang berada dalam account tersebut mulai di hapus satu persatu termasuk blog kesayangan kang Rohman ini. Kang Rohman panik? secara jujur iya, karena dua blog utama kang Rohman yang dibangun selama bertahun-tahun telah lenyap dalam sekejap, yang lebih parah lagi kang Rohman belum sempat melakukan back up data."

Kalimat di atas saya kutip dari blognya Kang Rohman (http://kolom-tutorial.blogspot.com/) yang beberapa hari yang lalu blognya di-suspend oleh blogger tanpa peringatan atau alasan secuil-pun. Kejadian ini diduga adanya machine error di blogger, dan hari Senin, 3 Agustus 2009, untungnya blognya Kang Rohman sudah kembali on-line. Coba bayangkan jika blog kita benar-benar di-suspend dan di-delete oleh blogger dan kita sama sekali belum sempat mem-backup data. Apalagi jumlah postingan udah banyak, trafik serta visitornya juga udah buaaanyak banget. Bisa-bisa nangis darah dan kena serangang jantung..hehe. Untuk itu, tidak ada salahnya kita mem-backup data di blog kita. Caranya bagaimana? Tanya toko sebelah... :-)

Sebetulnya dengan googling kita bisa menemukan banyak link yang menginformasikan tips untuk mem-back data, tapi tidak ada salahnya saya informasikan di blog ini.

LAYOUT
Untuk membackup layout blog, caranya cukup mudah.

- Pastikan anda sudah log-in ke akun blog anda. Bukan ke akun Paypal :-)
- Lalu masuk ke Dashboard. Jika anda memiliki lebih dari satu blog dalam satu akun, pilih tab Layout dari akun yang akan di-backup.
- Pilih sub tab Edit HTML, dan tunggulah sampai proses loading selesai.
- Setelah halaman tersebut terbuka akan muncul sebuah link Download Full Template. Klik link tersebut dan sebuah kotak Download akan muncul. Save-lah backup template tadi ke folder yang anda tentukan.

Untuk merestorenya pun gampang :
1. Masuk ke halaman EDIT HTML tadi
2. Pilih file backup anda dengan mengklik tombol BROWSE
3. Tekan Upload dan tunggulah proses restore template.

Menggunakan Tools : Blogger Backup Utility

Dengan mengunakan software BloggerBackupSetup yang disediakan secara gratis di CodePlex, kita bukan hanya bisa menyimpan semua konten di dalam blogspot, tetapi juga bisa mengembalikannya ke dalam blogspot. Unduh filenya (dalam bentuk zip) di link ini http://www.codeplex.com/bloggerbackup/Release/ProjectReleases.aspx. Kemudian ekstrak filenya dan jalankan Setup.exe untuk proses instalasi. Setelah proses instalasi selesai, jalankan program Blogger Backup Utility.

Di kotak Available blogs, kliklah Add/Update/Remove Blogs. Isilah Blogger User ID dan Blogger Password dengan username dan password akun blog anda. Lalu klik Log into Blogger and Get Blogs untuk me-listing blog anda. Jika berhasil, maka di kotak Available blogs, akan tercantum semua blog yang anda miliki.

Pilih blog mana yang akan diback-up, kemudian pastikan beberapa opsi yang ada, seperti: lokasi penyimpanan (Save posts to folder), menimpa backup yang telah ada (Overwrite existing backups), menyimpan komentar (Save comments), format penyimpanan (Save posts as), batas artikel setiap file (Maximum posts per file), jumlah artikel terakhir yang akan di-backup (Get only the most recent), dan batasan tanggal yang akan di-backup (Only new posts since). Selanjutnya tekan tombol Backup Posts. Progress bar di bagian kiri bawah akan tampil untuk memperlihatkan proses yang sedang terjadi.

Setelah proses selesai, akan tampil sejumlah judul artikel yang berhasil di-backup di jendela sebelah kanan. Contohnya seperti ini :

Blogger Backup Utility
*) setting default hasil backup anda tersimpan di My Document\Blogger Backup\'

Apabila suatu saat diperlukan, Anda dapat memulihkan backup yang dibuat dan menyimpannya ke dalam blog dengan menggunakan tombol Restore Posts. Selanjutnya pilihlah file yang akan di-restore dan masukkan user ID beserta passwordnya untuk memproses penyimpanan artikel yang telah diaman ke dalam blog. Tekanlah tombol OK untuk memulai proses. Proses penyimpanan ke dalam blog akan tampak pada progress bar yang terletak di kiri bawah program. Jika proses selesai, maka akan muncul status “Done” di sebelah progress bar.
Setelah itu, Anda dapat melihat kembali ke dalam blog. Artikel-artikel yang telah di-backup dan di-restore akan muncul di dalam tampilan blog Anda. Apabila terjadi restore beberapa kali, maka artikel juga akan muncul beberapa kali di dalam blog. Untuk menghilangkan posting yang kembar, Anda dapat menghapusnya melalui menu Edit Posting di dalam akun Blogger. Cukup mudah, bukan? Dengan begitu, tidak perlu ada kekhawatiran lagi apabila terjadi masalah di dalam blog Anda.

Fasilitas Export Blog

Dengan “Export Blog” kita dapat dengan mudah menyimpan seluruh file dan postingan ke media hard drive seperti harddisk, cd atau usb stick. Langkah-langkah melakukan back up data posting di blogspot, sederhana saja. Sebagaimana berikut ini:

export_blog

  • Masuk ke dashboard blogspot.
  • Pilih tab Settings
  • Pada Settings, pilihlah sub tab Basic
  • Di baris Blog Tools, pilih link Export blog. Pada menu window yang muncul, klik tombol DOWNLOAD BLOG.
  • Tunggu proses downloading data hingga selesai. Jika selesai, silahkan cek lokasi di harddisk dimana segala hasil download disimpan. Ciri-ciri filenya adalah tanggal download dilakukan dan berekstensi xml. Contoh nama file seperti ini: blog-08-03-2009.xml

Jadi, jangan lupa untuk mem-backup blog kita, sehingga kalau kejadian blog tanpa sengaja terhapus atau sengaja dihapus oleh blogger masih ada cadangan/backup yang terselamatkan.

45 komentar:

Dana Telecom said...

wah, ngeri emang kalo make blog gratisan. Kita tidak bisa apa-apa jika yang punya hendak menghapus. Dulu pernah kejadian sama kang fatih syuhud kalo nggak salah.

BeeMouNTaiN said...

sabar ya kang rohman... dulu juga blogku sempet hilang tapi untungnya sempat di backup dulu jadi semua datanya bisa kembali utuh, musibah bisa datang kapan saja dan ini harus jadi perhatian kita semua untuk waspada ya bang!kalau blog kita hilang siapa yg mau bertanggung jawab??? jadi mulai detik ini backup lah sebelum terlambatttt....

come n share said...

wah..wah untung deh..sepertinya ada feeling nih..3 hari yang lalu blog saya yang berjumlah 4 blog semuanya dah saya backup...

z4ro08 said...

mem-backup blog emang penting mas.. Nice Info, langsung di coba ahh

Dinoe said...

Makasih infonya bang...sangat bermanfaat, saya juga mau back up blog saya juga bang..tidak bisa dibayangkan jika blog yg kita bgn selama ini harus hilang...

JT said...

wah ni info, HOT and PENTING BUANGET. walau maih NUBI sayang juga klw hrs hilang. TAKUUT.

Harus segera di coba ni
thanks

masbow said...

wah jadi ngeri nih.. biar aman kayaknya di backup ya? btw backupnya susah ga ya? info dong

Hendra Lesmana said...

keren bro, meski saya gak pake blogspot tp ini artikel pasti berguna buat temen2 yang pake blogspot hehehe, keep on sharing ma bro :thumbsup:

manusia biasa said...

wah.......... ada lagi yang akun nya disuspend...... punya ane dulu sempat down seminggu..... setelah itu ane konfirmasikan aja ke blogger.com eh..... jawaban simpel ada kesalahan mesin blogger yang mengatakan blog kita patut diwaspadai karena disinyalir sebagai blog spamming...... itu sich...... masalah back up ane udah pernah nyoba mudah kok!!!!! nice post bos..... terakhir teriak dolo "woiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii"

lina@happy family said...

Kalau gini sih back up blog hukumnya wajib. Makasih banget ya Mas Budi...

Blog Kesuksesan Hidup said...

Artikel yang sangat bermanfaat :)

Sebagai pengguna gratisan, memang harus selalu lebih waspada terhadap kejadian seperti yang dialami kang Rohman...

Ok langsung di backup nih blog saya :)

Makasih... Tetaplah berbagi...

Sukses Selalu...

Raini Munti said...

blogger team lagi bete kali hehe

Free Tips said...

good article, lucky me, i always backed-up my blog.

cahyadi said...

info yang sangat bermanfaat mas... thanks ya...

Aniamtion, money n more said...

waah jadi ketar - ketir liat dah banyak yang di suspend numpang blajar mas en donlot...

dj hendry said...

wah ngeri juga nih ..bacup juga..ah thank infonya..sob

Feri said...

wah informasi penting nih sob,makasih ya,langsung di back up nih...

eha said...

Aku baru tahu lho kalau blog kita bisa tiba2 saja ilang begitu. Wah, bisa kebakaran kuncir nih kalo kejadian! Thank you banget buat infonya

chill-fu.net said...

iya nih semua pada bingung soal hilangnya blog di blogger bbrp hari yg lalu. misalnya aja pny kang rohman. sy smpe kaget tuh, tp syukurnya itu bs kembali lagi,.

btw makasih info ttg backupnya :D

ericjogja said...

makasih mas infonya ...
siap-saia back up ...
regard

Teguh said...

Perlu di coba nih mas...makasih infonya.........n salam ...

ade said...

saya barusan 40 hari yang lalu kehilangan blog. setelah site attack report 4 kari kemudian hilang dari dashboard tapi saya masih bisa menyelamatkan beberapa post yang masih cache di internet.
site report post :http://editanku.blogspot.com/2009/07/reported-site-attack.html

doctor community : http://editanku.blogspot.com/2009/07/fire-fox-35.html

siapa tahu bermanfaat nantinya.

Pertambangan said...

wah keren ilmunya entar saya coba mas biar ada persiapan sebelum dibann he he he

ditunggu kehadirannya diblog saya

Anak SD said...

Hihihi, pada takut nih ceritanya. Berjaga2 itu memang perlu.
Salam kenal, Frelia si Anak SD yang mukanya jelek kayak kepiting rebus..
Please visit me back^^

andro_simar said...

wah,, ngeri bgt ya..hmm,, mesti cepat2 back up nie,, :D

hery said...

masa perusahaan seperti google bisa kayak gitu, tapi untuk kasus kang rohman akhirnya blognya kembali online lagi ta.... berarti kita gak usah begitu kawatir juga ta....hehehe

Awal Sholeh said...

makasih mas infonya bener tuh diback up takut terjadi apa2

Risefa said...

muantaff bud informasinya, aku tertarik untuk memback up data di sana. kasihan kang rohman yang blognya sempat di suspend. padahal doi itu gurunya blogger indonesia yang memang pakar banget ilmu tentang perbloggerannya

arumsekartaji said...

Blog saya yang berbahasa Inggris malah sudah lama di delete sama blogger gara-gara saya lama ndak update artikel. Kok bisa gitu ya Mas? Sedangkan yang di multiply sama juga, setiap aku ketik alamat URL blogku selalu tidak muncul tampilan blogku. Bisa kasih tahu kenapa bisa begitu?

Macam2 Tips said...

wuis...baru tau kalo blogspot suka men-suspend para bloger nya,kalo gitu langsung back up ja ah....

reni said...

Bang makasih banget utk infonya ya ? Akan langsung dipraktekkan...

referensi aspal said...

weh sadis bener...
makasih infonya,mulai back up juga

AD1N said...

Thanks berat bang Budi 4 infonya....

Bandit Pangaratto said...

mauliate buat infonya... :D

Miss Anna said...

daku suka pake fasilitasnya blogspot aja om buat back up....dan mang dari awal udah ada back up an.....hohoho....bukan karena takut di suspend ato di delete tapi yang om taulah dakyu suka ganti2 'baju'...takut tiba2 salah pencet...wekekekkeke

Tips Kecantikan said...

Wew...lengkap banged yah om caranya...awal agustus kemaren mang pada heboh blognya banyak yang di delete yang pada akhire bisa balik lagi. Tapi buat sebagian blogger mang bikin spot jantung dan stress...lha wong jadi ladang penghasilan di inet...ql dakyu nangis bombay kali om...trus ngambek g mw ngeblog...xixixiix

@ Coy said...

Teirma kasih atas infonya...
tak cobak sekarang heheh...

Deogracias said...

Wah bahaya juga yach..Untung setiap posting aku selalu backup,jaga-jaga kemungkinan seperti ini terjadi..
Berharap aja dech semoga hal ini tidak terjadi pada kita..

ReMo-XP said...

Wah,, ternyata kang rohman pernah mengalami masa" yang begitu pahit yah,, hehe

HeQris said...

tanks sob infonnya,,moga aja mbah google memperingatkan dulu sebelum banned, biar kita bisa was-was n cari tau permasalahnnya,,
nambihin sob:
Free Template Blogspot
Tutorial Blog

HeQris said...

tanks sob infonnya,,moga aja mbah google memperingatkan dulu sebelum banned, biar kita bisa was-was n cari tau permasalahnnya,,
nambihin sob:
Free Template Blogspot
Tutorial Blog

anjos said...

info bagus nih. Bang apa sih keuntungan menggunakan blog berbayar,trus gimana cara dapetinnya???tolong di jawabnya

My X Note said...

wah, terimakasih atas peringatannya bro

PES 2010 said...

websiteku di banned soutmix da yang tau kenapa?
dan tolong bantu yah ok....sedekahnya jg jangan lp yah....

blog Ririn said...

mo nanya nech
kalo blog kita di blokir ma google apa yg mesti kita lakuin
blog rin di hack ma google nech
tolongin dunk kasih pencerahannya????