Jalan-jalan ke George Town dan Tempat-tempat Wisata di Penang | Catatan Perjalanan Penang

Jalan-jalan ke George Town dan Tempat-tempat Wisata di Penang
Jalan-jalan ke George Town dan Tempat-tempat Wisata di Penang | Catatan Perjalanan Penang. Setelah mengetahui bahwa proses penyuntikan obat Suprafact dimulai tanggal 13 Desember dan dapat dilakukan di Medan maka kami booking tiket kembali ke Medan tanggal 29 November 2015.

Setelah tiket konfirm kami pun merencanakan untuk mengunjungi beberapa objek wisata di Penang.

Lho emang obat apa? Supaya tidak bingung bisa membaca cerita mengenai obat tersebut di link ini Perjalanan Panjang Mendapatkan Buah Hati Melalui Program Bayi Tabung di Lam Wae Ee Hospital Penang Malaysia 

Ok, lanjut ya. Di hari pertama kami putuskan akan jalan-jalan ke George Town. Informasi dari Wikipedia, George Town ditemukan pada 11 Agustus 1786 oleh Kapten Francis Light, seorang trader dari perusahaan British East India. Banyak tempat atau lokasi wisata di Goerge Town yang dinyatakan merupakan UNESCO World Heritage.

Dari halte dekat Apartemen Mewah Court  (tepatnya di depan Liverpool Cafe) kami naik bis Rapid Penang ke Komtar dengan ongkos RM 1.40. Dari halte ini semua bis Rapid Penang akan menuju Komtar.

Komtar adalah Kompleks Tun Abdul Razak dan merupakan semacam stasiun bis penghubung di Penang. Jadi semua bis Rapid Penang dari jurusan manapun akan berakhir di Komtar. 

10 Tempat Wisata Terkenal Terbaik di Penang
Komtar : Kompleks Tun Abdul Razak, Penang

Stasiun Bis Komtar Penang Malaysia | Catatan Perjalanan Penang
Stasiun Bis Komtar

Bis Rapid Penang | Catatan Perjalanan Penang
Bis Rapid Penang
Saat kami jalan-jalan ke tempat-tempat wisata di George Town, kami hanya mengandalkan peta Penang Tourism, Google Maps dan GPS. Sesampainya di Komtar kami mencoba bertanya ke bagian informasi mengenai Shutle Bus dari Komtar ke George Town. Shuttle Bus ini free.

Disebutkan untuk menunggu di salah satu tempat di sekitar Komtar.  Tapi setelah sekitar 20 menit, bis yang ditunggu belum juga datang. Maka kami putuskan untuk berjalan kaki sambil mengandalkan peta turis Penang dan Google Maps.

Setelah makan siang di salah satu warung nasi dekat Komtar, kami lanjutkan berjalan kaki. Prinsip kami, kalau ada tempat atau lokasi wisata yang bagus, kami berhenti. Saat itu matahari sedang panas-panasnya.

Berikut ini adalah beberapa lokasi tempat-tempat wisata di George Town yang kami kunjungi seperti:

Tempat-tempat Wisata Menarik di Penang
Salah satu Vihara di George Town Penang

Tempat-tempat Wisata Menarik di George Town Penang
Pusat Informasi Turis di George Town Penang

10 Tempat Wisata di Penang Yang Wajib Dikunjungi
Salah satu sudut pemandangan di George Town Penang

Tempat Wisata Populer di Penang yang sering Dikunjungi
George Town dan bangunan tuanya

Bayleaf India Penang Food Culture and Arts
Bayleaf India Penang

Jalan jalan ke Tempat Wisata Menarik di George Town Penang
Mesjid Melayu Lebuh Acheh Penang

Tempat Wisata Penang Malaysia Yang Wajib Dikunjungi
Restoran Kapitan George Town Penang

Aneka Ragam Tempat Wisata Di Penang Malaysia
St. George's Church di Lebuh Farquhar George Town

Ada Apa di Penang: Berkeliling ke Obyek Wisata Lain di Penang
Gedung Tua di George Town Penang
Di George Town selain tempat wisata seperti gedung-gedung tua juga banyak terdapat mural.
Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya - Wikipedia

Salah satu mural yang sudah sangat terkenal dan mendunia adalah "Kids on Bicycle' atau ada juga yang menyebutkan dengan 'Little Children on a Bicycle'.

10 Tempat Wisata di Penang Yang Wajib Dikunjungi
Kids on Bicycle
Masih banyak lokasi tempat wisata di George Town yang belum kami kunjungi. Kami rencanakan saat nanti kembali ke Penang akan mengunjungi dan jalan-jalan ke lokasi mural dan street arts lainnya di George Town.

Catatan: di Penang ada Shuttle Bus yang rutenya dari Komtar lalu menuju kawasan George Town dan akan kembali ke Komtar. Bisnya mirip dengan Rapid Penang hanya saja tanpa nomor. Dan di bagian depan atas busnya (di bagian neon box running textnya) ada tertulis CAT. Kita dapat menggunakan bis jenis ini dengan gratis. Ada juga semacam bis turis yang bertingkat dan bis ini juga gratis.

Itulah jalan-jalan di Penang di hari pertama.

Hari kedua kami putuskan untuk ikut City Tour. Di sekitar Prangin Mal di Komtar ada beberapa perusahaan tour. Sebelum balik ke Mewah Court, kami memilih salah satu perusahaan tour ini dan mencoba paket jalan-jalan City Tour 6 jam dengan biaya RM 60 per orang.

Harga paket ini sudah termasuk makan siang. Tapi belum termasuk tiket masuk ke Penang Hills. Kami dijanjikan untuk dijemput di Mewah Court jam 9 pagi.


Sekitar jam 9 pagi, Mr. Koh - driver sekaligus tour guide - sudah menjemput kami dengan mobil Avanzanya di halaman parkir Mewah Court. Kami beruntung hanya kami yang ikut di city tour kali ini. Biasanya city tour ini akan digabung dengan rombongan lain. Tempat wisata pertama yang akan kami kunjungi adalah Penang Hills.

Penang Hill merupakan sebuah bukit dimana unuk mencapai bukit itu menggunakan sebuah kereta yaitu Penang Hill Railway. Harga tiket kereta ini RM 30 per orang.

Kereta di Penang Hill ini di-desain khusus, tidak seperti kereta pada umumnya, namun di-desain miring, kemiringannya sekitar 45 derajat karena disesuaikan dengan kemiringan bukit.

Perjalanan dari bawah ke atas bukit memakan waktu kurang lebih lima menit. Selama lima menit di dalam kereta, kita akan disuguhi oleh pemandangan yang cukup menarik. Railway ini buka dari dari 6 pagi sampe jam 9 malam di hari biasa dan sampai jam 11 malam saat weekend.

Di puncak bukit ada beberapa 'spot' menarik untuk foto-foto, ada juga kafe, Owl Museum dan lain-lain.

Penang Hill Objek Wisata di Penang Yang Wajib Dikunjungi
Penang Hill Railway

Penang Hills Tempat Wisata Menarik di George Town Penang
Pemandangan dari puncak bukit Penang Hills
Setelah dari Penang Hills kami dibawa ke salah satu kuil atau vihara Budha yaitu Kek Lok Si. Kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara ini mulai dibangun sejak 1890. 

Pembangunannya diawali dari impian seorang pendeta Buddha bernama Beow Lean yang berasal dari China untuk memperkenalkan agama Buddha secara lebih luas dengan membangun sebuah biara di daerah perbukitan Ayer Itam, Penang.

Vihara Kek Lok Tempat Wisata Populer di Penang yang sering Dikunjungi
Vihara Kek Lok Si Penang

tempat wajib dikunjungi di pulau pinang
Menyalakan lilin di vihara Kek Lok Si Penang
Setelah makan siang, kami menuju ke peternakan lebah. Di tempat wisata ini kita melihat apa dan bagaimana peternakan lebah. Kita juga dapat membeli madu. Harganya cukup mahal.

Selanjutnya kami menuju ke lokasi wisata Dhammikarama Burmese Temple dan Wat Chaiwattanaram dari Thailand yang ada diseberangnya. Menurut sejarahnya Burmese Temple dibangun pada 1 Agustus 1803 yang dikenal juga sebagai “Nandy Moloh Burmese Temple”.

Sementara Wat Chaiwattanaram dibangun oleh Seorang Biksu dari Thailand pada tahun 1854 diatas 5 hektar lahan yang dihibahkan Ratu Victoria dari Inggris.

Burmese Temple Tempat-tempat Wisata Menarik di Penang Malaysia
Dhammikarama Burmese Temple di Penang

Kuil di Dhammikarama Burmese Temple Burmese Lokasi Wisata Menarik di Penang Malaysia
Salah satu kuil di Dhammikarama Burmese Temple

Bola dunia di Dhammikarama Burmese Temple Penang
Bola dunia di Dhammikarama Burmese Temple
Sleeping Budha di Wat Chaiwattanaram Temple Penang Wajib Dikunjungi
Sleeping Budha di Wat Chaiwattanaram Temple

Kuil di Wat Chaiwattanaram Temple Tempat Wisata Populer Penang
Kuil di Wat Chaiwattanaram Temple
Setelah menikmati suasana di kedua temple itu serta membeli beberapa suvenir, kami minta diantar ke Komtar. Dari Komtar kami ke Queensbay Mal menggunakan Rapid Penang nomor 304 dengan ongkos RM 2. Mal-nya biasa saja dibandingkan dengan mal yang ada di Indonesia.

Puas berkeliling di mal ini kami pulang ke Komtar menggunakan Rapid Penang nomor 401E (ongkos RM 2) dan melanjutkan dengan Rapid Penang nomor 11 ke Mewah Court. 

Hari ketiga, setelah mengambil hasil pemeriksaan pap smear istri di Lam Wah Ee, kami jalan-jalan ke Paragon Mal dan Gurney Mal yang terletak di kawasan Gurney.

Ke dua mal ini cukup bagus dan berkelas. Kami makan siang di salah satu restoran yaitu di Urban Food Hall. Menunya Nasi Ayam Hainan dan Traditional Pizza. 

Urban Food Hall Paragon Mal Gurney Penang Wisata Kuliner Populer
Nasi Ayam Hainan dan Traditional Pizza Urban Food Hall Paragon Mal Gurney Penang
Setelah puas dan lelah jalan-jalan ke tempat tempat wisata di Penang, termasuk kedua mal di atas, kami pun pulang ke Mewah Court untuk beristirahat dan persiapan kembali ke Medan.

Daftar Free Member Video Tutorial Internet Marketing Dan Bisnis Online SB1M
Catatan:

1. Selalu sediakan uang receh RM misal 10 sen, 20 sen, dan lain-lain saat menggunakan Rapid Penang. Jika Anda memberi uang yang tidak sesuai dengan tarif bis, maka supir tidak akan memberikan kembalian.

Misal, dari Komtar ke Mewah Court ongkosnya RM 1.40, lalu Anda memasukkan ke box yang berada dekat supir sebesar RM 2. Maka tidak ada kembalian. Jangan lupa untuk menyimpan karcis bis yang diberikan oleh supir.

2. Beberapa nomor bis Rapid Penang, rute dan ongkosnya:

Mewah Court ke Komtar: semua bis, tarif RM 1.40
Komtar ke Mewah Court: no. 11, tarif RM 1.40
Komtar ke Queensbay: nomor 304, tarif RM 2
Queensbay ke Komtar: nomor 401E, RM 2
Komtar ke kawasan Gurney (baik Gurney Mal dan Paragon Mal): nomor 101, tarif RM 1.40
Gurney ke Komtar: nomor 103, tarif RM 1.40
Airport ke Komtar: nomor 103, tarif RM 1.40

2 komentar:

dewi sri said...

Keren nih info wisatanya

Wijaya said...

Udah man tap bro