Banyak makan TELUR meningkatkan Resiko KANKER PROSTAT?

telur_kanker_prostat

Bagi para pria yang memiliki hobi makan telur, mungkin hasil penelitian berikut ini layak menjadi perhatian. Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti dari Departemen Epidemologi dan Biostatistik Universitas California, Amerika Serikat. Hasil penelitian mereka dimuat dalam jurnal Cancer Prevention Research. Sebelumnya, jenis makanan yang diduga memicu kanker prostat adalah daging merah dan hasil olahannya. Kesimpulan yang diperoleh oleh tim peneliti tersebut adalah terlalu banyak menikmati gurihnya telur dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker prostat.

Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kemungkinan hubungan telur dengan kanker prostat ini, menggunakan data diet 27.607 pria. Para pria ini dimonitor dari tahun 1994 sampai 2008. Di awal penelitian semua pria belum terjamah kanker. Di dalam perkembangannya, di antara pria-pria yang dipantau tersebut ada yang terkena kanker prostat. Bahkan ada yang meninggal akibat penyakit tersebut. Para peneliti melakukan kajian lebih mendalam terhadap semua asupan yang dikonsumsi responden tersebut, termasuk daging merah dan olahannya, daging unggas, serta telur.

Lalu apakah kesimpulan penelitiannya?

Menurut Erin L. Richman, salah satu peneliti, pria atau responden yang makan telur rata-rata 2,5 atau lebih dalam seminggu beresiko 81 persen lebih tinggi terkena kanker prostat dibanding mereka yang mengkonsumsi telur kurang dari separuh seminggu. Apakah hasil penelitian ini, telur dapat meningkatkan resiko kanker prostat dapat dipercaya atau tidak, itu tergantung kepada anda.

Artikel di bawah ini pasti bermanfaat, silahkan DIBACA

Ternyata Omega 3 punya sifat buruk, memicu KANKER PROSTAT

sumber: majalah tempo

0 komentar: