Nge-blog itu enak dan perlu..benar ngga sih?

banner

Dari pengalaman melanglang buana mengunjungi, mengintip dan melihat blog para sahabat, banyak ditemukan ragam dan jenis para blogger. Dari yang isinya serius banget (sampe-sampe udah habis baca artikelnya blasss..teteup ngga mudeng), ada yang setengah serius, ada yang penuh lelucon, ada yang penuh gambar-gambar, ada yang isinya file musik untuk di download, ada yang menu makanan, ada yang cara memasak, ada yang cara bikin anak, ada juga yang isinya jalan-jalan, ada yang isinya puisi, tutorial SEO, dan lain sebagainya.

Belum lagi kita bicarakan template, lay-out dan pernak-pernik dari blognya. Ada yang dipasang widget ini, itu. Dipasang music, gambar, video (tapi bukan produksi vivid dot com Smile), yang sampe-sampe keberatan pada saat dibuka. Seru pokoknya. Beragam seperti semboyan negara kita Bhinekka Tunggal Ika,  halahh..apa hubungannya coba.

Bicara latar belakang pendidikan dan pekerjaan, dari blog yang saya datangi (dengan menggunakan prinsip jailangkung...datang tak diundang, pulang tolong di-ongkosi), ada yang masih sekolah di SMP, SMU, Mahasiswa/i, cowo, cewe, yang bekerja dengan beragam profesi, ibu rumah tangga, bapak rumah tangga (ada ngga nih), artis bin seleb, pengacara (pengangguran banyak acara), simatupang (siang malam tunggu panggilan..hehe), dan lain-lain etc etc. Ada yang menyapa saya mas, abang, kang, pak, tante (whaaaat??), dan ada juga om (tapi bukan seperti yang di Puncak Bogor-Bandung itu ya..om..om..villa om..). Tapi semuanya adalah teman. Sahabat.

Lalu bicara tata bahasa. Nah ini yang menarik. Kebanyakan sudah sangat jarang yang memperhatikan EYD dan tata bahasa yang baik. Termasuk blog ini. Ancurrr. Apalagi kalo mampir ke blog ponakan-ponakan saya. Absolutely tidak ada yang bertata bahasa yang baik. Tapi saya suka. Karna blog para generasi MTV ini sangat apa adanya. Gue bangget gitu lho.

Ini salah satu contohnya (mudah-mudahan saya dikasih izin untuk co-pas artikelnya oleh si pemilik).

Judulnya : It just another lil story (kamis, november 13, 2008)

Selamat siang bloggers yang saya cintai dan banggakan !!
Ketemu lagi . . huhuhu
Sekarang, hari ini, detik ini, ruang TIK ga seadem yang biasanya. Sekarang saia lagi nungguin pelajaran tambahan di skolah. Daripada balik ke rumah, ga ada ojek takutnya ntar ujan trus becek, jadi penyek, dan ketemu setan esek esek ( lhoh??) mendingan nunggu di skolah aja kan. Apakah anda tahu yang saia rasakan ??

1. Pengen mati, akibat pemerasan otak dari jam tujuh pagi sampai setengah 4 sore ditambah les fisika sampe jam 6 sore . . . ada yang mau bunuh saia ga ??
2. Kangen wc rumah, akibat makan sambel kebanyakan dan muless dengan sempurna
3. Aku sedang ingin bercintaa. . karenaaa . .ga sempet jalanjalan ma pacar dan punya waktu berdua, yeah . . anda pasti uda tau apa alasannya. I wished my boyfriend tidak mencari pacar lagi . .
4. Would make a confession, akibat kesalahan suka membuang makanan bekal dari mama buat dimakan di skul
5. Jenuh !!! , akibat rencana tamasya bersama teman gagal akibat kesibukan sendiri sendiri, ughh !! Punya bensin ga?? buat bakar sekolah. . .
Jujur aje di dalam penulisan blog, saia jarang sekali dan bahkan ga pernah menulis tentang hal yang bermanfaat bagi semua bloggers, hanya bisa berbagi pengalaman, it just another fool story . . Kalo dibandingin sama blog blog orang yang bagus bagus dan banyak memberi tips yang bermanfaat, suka iri sendiri . . . Maybe one day . . pengen ngembangin blog saia, yang berguna bagi nusa dan bangsa, ikut melaksanakan ketertiban dunia, dan mencerdaskan bangsa !!
Sekian dan terimakasih.
nb : i believe i can fly ( aku percaya aku kaleng lalat )

Gilaa abisss. Yang punya blog ini namanya Astri. Tinggal di Jogja, kalo ngga salah. Blognya ada di sini. Ada rasa semacam putus asa karna tugas sekolah yang sangat berat, sampe pengen mati. Gubrakkk. Walaupun demikian dia punya rasa 'iri' yang positip melihat blog orang lain yang menurut Astri bagus-bagus. Dan punya keiginan membuat blog seperti itu. And then, coba perhatikan kalimat terakhir....hahaha..this is the best part..i believe i can fly ( aku percaya aku kaleng lalat ).

Ada lagi blog yang suka bikin saya 'iri'. Kenapa? Karna blog ini ditulis dalam bahasa inggris. Saya iri, karna bahasa inggris saya jauh panggang dari api (mode bingung on). Tapi blognya tetap ditulis bukan dalam bahasa yang kaku. Saya ada temukan blog semacam ini. Salah satu postingannya adalah seperti ini :

Judulnya : A Failure, ditulis tanggal 8 November 2008.

This might be the 1829838739472001736 times I talked to my mom about my current situation. It's all useless. I've told her about what's been happening here, I've begged my mom for zillion times that I hate being here for my education's sake. But again, failed.

I ruin all of my assignments. I don't talk to anybody. I spend the whole day skyping like there's no tomorrow. That's the only way I can feel so much better. Even chatting, it makes me even worse. They don't read a personal message I guess. If they want to talk to me, then they talk. If they think they can take care of me and help me solve the prob, then they talk. And you guys are all useless. Got it? Good.

My mom did tell me that we need to have a chat once I'm in Jakarta. But then she told me the different kind of advice, today. She asked her friend in her office to go here and FIND A NEW APARTMENT FOR ME, God dammit what the hell is she thinking? She thought Perth = Jakarta. Yeah, mom. Mommy has been spending her money for me :) Ok, let me change it. Mommy has been WASTING her time and money for a girl like me?

Ok. Ok. I know it's just my fault. I know I know you guys are totally getting bored with this so again... Just S.T.F.U cos I don't even need your advice and stuff. And I don't even care if you ask me "why" or "what happened, Nadya?" :) So, you better read this carefully. Oh and.... Wish me luck for my assignment due this Tuesday.

*poof!*

Currently listening to: Lady GaGa - Poker Face

Mood: Zzzzz

Bisa menangkap pesan yang hendak si Nadya sampaikan kan? Oya, si empunya blog ini namanya Nadya Vibestation. Masih sangat muda. Lahir tahun 1991, itu adalah tahun kelahirannya seperti yang tercantum di blognya. Saat ini sedang studi di Perth (Perth ya..bukan Preth, apalagi Preeeett). Mungkin yang hendak Nadya sampaikan..Emak, gue thanks banget disekolahin jauh-jauh sampe ke Perth, tapi gue ngga suka. Buat para orangtua..hayooo..ini semacam peringatan lho..Anak juga punya keinginan, yang mungkin saja berseberangan dengan keinginan orang tua.

Masih banyak lagi blog-blog lain yang cukup membantu meringankan pikiran. Bukan berarti blog yang serius tidak dibaca. Perlu juga. Apalagi blog yang memuat tutorial mengais fulus bin dollar. Itu juga penting brotha and sista. Tapi yang ingin saya katakan, bahwa dari muda mereka-mereka ini sudah mulai menulis walaupun tidak menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Bagi mereka sebodo teuing..ini blog gue koq. Lu mo baca monggo, kalo ngga ya tinggal skip aja kan. Gitu aja koq repot.

Lalu pertanyaanya adalah kira-kira postingan ini penting ngga sih. Perlu ngga sih. Abis saya lagi ngga ada ide. Tapi pengen posting. Jadi postingannya ya seperti ini. Gimana dong.

Ah sebodo teuing...

PS : jika postingan ini masih tetap nongol, maka berarti yang punya blog di atas  memberikan izin untuk di co-pas artikelnya. Kalo suatu saat udah ngga ada, berarti yang punya blog kebangetan..blognya direview koq ya ngga mau. Open-mouthed. Apalagi direview sama om-nya (kapan pula aku kawin eh menikah sama tantenya).

PS lagi : sumber gambar dari blognya Astri

29 komentar:

BloGendeng said...

hahaha itulah dunia blogger,bro. Kadang kita jadi muda lagi, kadang jadi om-om (bukan yg di villa tuh) tapi semuanya menyenangkan. Apalagi pas BW nikmoooootttt.
Postinganmu termasuk yang nikmooott,broo.

Kios Info Suka-Suka said...

Yuuuhuuuuuuuu langsung keduanya...kok bisa ya? ya bisa lah kan aku adalah......hihihi

-G- said...

Numpang ketawa dulu ahh.... Gyahahahahhaahhahhahahahaaaaaaa!!!!

Iyak seru seru seru.. Pokoe ngeblog itu seru dan penting. Kalo ga penting kita bikin penting, klo ga perlu kita bikin perlu... Xixixixiii.. Bukankah begitu para marketer yg jago2, kita menciptakan kepentingan dan keperluan.. *halah* jaka sembung bawa golok ga nyambung.. blog.. (^^,)

Jonbetta said...

Memang beragam Bang isi blog2 sahabat semua, ada yang nyari dolarlah, menumpakahkan isi hati lah, ada yang buat iseng and ada juga yang serius. Kalau aku sih prinsipnya yang kalau tertarik untuk baca ya aku baca..kalau enggak ya lewat.atau kalau banyak foto2 ya aku lihat2.

Yang jelas semakin beragam akan semakin kreatif rekan2 dalam menulis blog sehingga para pembacanya di bikin tertarik untuk terus membaca.

Yang pasti juga, pasti kita akan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat yang mungkin tidak sekarang. Hidup Blogger Indonesia...MANTAF...

Erik said...

ha.ha.ha memang seru saat BW, kadang ketemu yg lucu lucu, kadang yg lagi suntuk, kadang ada yg serius, ada yg nyuguhin makan... pokoknya asyik..

JudithNatalia said...

Rupanya habis update blog...pantes kok dari tadi hening...hehe...

Oyaa soal isi blog dari para blogger,rame,seru,beragam,tapi justru yang beragam (dan kadang ada juga yg aneh)itu yang menarik...hehe...

Aku sendiri suka banget ngadem di blog mas,blognya oke bangeeettt!Jadi jatuh cintrong neeh (ups,sama blognya dunk)

Dien said...

Enak kok... bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman. Apalagi punya om yang satu ini... keren...

SELAMAT BERAKTIVITAS

achiles said...

setuju bang..kita bisa dapatkan banyak manfaat dari ngeblog..teman,sahabat,informasi,ilmu,pacar(belum dapet bloggerwati sich hehehe..) dan tentunya duit..duit..duit..hahahaha.. ok punya deh bang budi ini. bagi resep dong alexa bisa segitu..

tyas said...

seru baca2 postingan temen2 blogger yah... kadang yg ringan2 itu yg bikin kita 'melek'...

aku nyebutnya temen2 loh, Bud.. bukan kponakan.. umurku gak jauh beda sih sama Nadya, hehe.. ngarep..

kalo Om Budi udah tuwir yah..?

Budiawan Hutasoit said...

@blogendeng..oalah..jadi skrng udah bikin blog baru. dna tanpa sadar aku udah komen di blog yg baru itu..hehe

@-g- ..sekarang jaka sembung dah ga bawa golok..bawaannya laptop, iPod, communicator, blackberry, strawberry, lapis keju..wadoo..itu mah roti bakar ya..

@jonbetta...ya..hidup anuku..eh, salah..hiduplah blogger indonesia. sekali di udara tetap di udara..bingung kan?

@erik..dimana tuh yg nyuguhin makanan..mau dong..

@judithnatalia..*tersipu-sipu mode on*

@dien..ma-kasih ya..saya jadi terharu...sighh...hehe

@achiles...resep Alexa? lari pagi 3 kali seminggu, berenang 2 kali seminggu, angkat beban 3 kali seminggu..terakhirnya masuk rumah sakit. typhus..hehe

@tyas...ya mbak...pinggang ke atas 40. pinggang ke bawah 17..hohoho

Ulie Azhar said...

Hihihi.. Postingannya Astri lucuuuu.. Bahasanya asyik! Meluncur ah..

Maap mas, bukannya mo bikin jadi hattrick, tapi kemaren lagi kecapean, jadinya aku serahin ke temenku utk ngoprek lapieku skalian diinstall ulang, secara lapieku agak error karena (katanya) kena virus *sigh*

Sekarang udah rebes lagi lapieku! Horeeee... *icon tertawa keras banget*

Tapi tugas menunggu nih huhuhu.. Ngurusin downline dulu ya mas, blom bisa bw kynya gw hiks..

manusia biasa said...

bagi manusia biasa mo gimana kek blognya yang penting bisa blogwalking, komen......
isi shoutbook jadiiiii deh
happy blogging.......

benar ga tuhhhhhh??????

semua setuju kan?????
wkwkwkwkwkwkwkwk

mama icel said...

bc di awal kirain nyinggung saya neh wong blog sy gak jelas jg tata bahsanya kdg suka gak nyambung,isinya jg asal..ternyata saya GR banget!wekekek.. tapi yg susah dibuka karna keberatan bukan blog saya kan ??
tapi apapun isinya minumnya tetep teh botol s**** ..tuh gak nyambung kan?kkkkkk...

Wiran said...

Disitulah emang asyiknya ngeblog, blogwalking ke blognya sahabat2x. Kita jadi tau ragam gaya bahasa.

Memang sih kadang rada agak "pusing dikit-dikit" kalo ketemu blogger yang memakai gaya yang gak biasa kita temui. Kalo urusan EYD, memang tergantung sih. Kalo blognya formal secara otomatis pasti akan memperhatikan EYD, tapi kalo tujuannya buat gaul keknya susah deh..

dikma said...

tergantung muud mas

Lyla said...

hehehe... itulah dunia ngeblog. Apalagi kalo baca komentar yang lucu2 bikin senyum2 sendirian. Iya kan hayooo... ngaku kalo gak senyum2 berarti ada yang salah dgn mas Budiawan hahaha *kabuuurrr* ntar dijitakin :-p

astri astronot said...

hwakakakaka!!
bang budiawan bisa ajah siy . .
aku jadi geer niy . .
bisa numpang terkenal niy . .
wkwkwk
blog aku tuh padahal biasa ajah loh . .
soal lucu ato ngga yang bisa nilai kan kalian . . hwehehe . .
yang jelas SANGAT SANGAT BOLEH SEKALI bila anda co-pas tulisan saya . . hahahaha !!
tidak diharamkan kok . .
hihihihi

salam gaul,
astri

laurencia said...

Mau imanapun isinya, yang penting ... ngebloooooooooooog!!

nadya vibestation said...

BAGUS OM! Mudah2xan mamaku baca, haha. Eh tapi malu ah aku kaya orang desperate mau bunuh diri gitu di blognya ya om XD

aYme said...

penting koq banggg,,,
ngreview blog nya para blogger2,,,
yg sngat unik2 en lutcu2,,,
mmbca blog org krg lbh kita jd taug kpribdian sang empunya blog n lbh bnyk info2 ny jg,,,
hehhe :D

goresan pena said...

haha, aku jadi ikut2an ngakak nih...baca posting astrid...
remaja banget, jadi keinget ponakanku sendiri...

aku percaya sih, kita sangat merdeka di dunia blog. tapi, kita tetap punya tanggungjawab dalam tulisan kita. minimal pada diri sendiri.

thx yah mas, memberikan referen blog lain yang mnearik...

Budiawan Hutasoit said...

@ulie azhar...lho ulie, koq jadi curhat soal kompi? tapi gpp koq..donwline apa-an nih..

@manusia biasa..setuju aja dah..daripada diteriakin

@mama icel..tata bahasan blognya boleh ga jelas, tapi yg punya blog jelas kan ma..jelas cantik gitu *aihhh...tersipu-sipu mode on*

@wiran..ia, dan bisa ngeraba2 dikit..tipe orangnya spt gitu..benar ga?

@dikma..lho...yg mo nge-mud siapa? haha

@lyla...hihi..saya malah udah ngakak..ga cuman senyum..hayoo..mo lari kemana..

@astri astronot..tks ya udah dikasih izin co-pas..btw, kenapa pula nama astri ada astronotnya?

@laurencia...iaaaaa deh..

@nadya vibestation..ksh aja blog om ini ke mama kamu..sekalian numpang beken deh..hehe

@ayme..ya setuju..tapi udah bisa nabung blm, koq masih boros?

@goresan pena..lho, udah punya ponakan ya..kirain seumuran sama astri..hahaha

Anna 'dTeepZ said...

blogku ga direpieu skalian om....???
*becanda*

ngeblog bisa sangat menyenangkan jika tidak ada keterpaksaan dan kita bisa menemukan kesenangan di dalamnya.

kayak anna ene, uda gila ngeblog rasanya...sampe tidur aja mimpinya masih blogwalking.......parah

septian said...

kapan punyaku masuk nominasi yah? hehehe

brigadista said...

"OM" Budiawan.....brigadista neeh,...he he he...
~~~~~kaboooor...~~~~~

david said...

betul tw mas....blogger terdapat berbagai macam....ada ini itu dan sebagainya....

Pangki Fernandes said...

Ckckckckck.... Ada juga yg sekolah, malah gk mau lg sekolah. Ladalah. Kalo aku sih seneng banget ada yg mau ngekolahin aku. Hayo.... sapa yg mau biayaiin sekolah aku. Di buka lho pendaftarannya. Halah..apa coba!!!

Adhini Amaliafitri said...

Nge-blog itu enak dan perlu..benar ngga sih? ngeblog = menulis! perlu banget untuk saya yg suka nulis dan bercerita ini band budi! hehehe... perlu bener juga isinya, kan menulis bentuk kejujuran hati jugaaa :D

Anhar Tasman said...

Mas saya mau tanya nih
_________________________

Kalau saya bikin blog yang berfungsi untuk menshare lagu2 indonesia yang teman2 saya bisa download gratis apakah saya sudah bergabung dalam kegiatan pembajakan? soalnyakan lagu2 indonesia yang harusnya dibeli malah didownload gratis
___________________________

maaf kalau pertanyaan kurang jelas soalnya saya lagi komen di warnet jadi harus buru-buru hehehehe